Perbedaan Headset dan Earphone

Bagi sebagian orang, headset sudah menjadi benda wajib yang harus dibawa setiap saat. Entah itu pergi hangout, berangkat sekolah, ke kampus, atau ke tempat kerja sekalipun.

Selain berguna untuk menikmati musik, headset juga dibutuhkan untuk main game dan mengobrol lewat ponsel. Tapi, apa kamu yakin benda yang menempel di telingamu itu benar-benar headset atau justru ternyata earphone?

Istilah headset, headphone, earbuds, dan earphone kadang kala sudah dianggap sama. Padahal, aksesoris-aksesoris audio tersebut punya fungsi spesifiknya masing-masing. Tidak semua perangkat didesain untuk semua kebutuhan.

Mau tahu perbedaan headset dan earphone serta perangkat-perangkat sejenis lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Headset

article image

Image source: ProductNation

Perangkat audio ini bisa dibilang merupakan perpaduan antara headphone dan earphone, yakni perangkat output-audio dan perangkat mikrofon (input-audio).

Umumnya, headset memiliki konektivitas port menggunakan dua jenis kabel sekaligus, yaitu kabel headphone untuk input dan kabel mikrofon sebagai output.

Dengan dua fungsi tersebut, headset bisa digunakan secara efektif untuk berkomunikasi dua arah. Oleh karenanya, headset menjadi perangkat audio andalan untuk mendukung aktivitas gaming.

Kemiripan headset dengan headphone terletak pada desain dua speaker mini yang saling terhubung dengan pengait di bagian penyangga kepala. Terdapat pula peredam di bagian lingkar telinga untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih maksimal.

2. Earphone

article image

Image source: Shopee.co.id

Sisi desain menjadi perbedaan headset dan earphone yang paling kentara. Earphone memiliki bentuk yang jauh lebih kecil, utamanya pada bagian speaker.

Jika headphone dan headset menutupi hampir seluruh bagian daun telinga, earphone hanya menutupi bagian lubang telinga saja. Sesuai dengan bentuknya yang compact, earphone lebih cocok digunakan untuk menikmati musik atau menonton video di smartphone.

Perbedaan lainnya terletak pada fitur output-audio, dimana perangkat ini tidak dilengkapi mikrofon untuk berkomunikasi dua arah. Itu sebabnya earphone hanya cocok untuk mendengarkan musik atau nonton video saja.

3. Headphone

article image

Image source: Reviewed.com

Selain headset dan earphone, headphone juga punya perbedaan tersendiri. Selain memiliki dua speaker yang menutup sebagian besar daun telinga, headphone tidak dilengkapi mikrofon seperti halnya earphone.

Perangkat audio ini memang didesain secara khusus untuk mendapatkan kualitas suara yang baik dan meredam berbagai gangguan noise. Dengan keutamaan ini, headphone menjadi perangkat andalan di kalangan sound engineer, komposer, musisi, khususnya DJ.

Headphone mengusung konektivitas port dengan jack audio 3,5 mm. Tapi, saat ini sudah banyak bermunculan model headphone wireless yang mengandalkan Bluetooth untuk memudahkan koneksi.

Selain itu, headphone juga dibedakan berdasarkan jenis-jenis tertentu berdasarkan ukurannya, yakni headphone on-ear dan over-ear.

Model on-ear memiliki bentuk speaker yang lebih mungil dan tidak begitu menutupi daun telinga. Headphone jenis ini dinilai kurang efisien karena tidak bisa menghalau suara-suara dari luar, lebih cocok untuk mendengarkan musik sehari-hari.

Sedangkan model over-ear memiliki ukuran speaker yang pas di telinga, sehingga lebih laris dibanding model on-ear.

4. Earbuds

article image

Image source: hyperxgaming.com

Selanjutnya ada earbuds, aksesoris favorit bagi mereka yang ingin mendengarkan musik tanpa gangguan. Earbuds sendiri sebenarnya masih termasuk salah satu jenis earphone, hanya saja ia dirancang khusus untuk menutupi lubang telinga agar suara-suara lain tidak terdengar.

Walaupun kualitas suaranya sangat baik, jika dipakai terlalu sering dalam waktu lama bisa membuat telinga sakit, bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi.

Perangkat ini telah berkembang sedemikian rupa hingga tidak lagi menggunakan kabel. Saat ini sudah banyak dijumpai earbuds wireless yang lebih compact dan efisien.

5. Handsfree

article image

Image source: Jete.id

Kalau yang satu ini sering dijadikan aksesoris bonus dalam pembelian gadget baru. Handsfree juga masih termasuk salah satu jenis earphone. Perbedaannya, ia sudah dilengkapi mikrofon dan tombol fungsi.

Lewat mikrofon dan tombol fungsi tersebut, kita dapat mengobrol via telepon, video chat, main game mobile, menaikkan atau mengecilkan volume musik, hingga menerima dan mengakhiri panggilan.

Dengan berbagai kompatibilitas dan fungsi yang lengkap tersebut, perangkat ini menjadi yang paling umum dan banyak digunakan daripada jenis-jenis lainnya.

6. TWS

article image

Image source: Blitzwolf.com

Selain perangkat-perangkat di atas, saat ini sudah muncul perangkat audio kekinian yang dikembangkan berdasarkan earphone wireless dengan mengandalkan koneksi Bluetooth, yaitu TWS (True Wireless Stereo).

TWS hadir berbarengan dengan dirilisnya teknologi Bluetooth generasi terbaru (5.0) yang dapat menyambungkan gelombang suara dari gadget atau PC ke perangkat earphone.

Ciri utamanya adalah fungsi speaker kiri dan kanan yang bisa berjalan hanya satu sisi atau bersamaan tanpa menggunakan kabel penghubung untuk kedua speaker-nya. Berbeda dengan produk earphone Bluetooth biasa yang masih menggunakan kabel antar speaker.

Perangkat TWS memiliki kotak khusus untuk pengisian daya. Dalam sekali charge, earphone TWS rata-rata mampu beroperasi sampai 2-3 jam non-stop. Namun, ada juga yang bisa sampai 6 atau 8 jam.

Kemunculan earphone TWS sukses menggaet minat pasar karena dinilai cocok untuk mendukung gaya hidup masa kini yang serba praktis.


Demikianlah beberapa perbedaan headset dan earphone serta perangkat-perangkat audio lainnya. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Malls

Products

Articles

Featured image source: qz.com