Plus-Minus iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Max, Biar Tak Salah Pilih

Setelah sempat mengadakan grand launching beberapa produk terbarunya tahun lalu, Apple akhirnya merilis seri iPhone terbaru yang sudah lama dinantikan para pengguna Apple, yaitu iPhone 11. Terhitung sejak peluncurannya pada 10 September 2019 di Steve Jobs Theater Apple Park, edisi terbaru ini langsung mendapat respons luar biasa dari seluruh dunia.

iPhone 11 hadir dalam beberapa tipe, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max. Tapi dibalik semua itu ada beberapa hal yang dianggap kontroversial, terutama untuk fitur-fitur pada iPhone 11 Pro. Nah, supaya kamu tidak salah pilih, sebaiknya simak dulu kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro dan 11 Max berikut ini!

Chipset Bionic A13 yang Super Tangguh

article image

Image source: indozone.id

Sama seperti biasa, Apple kembali mengusung chip Bionic yang lebih mutakhir untuk seri iPhone terbarunya ini. Keluarga iPhone 11 ditenagai oleh chipset Bionic A13 yang diklaim menjadi chip terkuat untuk smartphone saat ini. Terdapat delapan core neural engine yang mampu melakukan 1 triliun hitungan setiap detiknya, performa machine learning ini merupakan yang paling tinggi.

Dalam launching event beberapa waktu lalu, Apple juga sempat menampilkan grafik perbandingan Bionic A13 dengan sejumlah chip tangguh lainnya. Di situ terlihat performa CPU dan GPU-nya jauh melampaui Snapdragon 845, Kirin 980, Snapdragon 855, bahkan Bionic A12.

Daya Tahan Baterai Jauh Lebih Awet

article image

Image source: itsiphone.com

Apple membuat peningkatan daya tahan baterai yang cukup signifikan untuk iPhone 11 Pro. Dengan kapasitas baterai Li-Ion sebesar 3.046 mAh, smartphone ini diklaim mampu bertahan hingga 4 jam lebih lama daripada seri sebelumnya, iPhone XS. Sementara itu, untuk tipe 11 Max mendapat peningkatan kapasitas daya yang tahan lebih lama hingga 5 jam.

Dengan ukuran layar yang tidak begitu lebar, kapasitas baterai ini terbilang cukup mumpuni. Terbukti melalui pengujian endurance rating yang mencatatkan skor sebesar 86h. Angka yang cukup besar untuk sistem operasi iOS.

Fitur Kamera Lebih Canggih

article image

Image source: telko.id

iPhone 11 Pro dan Apple iPhone 11 Max memiliki fitur tiga kamera di bagian belakang. Tiga kamera ini terdiri dari wide camera sebesar 12 MP, telefoto 12 MP, dan ultra-wide camera 12 MP. Kamera telefoto merupakan yang paling menarik perhatian, karena kamera ini mampu melakukan 2x optical zoom in, 2x optical zoom out, dan 10x digital zoom.

Khusus untuk tipe “Pro” mendapat fitur stabilisasi ganda pada kamera telefoto dengan kamera wide untuk menstabilkan hasil jepretan.

Kualitas Layar Lebih Memuaskan

article image

Image source: phonearena.com

Layar iPhone 11 Pro dan 11 Max sudah dibekali dengan Super Retina XDR berukuran 5.8 inci dan 6.2 inci. Keduanya sama-sama mengusung panel OLED beresolusi 2.436 x 1.125 (458 ppi) dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10. Dengan resolusi yang lebih baik dari seri sebelumnya, kualitas kecerahan iPhone 11 Pro tentu jauh lebih memuaskan.

Masih Tanpa Port USB-C

article image

Image source: hardwarezone.com.sg

Salah satu kekurangan yang banyak dikeluhkan pengguna iPhone adalah ketiadaan port USB-C. Bahkan pada seri iPhone terbaru ini pun masih belum mengubah port charging tersebut. Seri iPhone 11, termasuk 11 Pro dan 11 Pro Max masih menggunakan model port lama, yang sudah jelas tidak disukai para pengguna.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan iPad Pro yang sudah rilis beberapa bulan sebelum iPhone 11. iPad Pro telah berganti port dengan model USB-C sementara iPhone 11 yang paling dinantikan masih mengusung port charging.

Untungnya Apple menghadirkan charger 18W yang mendukung teknologi fast charging. Dengan kepala charger ini pengisian daya bisa lebih cepat dan optimal. Berdasarkan hasil tes, hanya dalam 30 menit sudah bisa terisi hingga 58%.

Tidak Ada Audio Jack 3.5mm

article image

Image source: macworld.com

Selain masalah port charging, seri iPhone terbaru ini juga masih bertahan dengan konsep lamanya tanpa kehadiran lubang audio jack 3.5 mm. Bahkan Apple sendiri tidak menyediakan adapter tambahan untuk audio jack 3.5 mm. Para pengguna Apple iPhone 11 Pro yang masih menggunakan model earphone 3.5 mm mau tidak mau harus membeli adapter secara terpisah.

Fitur iPhone 11 Pro yang Tidak Begitu “Pro”

article image

Image source: indozone.id

Kekurangan yang paling kontroversial ada pada tipe 11 Pro, yang nyatanya tidak begitu “Pro”. Tidak ada fitur yang cukup istimewa untuk membedakan iPhone 11 Pro dengan tipe lainnya. Walaupun harganya jauh lebih mahal, faktanya fitur-fitur yang ada sudah bisa ditemukan di iPhone 11 biasa yang harganya lebih murah.


Itulah beberapa plus-minus iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Max. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang lebih menyenangkan!

Brands

Malls

featured image source: hocostore.sk