Permainan Kreatif dan Menyenangkan Untuk Mengisi Family Time

Hari libur atau akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk mengisi waktu bersama keluarga. Terlebih saat situasi seperti sekarang, di mana masyarakat tengah melakukan social distancing dan harus diam di rumah sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona. Positifnya, kita memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga.

Namun terkadang kita sering bingung untuk mengisi waktu di rumah. Mungkin kamu sudah bosan menonton film atau serial drama di televisi. Agar lebih seru lagi, kamu bisa bermain game yang menyenangkan bersama keluarga. Permainan ini akan menambah kekompakan dan membunuh rasa bosan selama di rumah saja.

Apa saja permainan kreatif yang bisa kamu lakukan bersama keluarga? Yuk simak deretan permainan seru berikut ini.

Tebak Gambar

article image

Image source: youtube.com

Permainan ini sederhana banget. Kamu hanya perlu menyiapkan pensil dan kertas besar. Caranya minta semua anggota keluarga untuk duduk mengitari pensil dan kertas besar tersebut, lalu putar pensil dan lihatlah ke mana mata pensil menunjuk setelah berhenti berputar.

Orang yang ditunjuk oleh mata pensil adalah orang yang bermain. Dia harus membuat sebuah gambar dan anggota keluarga yang lain bertugas untuk menebak gambar tersebut. Permainan ini akan menjadi seru, apalagi kalau ternyata ada yang tidak terlalu jago menggambar. Pemain yang lain pasti akan gemas karena kesulitan menebak.

Tebak Gaya

article image

Image source: papasemar.com

Permainan ini tidak jauh berbeda dengan tebak gambar. Hanya saja para pemain harus menebak gaya yang diperagakan. Semua anggota keluarga akan mendapat giliran untuk menjadi peraga. Tugas peraga adalah memperagakan sebuah kata atau gambar untuk bisa ditebak pemain.

Permainan ini juga bisa dilakukan dengan membuat kelompok. Masing-masing kelompok harus berusaha menebak gaya sebanyak-banyaknya untuk menang. Nah, pemain yang paling banyak menebak dengan benar adalah pemenangnya.

Menahan Ketawa

article image

Image source: hipwee.com

Permainan yang satu ini juga gampang sekali. Caranya seluruh anggota keluarga membuat mimik wajah yang lucu secara bergantian. Nah, saat salah satu anggota keluarga membuat ekspresi lucu, anggota keluarga yang lain tidak boleh tertawa. Kalau sampai terlihat gigi saja, pemain tersebut harus dieliminasi. Pemain yang paling lama bertahan untuk tidak tertawa adalah pemenangnya.

Kalau mau lebih seru lagi, kamu bisa membuat try not to laugh challenge dengan mengumpulkan video-video lucu. Seluruh anggota keluarga akan bersama-sama menonton video tersebut dan berusaha untuk tidak tertawa. Meskipun sangat sederhana, permainan ini seru dan menyenangkan dilakukan untuk family time.

Ular Tangga

article image

Image source: riskyashya.com

Siapa yang sewaktu masih kecil suka main ular tangga? Ini salah satu permainan populer di kalangan anak-anak. Saat bermain ular tangga, anak-anak bisa belajar mengenal angka, bilangan dan matematika sederhana. Selain itu, anak-anak juga bisa melatih kemampuan sosial dan emosi, di mana mereka harus sabar menunggu giliran bermain.

Kamu pun bisa bernostalgia dengan memainkan permainan ular tangga ini. Ketika bermain, kamu bisa berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Melalui permainan ini kamu juga mengajarkan konsep menang kalah dan mengajarkan si kecil untuk bisa menerima kekalahan dengan baik. Berilah pengertian bahwa dia bisa menang di lain waktu saat bermain kembali.

Petak Umpet

article image

Image source: abril.com

Selain permainan ular tangga, petak umpet juga merupakan salah satu permainan jadul dan sederhana yang seru untuk dilakukan. Apalagi bagi anak-anak, permainan petak umpet adalah permainan yang sangat menyenangkan. Permainan ini akan melatih motorik anak, para pemain juga akan aktif bergerak ke sana kemari untuk bersembunyi atau menjadi anggota keluarga yang sedang bersembunyi.

Para pemain terutama anak-anak akan terlatih untuk berpikir kreatif, kira-kira tempat mana yang paling aman untuk bersembunyi. Dijamin deh selama main petak umpet rumah akan penuh tawa girang dan teriakan pemain yang tempat persembunyiannya ketahuan. Apalagi ketika para pemain panik mencari tempat sembunyi, pasti akan seru banget.

Scrabble

article image

Image source: smithsonianmag.com

Scrabble adalah permainan menyusun kata di papan. Para pemain mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan kotak-kotak. Para pemain harus mengambil sebanyak tujuh buah keping huruf, kemudian menyusunnya secara mendatar atau menurun untuk membentuk sebuah kata.

Permainan ini membuat anak-anak lebih kreatif dan melatih kemampuan dalam memperkaya kosakata. Bahkan bagi orang dewasa pun scrabble sangat seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Para pemain akan berlomba-lomba untuk dapat menyusun kata sebanyak mungkin.

Scrabble Boardgame

article image

Beli Sekarang

Permainan Geografi

article image

Image source: youtube.com

Ingin permainan yang seru dan mengasah otak untuk family time? Coba deh permainan yang satu ini. Caranya sederhana, satu pemain akan menyebutkan satu nama kota atau negara, kemudian pemain yang lain harus menyebutkan nama kota atau negara berdasarkan huruf terakhir dari tempat yang disebut pemain sebelumnya.

Misalnya kalau kamu menyebut kata Inggris, maka pemain yang lain harus menyebut nama kota atau negara yang berawalan huruf S, seperti Spanyol, Swedia dan lain-lain. Permainan ini juga bisa berkembang lagi kalau kamu memiliki sebuah peta besar. Satu pemain akan menyebut nama sebuah kota, kemudian pemain yang lain akan berusaha menemukan kota tersebut di peta.

Monopoli

article image

Image source: republika.co.id

Permainan monopoli juga bisa dicoba nih untuk mengisi family time. Permainan ini cocok sekali untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Semakin banyak orang yang main, permainan akan semakin seru dan menyenangkan.

Masing-masing pemain akan mengeluarkan jurus andalan untuk mengatur strategi keuangan. Setiap orang juga akan berhati-hati supaya tidak bangkrut. Permainan ini juga bisa dimainkan untuk anak-anak yang sudah lebih besar. Melalui permainan ini mereka akan belajar berhitung dan hal yang berkaitan dengan finansial secara sederhana.

Produk


Itulah pilihan permainan seru dan kreatif yang bisa dilakukan untuk family time. Semoga hari-harimu menyenangkan bersama keluarga! Jangan lupa ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com, yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Artikel

Mall

featured image source: toysrus.ca