Perusahaan-Perusahaan Dengan Customer Service Terbaik di Dunia

Customer service merupakan “citra” dari sebuah perusahaan. Selain bertugas melayani segala kebutuhan dan menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan, customer service juga dituntut untuk merepresentasikan wajah perusahaan melalui kualitas layanannya.

Bicara mengenai kualitas layanan, pada tahun 2018 majalah Forbes pernah merilis daftar perusahaan dunia yang memiliki kualitas customer service terbaik. Daftar ini dibuat oleh American Customer Satisfaction Index (ACSI) menggunakan metodologi khusus dengan melibatkan kumpulan data dari tiga tahun terakhir. Berikut daftarnya:

Chick-fill-A

article image

Image source: therail.media

Skor: 86.0/100

Urutan pertama ditempati oleh franchise makanan cepat saji asal Amerika Serikat yang terkenal dengan olahan sandwich ayamnya. Para pelayan di restoran Chick-fill-A terkenal sangat sopan dan profesional di mata konsumen. Bahkan disebut-sebut sebagai yang terbaik di industrinya. Chick-fill-A mendapat skor 86.0 dari hasil survei MS Money dan ACSI.

Trader Joe’s

article image

Image source: upi.com

Skor: 85.4/100

Trader Joe’s adalah salah satu contoh sukses dengan memanfaatkan tren produk organik ramah lingkungan. Supermarket Trader Joe’s memiliki reputasi baik di mata pelanggan dalam kualitas pelayanan. Selain itu, pilihan produk yang ditawarkan Trader Joe’s selalu menjadi acuan utama oleh para pelanggan untuk membandingkan produk-produk di toko lain.

Aldi

article image

Image source: tasteofhome.com

Skor: 85.0/100

Berbanding tipis dengan anak perusahaannya Trader Joe’s, Aldi meraih skor ACSI sebesar 85.0. Gaya pendekatan tanpa embel-embel yang mereka terapkan tampaknya telah sukses membangun relasi hangat dengan konsumen, sehingga memicu pertumbuhan yang cepat selama satu dekade terakhir. Aldi menawarkan segmen harga yang lebih variatif untuk semua kalangan.

Amazon

article image

Image source: pcworld.com

Skor: 84.8/100

Di posisi ke-4 ditempati oleh raksasa E-Commerce dunia, Amazon. Perusahaan besutan Jeff Bezos ini pertama kali muncul sebagai toko buku online sebelum akhirnya berkonversi menjadi platform jual-beli berbagai jenis barang. Selain petugas customer service, semua karyawan Amazon memang selalu dituntut untuk memperlakukan konsumen bak raja.

Lexus

article image

Image source: lexus.ae

Skor: 84.6/100
Lexus merupakan divisi khusus milik Toyota yang menyediakan produk-produk prestise untuk pecinta mobil mewah di seluruh dunia. Selain tersohor dengan kualitas mobilnya, Lexus juga terkenal dengan kualitas pelayanan yang sangat baik di antara brand otomotif kelas dunia. J.D Power bahkan sudah berulang kali mengakui bahwa Lexus memiliki customer service yang benar-benar memuaskan.

Costco Wholesale

article image

Image source: paper.id

Skor: 84.4/100

Costco Wholesale adalah perusahaan ritel terbesar di Amerika Serikat dengan model bisnis yang terbilang unik. Mereka tidak seperti perusahaan pada umumnya yang selalu gencar melakukan promosi melalui iklan atau kampanye, tapi Costco bisa mencapai penjualan tahunan hingga $93 miliar.

Mereka hanya memainkan strategi sendiri untuk pelanggan yang terdaftar dalam keanggotaannya. Di saat yang bersamaan Costco juga telah meraih sejumlah penghargaan untuk kualitas pelayanannya.

HEB Grocery

article image

Image source: click2houston.com

Skor: 84.4/100

Di posisi ke-7 ditempati oleh HEB Grocery dengan skor sama seperti Costco. Jika saja ia melebarkan sayap bisnisnya lebih jauh lagi, HEB Grocery kemungkinan akan menduduku peringkat ke-6. HEB sendiri merupakan supermarket regional yang menawarkan kualitas produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau.

Toyota

article image

Image source: pinterest.com

Skor: 84.4/100

Walaupun kualitasnya tidak se-superior brand mewahnya Lexus, Toyota selalu menjadi pilihan favorit keluarga dan individu, terutama di kawasan Asia. Sebagai produsen otomotif terbesar kedua di dunia Toyota menawarkan kemudahan dan kenyamanan berkendara di berbagai situasi. Toyota juga memiliki sejumlah keunggulan dalam urusan suku cadang, variasi tipe, inovasi, dan perawatan mesin yang lebih praktis.

Publix

article image

Image source: birminghamtimes.com

Skor: 84.3/100

Perusahaan retail yang dipimpin Randall T. Jones ini adalah retail supermarket terbesar di Amerika Serikat. Sejak didirikan pada tahun 1930 hingga saat ini, Publix telah berkembang menjadi 1.239 cabang unit supermarket yang tersebar di berbagai tempat di Florida, Georgia, Carolina Selatan, Carolina Utara, Alabama, dan Tennessee. Publix juga telah berulang kali masuk dalam berbagai daftar terbitan Forbes.

Wegmans Food Markets

article image

Image source: wegmans.com

Skor: 84.2/100

Di urutan terakhir ditempati oleh supermarket asal Amerika Serikat Wegmans Food Markets. Model bisnis perusahaan ini tidak jauh berbeda seperti HEB, sama-sama supermarket regional yang menawarkan pengalaman belanja bahan pangan dengan harga terjangkau.


Customer service yang memuaskan akan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis dan nilai jual brand. Karena jika perusahaan bisa meninggalkan kesan positif yang tak terlupakan, semakin banyak pula pelanggan yang tertarik untuk memilih produk perusahaan. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi dan tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured mage source:facebook/ChickfilAatElizabethtown/