Isra Miraj

Tepat pada tanggal 28 Februari 2022 umat muslim di Indonesia merayakan peristiwa Isra Miraj. Peristiwa ini merupakan salah satu mukjizat dan keistimewaan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.

Tapi sudahkah kamu tahu apa sih peristiwa Isra Miraj itu? Yuk sma-sama kita belajar peristiwa Isra Miraj dan urutan perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Pengertian Isra Miraj

article image

Image source: tirto.id

Isra Miraj berarti perjalanan mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram yang berada di Mekkah menuju Masjidil Aqsa di Yerusalem, Palestina. Miraj sendiri memiliki arti dinaikkannya Rasullullah SAW dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.

Sidratul Muntaha merupakan tempat gaib yang tidak mungkin dilihat oleh panca indra manusia manapun. Perjalanan Nabi Muhammad ini terjadi pada 27 Rajab 621 M. Dan ini merupakan peristiwa luar biasa sehingga ayat Alquran menjelaskan jika Isra dan Miraj diawali dengan lafaz "Subhana" yang artinya Maha Suci Allah.

Urutan Peristiwa Isra Miraj

article image

Image source: bisnis.id

Dalam perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga diangkat kelangit ketujuh beliau ditemani Malaikat Jibril. Pada perjalanan tersebut, Malaikat Jibril membawa Rasulullah singgah ke beberapa tempat untuk melaksanakan salat.

Peristiwa selanjutnya diceritakan jika Rasulullah melihat 11 golongan orang yang berbeda. Mereka mendapatkan azab dan manfaat dari setiap perbuatannya. Mulai dari orang yang gemar bersedekah, orang yang berpegang teguh pada agama, malas dalam salat fardhu, orang yang tidak bersedekah, orang yang melakukan zina, para perampok, pemakan riba, rakus akan jabatan, para pendakwah yang tidak mengamalkan ucapannya, pengumpat, hingga para provokator.

Peristiwa selanjutnya, langit demi langit Rasulullah bertemu dengan para Nabi dan pengikutnya yang saleh hingga puncaknya di langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha Rasulullah disambut oleh ulama. Disanalah beliau diperintahkan salat oleh Allah SWT sebanyak 50 rakaat. Namun Rasulullah bernegosiasi dan disepakati serangkaian peristiwa Isra Miraj dengan menjalankan salat 5 waktu bagi seluruh umat Islam.

Malls

Articles