9 Menu Buka Puasa Irit dan Tetap Nikmat, Wajib Dicoba

Untuk para perantau seperti mahasiswa atau karyawan,
berbuka puasa bisa menjadi tantangan sendiri, apalagi ditengah-tengah wabah COVID-19 yang sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari. Sebagian besar orang mengalami penurunan income karenanya dan imbasnya, berbuka puasa hanya ala kadarnya saja. Tapi sebenarnya kamu tetap bisa menyantap menu buka puasa yang tidak cuma irit, tapi juga nikmat! Penasaran? Berikut rekomendasinya:

Pecel Lele

article image

Image source: review.bukalapak.com

Siapa yang tidak kenal dengan pecel lele? Makanan merakyat yang lezat, mudah ditemui, sekaligus bergizi ini sudah menjadi menu makan populer bagi semua kalangan. Di luar sana, berbagai hidangan pecel lele bisa dijumpai di warung-warung kaki lima hingga rumah makan.

Di warung kaki lima yang buka sore hingga tengah malam, kita bisa mendapatkan dua ekor lele goreng lengkap dengan sambal, lalapan, dan nasi putih dengan harga tidak lebih dari Rp 25.000 saja, tapi jika memasak sendiri, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja.

Nasi Pecel

article image

Image source: food.detik.com

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner legendaris yang satu ini? Nasi pecel adalah salah satu makanan khas Jawa Timur dengan cita rasa dan tampilan yang kurang lebih mirip dengan karedok khas Jawa Barat. Bedanya, nasi ini menggunakan bumbu pecel sebagai bahan dasar, sesuai dengan namanya. Nasi pecel adalah menu buka puasa irit yang sangat mudah dan praktis.

Kamu bisa buat sendiri di rumah, cukup dengan membeli beberapa bahan sayuran seperti kangkung, taoge, kacang panjang, dan juga bumbu pecel kemasan di warung kelontong. Rebus semua bahan sayuran hingga matang, lalu larutkan bumbu pecel dengan air hangat.

Tahu dan Tempe Goreng + Sambal Kecap

article image

Image source: warungikancakyu.com

Tahu dan tempe termasuk makanan tinggi protein yang sudah sangat umum ditemukan sehari-hari. Dua makanan ini memang merupakan makanan khas Indonesia yang harganya sangat murah dan selalu menjadi primadona.

Dikala kantong menipis untuk menyiapkan menu buka puasa, tahu dan tempe goreng bisa dijadikan menu andalan. Dengan modal Rp 5.000 saja kita sudah bisa membawa pulang sepaket tahu dan tempe ke rumah. Tinggal sediakan saus sambal kecap untuk pelengkap.

Bihun Goreng Campur Telur

article image

Image source: kasihabadi03.blogspot.com

Menu buka puasa irit berikutnya adalah bihun goreng campur telur. Cara membuat bihun goreng telur ini sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi goreng. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bihun mentah, bawang merah, bawang putih, garam, merica, telur, kecap manis, dan minyak goreng.

Kamu juga bisa berbuka puasa dengan mie shirataki yang sehat dan mengenyangkan:

Mie Shirataki

article image

Beli Sekarang

Telur Penyet dan Sambal Terasi

article image

Image source: reseptelur-ayomasak123.blogspot.com

Telur penyet bisa dibuat dari telur rebus yang digoreng, telur ceplok, atau telur dadar. Kamu hanya perlu membuat sambal terasinya saja sebagai pelengkap. Setelah kedua bahan siap disajikan, masukkan telur ke dalam ulekan kemudian baluri dengan sambal.

Sup Kacang Merah

article image

Image source: jogja.tribunnews.com

Sup kacang merah merupakan salah satu menu makan paling umum yang sering dijumpai di warteg atau di rumah makan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sup kacang merah yaitu kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau bisa juga kaldu sapi.

Sayur Bening

article image

Image source: food.detik.com

Jika ingin membuat sesuatu yang praktis dan murah meriah untuk menu buka puasa ataupun sahur, sayur bening bisa kamu coba. Bahan-bahan untuk membuat sayur bening yaitu bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Tumis Kangkung Terasi Pedas

article image

Image source: okezone.com

Tumis kangkung memang bisa bikin ketagihan, untuk kamu
yang doyan hidangan ini, cobalah tumis kangkung terasi pedas. Cara pembuatannya kurang lebih sama dengan tumis kangkung biasa, di sini kamu hanya perlu menambahkan cabai rawit, cabai merah besar, dan terasi secukupnya ke dalam bahan bumbu.

Karedok Leunca

article image

Image source: cookpad.com

Warga Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Karedok leunca adalah semacam sambal yang terbuat dari leunca atau ranti dan sedikit daun kemangi. Karedok leunca cocok disajikan dengan apa saja, mulai dari gorengan, telur dadar, ikan asing, atau kerupuk. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat karedok leunca adalah cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, gula merah, terasi udang, kencur, garam, penyedap rasa, ranti, dan daun kemangi.

Products

Baca juga artikel rekomendasi buka puasa lainnya di bawah ini:

Articles


Itu dia beberapa rekomendasi menu buka puasa irit yang bisa kamu coba. Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan!

Malls

featured image source: food.detik.com