Profesi yang Cocok untuk Para Gamers

Main game sudah bukan lagi sekadar hobi semata. Game masa kini yang sudah berkembang kian canggih turut menjadi peluang besar untuk bisnis. Hal ini berlaku baik untuk industri maupun peminatnya.

Khusus bagi para gamers, main game bisa menjadi profesi yang menjanjikan, lho. Ada banyak peran yang cocok untuk mendatangkan sumber penghasilan. Maka kali ini, Gotomalls akan membagikan 5 rekomendasi profesi yang cocok untuk para gamers sejati!

1. Professional Player

[[img-1]]

Image source: theurbanlist.com

Profesi utama yang tentunya sudah tak asing lagi bagi para gamers sejati adalah menjadi seorang pro player. Dunia gaming yang sangat kompetitif membuat skill para gamers menjadi sesuatu yang mahal. Jelas saja, tidak mudah untuk bersaing dengan sekian banyak gamers handal di luar sana.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak pro player yang masih berusia belasan tahun. Meskipun demikian, penghasilan mereka bisa melebihi karyawan korporasi. Pro player mendapat gaji bulanan dari tim, dan beberapa penghasilan lainnya bisa datang dari streaming, bonus turnamen, dan endorsement.

2. Content Creator Gaming

[[img-2]]

Image source: kincir.com

Jika kalian mencari konten-konten tips seputar gaming di YouTube, biasanya akan muncul kanal-kanal para gamers di hasil pencarian teratas. Nah, kamu bisa coba membuat kanal seperti mereka sebagai sumber penghasilan. Kamu bisa berbagi tips dan trik seputar game populer, membuat konten streaming di Twitch, Nimo TV, maupun YouTube.

Menjadi content creator sebagai gamers tidak jauh berbeda dengan content creator pada umumnya. Kamu perlu menyiapkan peralatan, konsep, perencanaan konten, dan membangun kedekatan dengan para audiens.

3. Caster

[[img-3]]

Image source: Grid.ID

Salah satu profesi “hot” di dunia gaming saat ini adalah caster (shoutcaster). Layaknya komentator di acara-acara olahraga, profesi ini juga sama-sama berperan sebagai komentator dalam setiap turnamen esports.

Caster bertanggung jawab untuk memberikan informasi seputar jalannya pertandingan agar penonton lebih “aware” dan tertarik. Selain itu, caster juga seringkali merangkap sebagai pembawa acara. Di Indonesia sendiri peran caster kian banyak dicari seiring dengan gencarnya turnamen-turnamen esport digelar setiap waktu.

4. Analis Game

[[img-4]]

Image source: VICE

Sebelum dan pasca pertandingan olahraga yang tayang di TV berlangsung, kita seringkali disajikan dengan pembahasan-pembahasan mendalam dari seorang pakar. Nah, di dunia gaming pun ada peran serupa, yaitu analis. Mereka bertugas menyampaikan analisisnya terhadap pertandingan yang berjalan.

Sebagai contoh, di Indonesia ada beberapa analis populer seperti KB atau Wawa Mania yang sudah langganan tampil di turnamen Mobile Legends: Bang Bang hingga PUBG Mobile. Kalau kamu punya pengalaman dan pengetahuan luas di bidang ini, tidak ada salahnya mencoba!

5. Game Designer

[[img-5]]

Image source: IDN Times

Di balik judul-judul game populer yang telah sukses besar, ada sosok designer yang melahirkan ide-ide brilian. Gagasan merekalah yang kemudian berkembang menjadi konsep utuh dari sebuah game, mulai dari gameplay, plot atau alur cerita, hingga karakter.

Seorang game designer biasanya akan bekerja sama dengan beberapa pihak lainnya, termasuk programmer, teknisi, penulis, game artist, hingga animator.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: nymag.com