Rahasia Edit Foto Ala Selebgram, Bisa Bikin Feed Kamu Lebih Cantik

Ketika kita melihat-lihat feed Instagram para selebgram, kita sering kali menemukan foto-foto mereka tersusun rapi dan estetik. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apa sih rahasia mereka untuk mengedit foto agar terlihat artsy? Sebenarnya simpel saja, kita tidak membutuhkan software atau aplikasi rumit untuk mengedit foto agar terlihat lebih cantik dan menarik seperti para selebgram, kita hanya perlu menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store dan sedikit formula rahasia. Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan para selebgram dan bagaimana cara menggunakannya? Langsung saja kamu simak tips-tips rahasia edit foto ala selebgram di bawah ini:

Aplikasi Edit Foto Andalan Para Selebgram

article image

Source image: breakingnews.co.id

Melalui unggahan videonya di media sosial, selebgram Acha Sinaga, Awkarin, Hanggini Purinda, Jeje Soekarno, dan Olivia Lazuardy sempat membagikan rahasia edit foto menggunakan beberapa aplikasi andalan mereka, yaitu VSCO, Snapseed, Facetune, Lightroom, dan Feica! Aplikasi-aplikasi tersebut sering mereka gunakan untuk membuat feed Instagram mereka agar terlihat lebih estetik.

Teknik editing yang mereka terapkan pun tidak terlalu rumit dan bisa dipelajari siapa saja, kamu tidak perlu susah-susah menggunakan software rumit yang mesti dipelajari terlebih dahulu, cukup dengan enam aplikasi tersebut, kamu sudah bisa membuat tampilan foto kamu jauh lebih menarik.

Tone dan Filter Cantik Aplikasi VSCO

article image

source image: image snapchat-download.net

Untuk menentukan tone (komposisi warna) dan filter menggunakan aplikasi VSCO, kamu bisa mencoba beberapa formula berikut ini:

Tone Dingin

a. Filter: A7
b. Contrast: +1
c. Highlights: +4
d. Tint: +2

Tone Lembut

a. Filter: G3
b. Exposure: -4
c. Temperature: +1
d. Contrast: -4
e. Fade: +6
f. Saturation: -2
g. Skin Tone: -5

Tone Hangat

a. Filter: HB1 (+8)
b. Exposure: +2
c. Contrast: +4
d. Saturation: -3
e. Temperature: -1
f. Skin Tone: -6
g. Highlights: +6

Tone Vintage

a. Filter: A6
b. Exposure: -1
c. Contrast: +2
d. Saturation: -2
e. H. Save: +5
f. Temperature: +1

Tone Exotic

a. Filter: C1 (+8)
b. Exposure: -1
c. Contrast: -2
d. Saturation: +1
e. Temperature: -3

Trik Menggunakan Snapseed dan Facetune Ala Olivia Lazuardy

article image

Source image: sullahome.com

Selebgram Olivia Lazuardy membagikan trik rahasia edit fotonya menggunakan aplikasi Snapseed. Aplikasi tersebut dia gunakan untuk mengatur intensitas warna, kecerahan, kontras, dan lain lain. Hal pertama yang dia lakukan adalah memotong ukuran skala foto sesuai dengan standar Instagram, yaitu 5 X 4. Setelah itu, Olivia mengatur tingkat kecerahannya sekitar +65 persen dan untuk area yang tertutup bayangan +50 persen, lalu kontras -18 persen serta saturation -12 persen. Setelah tingkat kecerahan dan intensitas warna, Olivia juga mengatur structure di +11 persen dan ketajaman foto di +14 persen.

Setelah selesai dengan Snapseed, langkah selanjutnya adalah menajamkan detail foto yang akan ditonjolkan. Pertama-tama, tentukan dulu area-area mana saja yang ingin kamu tonjolkan dalam foto, lalu tambahkan komposisi texture secukupnya, kemudian simpan foto tersebut. Cukup mudah bukan?

Edit Foto Ala Hanggini Purinda

article image

Source image: kurio.co

Buat para penggemarnya Hanggini Purinda, sebagian dari kamu mungkin sudah lama penasaran dengan teknik editing foto Instagramnya. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Hanggini melalui unggahan videonya di Youtube membagikan tips-tips mudah tentang editing foto. Hanggini sering menggunakan aplikasi VSCO dan Feica untuk menambahkan filter foto.

Melalui aplikasi VSCO, pertama-tama Hanggini menambahkan filter S1 dengan komposisi +8,5 persen, kemudian disimpan. Setelah itu, dia menambahkan satu filter lagi, yaitu tipe C8 dengan komposisi +7,5 persen. Setelah selesai dengan filter-nya, Hanggini kemudian mengatur tingkat vignette atau efek gelap di skala +1 persen, fade +0,5 persen, dan grain +3,5 persen. Sedangkan untuk filter-filter unik lainnya, Hanggini menggunakan aplikasi Feica, di mana kita bisa memilih filter secara acak.

Edit Foto Menggunakan Lightroom Ala Jeje Soekarno

article image

Source image: idntimes.com

Sama halnya seperti Hanggini Purinda, selebgram Jeje Soekarno pun sering mendapat request dari para follower-nya untuk membagikan rahasia edit fotonya. Untuk itu, melalui unggahan videonya di Youtube, Jeje memberikan sedikit tips untuk mengedit foto agar terlihat lebih estetik seperti foto-foto Instagramnya. Salah satu aplikasi yang dia gunakan adalah Lightroom.

Hal pertama yang dia lakukan adalah mengatur efek warna dan kecerahan foto menggunakan aplikasi Lightroom, di aplikasi ini kamu bisa menentukan detail warna foto sesuai selera. Jeje sendiri hanya mengatur efek warna untuk background dan objek secara keseluruhan, dengan menentukan komposisi hue dan saturation. Sedangkan untuk tingkat kecerahan, formula yang digunakan yaitu highlights -100 persen, shadow +40/50 persen, whites -100 persen, dan blacks +40/50.


Itulah beberapa rahasia edit foto ala selebgram yang bisa kamu coba! Tapi sebelum kamu mulai mencoba, perlu diingat bahwa menggunakan terlalu banyak aplikasi untuk editing bisa membuat kualitas gambarnya menjadi buruk, jadi sebaiknya kamu tidak menggunakan lebih dari dua aplikasi agar kualitas gambar tidak menurun. Untuk bisa mengunduh aplikasi-aplikasi foto di atas, kamu harus punya perangkat yang memadai. Kamu bisa membelinya di toko-toko elektronik yang selalu menawarkan gadget asli dan berkualitas. Budget kamu terbatas? Cek dulu promo dan diskon di situs GoToMalls.com yang selalu memberikan info ter-update tentang potongan harga dari merchant di seluruh mall di Indonesia. Kamu bisa cek langsung di sini!

Brands

Malls

Articles