Perpaduan Warna yang Serasi

Hunian bergaya minimalis tengah menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan. Selain tetap kelihatan catchy dan mewah dengan ukuran ruang yang terbatas, pilihan konsep dekorasinya pun sangat beragam. Maka tak heran rumah minimalis sangat digandrungi milenial.

Bicara soal rumah minimalis, seringkali para pemilik kebingungan untuk menentukan perpaduan warna yang serasi untuk hunian mereka.

Terlebih lagi jika harus sesuai dengan konsep desain yang mereka inginkan. Pilihan kombinasi warna yang terlalu banyak dengan model-model yang beragam memang agak merepotkan ketika ingin mendekor rumah.

Maka dari itu, kali ini Gotomalls akan kasih tips buat kamu yang sedang mencari perpaduan warna yang serasi untuk rumah bergaya minimalis, simak baik-baik ya!

1. Rekomendasi Perpaduan Warna Favorit

article image

Image source: Arkagreenpaint.com

Pertama-tama, kalau kamu tidak ingin repot menciptakan kreasi warna sendiri untuk perpaduannya, kamu bisa dingin menggunakan konsep perpaduan yang sudah ada. Berikut rekomendasinya:

  • Perpaduan warna peach dan hitam untuk menciptakan karakter lembut dengan nuansa klasik yang memanjakan mata.

  • Merah dan abu-abu yang saling mengisi untuk menampilkan kesan minimalis.

  • Kombinasi warna-warna pastel dan putih agar hunian terasa hangat.

  • Hitam dan putih, kombinasi elegan yang tetap cocok untuk ruang minimalis.

  • Ungu dan crimson red untuk desain retro yang terkesan hidup.

  • Warna teal dan tembaga untuk menghadirkan suasana bahari di dalam rumah.

  • Dusty rose dan charcoal grey, perpaduan warna yang artsy namun tetap simpel.

2. Perpaduan Warna yang Bersebelahan

article image

Image source: Moving.com

Untuk menciptakan perpaduan warna yang serasi, sebaiknya kita manfaatkan roda warna seperti pada gambar di atas. Cakram warna merupakan alat yang cukup praktis dengan berbagai segmen spektrum warna yang tersedia.

Memilih warna yang disusun berdasarkan gradasinya akan memudahkan kita melihat karakteristik yang dihasilkan dari perpaduan antar warna. Nah, dari sini kita tinggal menentukan perpaduan warna yang saling bersebelahan.

Perpaduan warna yang bersebelahan atau disebut juga analogous adalah kombinasi dua warna yang saling bersisian dalam roda warna.

Untuk gaya rumah minimalis, sebaiknya jangan gunakan lebih dari pilih 2 warna. Kombinasi analogous termasuk dalam kategori color harmony karena warna-warna tersebut merupakan transisi dari warna utama.

3. Perpaduan Warna yang Berseberangan

article image

Image source: Moving.com

Perpaduan warna yang serasi berikutnya adalah dengan memilih warna yang saling berseberangan. Dalam roda warna, kamu tinggal pilih salah satu warna utama, dan untuk aksennya pilih warna yang terletak di sisi yang saling berhadapan dengan warna tersebut.

Perpaduan warna ini disebut juga sebagai complimentary atau komplementer. Ini merupakan kombinasi warna yang menganut salah satu prinsip seni rupa dan desain, yaitu kontras.

Dengan memilih perpaduan komplementer, kamu bisa menciptakan karakter kontras yang serasi walaupun saling bertabrakan.

4. Perpaduan Warna Monochromatic

article image

Image source: Moving.com

Buat kamu yang suka konsep warna monokrom, kamu bisa terapkan perpaduan warna monochromatic. Perpaduan ini menggabungkan satu warna utama dengan berbagai level shade dan tint yang berbeda.

Misalnya jika kamu memilih warna merah, maka pilihan warna kombinasinya adalah merah muda, merah tua, dan sebagainya. Perpaduannya bisa kamu lihat dalam lingkaran terdalam dari roda warna.

5. Perpaduan Warna Tetrad

article image

Image source: Moving.com

Tetrad adalah perpaduan warna yang menggabungkan beberapa warna yang terletak di sudut 90 derajat atau sudut siku-siku dalam roda warna. Perpaduan ini sering juga disebut sebagai double komplementer.

Misalnya jika kamu memilih warna cat paling atas searah jarum jam 12, maka perpaduan warna yang serasi untuk kamu pilih adalah warna yang berada di bagian kanan atau kiri searah jarum jam 9 atau 3.


Cukup mudah bukan? Simak juga informasi dan tips menarik seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, platform direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event seru di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa beli voucher game, bayar token listrik, top up pulsa, hingga belanja produk-produk pilihan terbaik!

Malls

Brands

Articles

Featured image source: Thespruce.com