Rekomendasi Game Edukasi Anak Lengkap di Android dan iOS

Sebagian besar anak-anak di zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktu bermain bersama gadget kesayangan mereka daripada bermain di luar ruangan. Di sana terdapat banyak pilihan permainan yang lebih seru dibanding permainan-permainan di dunia nyata.

Kemajuan teknologi sering kali membuat para orang tua khawatir dengan perkembangan belajar anak. Karena pada praktiknya, anak-anak bisa sampai lupa waktu jika sudah asyik dengan game online favoritnya.

Untuk menghadapi masalah ini, Gotomalls akan membagikan beberapa rekomendasi game edukasi anak lengkap. Para orang tua bisa mengajak anak-anak untuk bermain game edukasi ini agar minat belajar anak tetap berkembang!

Game Edukasi Anak Lengkap di Android

article image

Image source: lego.com

Untuk pengguna Android, berikut ini adalah 5 rekomendasi game edukasi anak yang bisa kamu coba:

Kids Preschool Puzzles

article image

Image source: play.google

Intellijoy Educational Games for Kids menawarkan permainan di mana anak-anak bisa mengenal berbagai jenis hewan, tumbuhan, dan hal-hal menarik lainnya. Game edukasi ini sudah diunduh lebih dari 30 ribu kali di Google Play Store.

Sesuai dengan namanya, Kids Preschool Puzzles menyajikan permainan utama berupa puzzle berwarna dengan berbagai bervariasi gambar. Anak-anak bisa mencocokkan kepingan puzzle ke dalam kolom yang tersedia untuk menampilkan gambar sesungguhnya. Game ini cocok untuk anak di bawah usia 7 tahun.

Educational Games for Kids

article image

Image source: play.google

Untuk orang tua yang ingin mengenalkan nama-nama benda dalam bahasa Inggris kepada anak, game edukasi ini cocok untuk dicoba. Di sini orang tua bisa mengedukasi anak dengan cara menebak nama gambar, bentuk, ataupun angka. Educational Games for Kids juga memiliki User-Interface yang sangat ramah anak dan mudah dioperasikan.

Indonesian Children Songs

article image

Image source: play.google

Indonesian Children Songs adalah alternatif sempurna untuk mengajarkan anak bernyanyi dan mengenalkan lagu-lagu anak populer yang sudah mulai dilupakan. Di sini terdapat koleksi lagu anak Indonesia terkenal seperti Burung Kakaktua, Bintang Kecil, Gelang Sipaku Gelang, Bintang Kejora, Bila Kuingat Bunda, Dua Mata Saya, dan masih banyak lagi.

Coloring Pages for Children

article image

Image source: play.google

Salah satu kegemaran anak-anak selain bernyanyi adalah menggambar dan mewarnai. Melalui aplikasi game edukasi Coloring Pages for Children, orang tua bisa mengajarkan anak-anak untuk mewarnai berbagai gambar menarik dengan perangkat Android. Dengan begitu, anak-anak tidak perlu lagi menghabiskan banyak krayon atau pensil warna untuk mewarnai.

Masha and the Bear Educational Games

article image

Image source: youtube

Masha and the Bear adalah salah satu animasi terpopuler yang digemari banyak anak di Indonesia. Tokoh animasi ini juga tersedia dalam format game edukasi di Android. Game ini memiliki 30 jenis permainan edukasi menyenangkan. Anak-anak tidak akan bosan bermain game ini karena Masha dan si beruang akan menemani anak belajar sambil bermain.

Game Edukasi Anak Lengkap di iOS

article image

Image source: efficiencyarts.com

Untuk pengguna iOS, Berikut 5 rekomendasi game edukasi anak di iOS yang bisa dicoba:

Peak – Brain Training

article image

Image source: blog.adafruit.com

Game edukasi anak lengkap di iOS pertama adalah Peak – Brain Training, sebuah aplikasi dengan 45 game seru yang berguna untuk mengasah kemampuan belajar anak. Game yang tersedia meliputi permainan asah memori, matematika, latihan fokus, problem solving, permainan asah mental, bahasa, koordinasi, kreativitas, dan kontrol emosi. Game ini cocok untuk anak usia 9 tahun ke atas.

Where’s My Water?

article image

Image source: pinterest.com

Ingin mengajarkan anak dengan ilmu dasar fisika dengan cara yang menyenangkan? Coba instal game buatan Disney yang satu ini! Game Where's My Water? terdiri dari beberapa level permainan dengan teka-teki fisika yang berbeda. Anak-anak bisa memilih 4 karakter buaya untuk dimainkan, yaitu Swampy, Allie, Cranky dan Mystery Duck.

ABC PreSchool Playground

article image

Image source: amazon.com

Game edukasi anak lengkap ini menawarkan berbagai macam materi pembelajaran dasar untuk anak-anak PAUD dan TK, mulai dari mengenali benda, cara mengeja, mengenali nama-nama bentuk dan warna, hingga melacak abjad dan angka. Aplikasi ABC PreSchool Playground memiliki fitur lengkap untuk mendukung proses pembelajaran anak.

Khan Academy Kids

article image

Image source: sensortower.com

Untuk orang tua yang mencari satu aplikasi dengan game lengkap untuk mendorong perkembangan belajar anak, Khan Academy Kids adalah pilihan yang tepat. Di dalamnya terdapat ribuan aktivitas yang mendidik, mulai dari buku-buku pelajaran, lagu, permainan untuk balita dan anak prasekolah, latihan problem solving, hingga pengembangan motorik anak. Menariknya lagi, semua fiturnya bisa digunakan secara gratis!

Tinycards by Duolingo: Fun & Free Flashcards

article image

Image source: duolingo.com

Tinycards by Duolingo adalah alternatif permainan menyenangkan untuk membantu anak mempersiapkan diri menghadapi ujian. Game ini menawarkan fitur pembelajaran dengan metode kuis dan pengulangan untuk membantu anak mengingat materi pembelajaran.


Demikianlah rekomendasi game edukasi anak lengkap di Android dan iOS. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: walmart.com