Rekomendasi Kumpulan Buku Non Fiksi Terbaik yang Wajib Kamu Miliki

Sebagian orang mungkin menghindari buku non fiksi karena dinilai membosankan. Akibatnya, mereka akan lebih memilih buku fiksi seperti novel yang dinilai lebih menarik dan memiliki genre beragam. Namun tidak semua buku non fiksi membosankan.

Banyak buku non fiksi yang menjadi best-seller karena mengangkat tema menarik dan ditulis dengan bahasa yang cukup ringan. Bahkan beberapa buku ditulis dengan sangat kasual sehingga tidak membuat pembaca jenuh. Buku-buku non fiksi ini pun bisa dibaca dengan santai di waktu senggang. Kalau kamu sedang mencari bacaan non fiksi yang asyik untuk dibaca, Gotomalls sudah merangkum kumpulan buku non fiksi berikut ini yang wajib kamu miliki.

The Subtle Art of Not Giving A F^ck (Mark Manson)

article image

Image source: passionstory.fwd.co.id

The Subtle Art of Not Giving A F^ck atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson ini masuk dalam jajaran kumpulan buku non fiksi terbaik dan telah menjadi best-seller. Buku dengan tema self-help ini sedikit berbeda karena jauh dari kalimat-kalimat motivasi yang membosankan dan justru terlihat nyeleneh.

Buku ini cocok untuk pembaca yang mudah terbawa perasaan dan sakit hati. Mark Manson mengajak pembaca untuk belajar bersikap bodo amat dalam arti belajar memilah untuk memikirkan hal-hal yang penting saja dan mengabaikan hal-hal yang tidak penting. Pemikiran penulis yang anti-mainstream mengajak pembaca untuk santai dan lebih realistis.

Sapiens: A Brief History of Humankind (Yuval Noah Harari)

article image

Image source: researchstash.com

Kumpulan buku non fiksi berikutnya yang wajib kamu miliki adalah Sapiens: A Brief History of Humankind karya Yuval Noah Harari. Sama halnya dengan buku karya Mark Manson tadi, buku ini juga tampak berbeda dengan sentilan dan humor yang dikemas dengan baik. Padahal buku ini membahas tentang sejarah umat manusia, mulai dari perkembangan manusia purba hingga masyarakat modern.

Kamu mungkin akan melihat perbedaan yang cukup besar pada gaya penulisan buku ini dengan buku-buku lain yang membahas tema serupa. Hal itulah yang membuat Sapiens: A Brief History of Humankind disukai pembaca umum dan mendapat banyak ulasan positif. Walaupun banyak ilmuwan dan akademisi yang skeptis terhadap ulasan penulis, buku ini tetap layak untuk dibaca terutama untuk kamu yang ingin memperluas wawasan tentang sejarah evolusi manusia.

Goodbye, Things. Hidup Minimalis ala Orang Jepang (Fumio Sasaki)

article image

Image source: landhiani.com

Beberapa tahun terakhir, paham minimalisme mulai diminati oleh banyak kalangan. Paham ini mengajarkan seseorang untuk hidup sederhana dengan mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak diperlukan. Hal inilah yang coba diperkenalkan oleh Fumio Sasaki dalam bukunya yang berjudul Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang.

Fumio Sasaki tadinya adalah orang yang maksimalis. Ia memiliki banyak barang sehingga apartemen yang ditinggalinya sesak. Ia kemudian menjalani hidup minimalis dengan menyingkirkan sebagian besar barang miliknya untuk merasa lebih bahagia. Melalui buku ini, Sasaki membagi pengalaman dan memberi tips kepada pembaca untuk belajar menjadi orang yang minimalis.

Soul Travelers: Turning Miles into Memories (Andre Mokalu)

article image

Image source: aisaidluv.wordpress.com

Kalau kamu menyukai buku dengan tema pendidikan dan perjalanan, coba deh baca buku karya Andre Mokalu ini. Buku non fiksi ini berisi kumpulan kisah 39 penulis tentang perjalanan mereka di berbagai kota di dunia yang akhirnya bisa mengubah hidup mereka.

Melalui buku ini kamu akan memahami bagaimana orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi memaknai perjalanan yang mereka lakukan. Setelah membaca buku ini, kamu mungkin akan termotivasi dan terinspirasi untuk melakukan hal serupa. Soul Travelers: Turning Miles into Memories memang cocok dibaca oleh generasi muda yang penuh semangat untuk menemukan arti hidup.

Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela (Tetsuko Kuroyanagi)

article image

Image source: mindfulnesia.id

Buku karya Tetsuko Kuroyanagi wajib masuk dalam kumpulan buku non fiksi yang patut dibaca. Buku ini memang sudah lama terbit, tetapi masih banyak lho yang merekomendasikan Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela. Melalui buku ini, pembaca akan belajar dari seorang anak bernama Totto Chan.

Ia dididik oleh kepala sekolah dengan metode pendidikan yang sangat bagus. Kepala sekolah selalu percaya dan berpikir positif pada murid-muridnya. Hal tersebut membuat murid-murid kepala sekolah tumbuh menjadi orang yang sukses di masa depan.

Salah satu buku Richard Carlson bisa kamu baca:

Mengatasi Masalah Besar Dalam Hidup

article image

Beli Sekarang

Educated (Tara Westover)

article image

Image source: bacononthebookshelf.com

Educated karya Tara Westover akan membuat kamu berpikir ulang tentang gaya hidup modern ala barat. Walaupun gaya hidup modern ala barat terkesan bebas, ternyata tidak semua orang di barat hidup seperti itu. Melalui buku ini, kamu akan menyelami kehidupan penulis yang lahir di keluarga konservatif.

Kamu mungkin akan terkejut mengetahui ayah Tara tidak mengizinkannya belajar di sekolah umum dan justru mengarahkannya menjadi bidan dan dokter pengobatan alternatif seperti ibunya. Tara kemudian belajar sendiri untuk dapat menembus universitas top dunia. Buku Educated harus masuk dalam kumpulan buku non fiksi yang wajib kamu miliki.

What If? Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions (Randall Munroe)

article image

Image source: cannonballread.com

Buku karya Randall Munroe ini pantas masuk dalam kumpulan buku non fiksi terbaik dan wajib kamu miliki. What If? Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions tidak hanya cocok dibaca untuk orang dewasa tetapi cukup ringan dibaca oleh remaja.

Dalam buku ini terdapat beragam pertanyaan absurd yang dijawab secara ilmiah dan penuh humor oleh Munroe. Pertanyaan aneh yang akan kamu temukan di buku ini antara lain bagaimana jika setiap orang mempunyai satu soulmate yang ada di suatu tempat di muka bumi? Apa akibatnya bila terjadi gempa yang sangat besar di New York. Jangan khawatir bakal pusing, Munroe akan memberi jawaban berdasarkan sains yang akan membuat kamu penasaran.

Cek juga buku-buku rekomendasi lainnya di bawah ini:

Products


Itulah kumpulan buku non fiksi terbaik yang wajib kamu miliki. Tidak seperti buku non fiksi kebanyakan, buku-buku tadi bisa kamu baca dengan santai dan jauh dari kata membosankan. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Articles

Malls

featured image source: kompasiana.com