Moms, Ketahui Berbagai Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Semasa mengandung, ibu akan mengalami beberapa perubahan baik secara fisik maupun psikis. Kondisi ini membuat ibu merasa tidak nyaman, bahkan untuk tidur sekalipun, sehingga ibu hamil butuh penyesuaian agar terbiasa dengan semua perubahan.

Gangguan-gangguan seperti morning sickness, punggung sakit, kram perut, rasa lelah berlebihan, dan lain sebagainya bisa memberikan rasa tidak nyaman saat berbaring, sehingga ibu hamil harus berbaring dalam posisi yang tepat. Posisi tidur yang keliru bagi ibu hamil bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti pembengkakan pada kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru peningkatan tekanan darah. Kalangan ahli merekomendasikan posisi tidur menyamping sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Seperti apa penjelasannya? Mari kita simak informasinya berikut ini:

Menghindari Posisi Terlentang

article image

Image source: shutterstock.com

Setelah memasuki kehamilan trimester kedua, terutama pada bulan ke-5, ibu hamil dianjurkan untuk menghindari posisi tidur secara telentang. Tekanan pada pembuluh darah besar, yaitu aorta dan vena cava inferior bisa meningkat jika ibu hamil tidur dalam posisi seperti ini. Tekanan semacam ini cukup berisiko karena bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu dan janin.

Posisi Tidur Menyamping ke Kiri

article image

Image source: verywellhealth.com

Sebagian kalangan ahli, termasuk American Pregnancy Association, merekomendasikan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke arah kiri. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah menuju jantung, rahim, janin, dan ginjal.

Selain itu, tidur dengan posisi menyamping ke kiri membuat lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak memberikan tekanan pada organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur seperti ini juga diyakini baik untuk mengatasi keluhan mendengkur ibu hamil.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil bisa mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Itu karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih optimal untuk membersihkan zat-zat sisa dan cairan dari dalam tubuh. Cairan dan zat-zat sisa yang tertahan di ginjal bisa membuat ibu hamil mengalami pembengkakan atau edema.

Meski begitu, tidak semua kalangan ahli sepakat dalam hal ini. Sebagian kalangan menyatakan tidak perlu terlalu mempermasalahkan terkait posisi tidur menyamping ke kiri atau ke kanan, selama posisi tersebut membuat ibu hamil merasa nyaman.

Gunakan Bantal

article image

Image source: kids2.com

Bantal akan sangat dibutuhkan untuk membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Jika ibu hamil merasakan sesak atau napas terasa berat, letakkan bantal di sisi samping tubuh bagian bawah hingga posisi dada agak naik. Jika ibu hamil merasa nyeri pada ulu hati, letakkan bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung agar tidak naik. Selain itu, untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri, Anda dapat meletakkan bantal di bagian samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut. Ibu hamil juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Bantal Ibu Hamil Dan Menyusui Polos Maternity Pillow

article image

Beli Sekarang

Tips Mengatasi Susah Tidur Nyenyak

Sudah menjadi hal wajar jika ibu hamil sulit mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari karena mengalami berbagai gangguan, seperti terbangun tengah malam akibat sering buang air kecil, merasa sesak napas, jantung terasa berdebar karena peningkatan detak jantung, sakit punggung, kram kaki, dan lain sebagainya.

Selain itu, faktor stres juga bisa membuat ibu hamil sulit tidur nyenyak. Untuk membantu kualitas tidur, beberapa tips berikut mungkin dapat membantu:

• Buatlah rutinitas durasi waktu tidur yang sama setiap harinya.
• Hindari melakukan olahraga menjelang waktu tidur.
• Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat dicampur madu.
• Hindari konsumsi teh, kopi, minuman bersoda, atau minuman sejenis yang mengandung kafein.
• Ikuti senam hamil secara rutin. Selain bisa membuat tubuh jadi lebih bugar, berinteraksi dengan sesama ibu hamil bisa menjadi kesempatan untuk berbagi cerita dan saling menguatkan satu sama lain.
• Jika mengalami kram pada area kaki hingga terbangun dari tidur, cobalah untuk memijakkan telapak kaki ke dinding dan dorong perlahan hingga terasa tarikan pada otot betis dan belakang paha. Tahan selama beberapa saat sampai rasa kram mereda.

Selain memerhatikan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, pastikan juga asupan kalsium tetap terpenuhi untuk mengurangi kram pada kaki. Penuhi juga nutrisi penting lain dari berbagai sumber pangan seperti sayuran, buah, dan susu secara seimbang.

Products


Demikianlah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, dan jangan lupa, masih ada sejuta informasi dan tips lain yang tidak kalah menarik untuk kamu simak hanya di Gotomalls.com! Satu-satunya partner shopping terbaikmu untuk pengalaman belanja menguntungkan!

Articles

Malls

featured image source: littleguestcollection.com