Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya Untuk Liburan Seru di Tahun 2020

Momen awal tahun masih belum berakhir, dan ini adalah saat yang tepat untuk membuat agenda liburan di sepanjang tahun 2020 agar persiapan bisa lebih matang dan terencana. Pertanyaannya, destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi tahun ini? Kalau masih bingung, berikut Gotomalls bagikan rekomendasi tempat wisata di Makassar dan sekitarnya!

Tempat Wisata di Makassar 2020

article image

Image source: dasiatravels.com

Orang-orang menyebut kota Makassar dengan banyak julukan, salah satunya “Kota Anging Mammiri” yang berarti ‘kota dengan hembusan angin sepoi-sepoi basah’. Kota Makassar memiliki banyak pantai dengan hembusan angin lembut di sepanjang siang dan sore hari, tak heran jika ia mendapat julukan tersebut.

Pantai Losari

article image

Image source: eljohnnews.com

Haram hukumnya berwisata ke Makassar tanpa berkunjung ke Pantai Losari yang sudah menjadi ikon kebanggaannya. Pantai Losari tidak seperti pantai-pantai eksotis pada umumnya yang memiliki hamparan pasir putih, pantai ini justru terdiri dari ruang publik seperti anjungan-anjungan, monumen, dan spot-spot rekreasi lainnya.

Walaupun begitu, pantai ini tidak kehilangan ciri khasnya sebagai pantai dengan pemandangan indah. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berfoto dengan latar belakang monumen tokoh-tokoh terkenal, jalan kaki menyusuri anjungan, hingga berburu produk hasil laut.

Pulau Kodingareng Keke

article image

Image source: superadventure.co.id

Pulau Kodingareng Keke adalah salah satu pulau tak berpenghuni di Makassar dengan panorama alam bahari yang sangat menakjubkan. Keindahan pantainya pun sudah cukup terkenal di kalangan pemburu spot diving mancanegara. Pulau yang berjarak sekitar 14 km dari Pantai Losari ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menjelajahi alam Sulawesi.

Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan perlengkapan diving sendiri karena di sana tidak terdapat fasilitas umum. Dan ingat, jangan buang sampah sembarangan ya!

Pulau Samalona

article image

Image source: kataomed.com

Tempat wisata di Makassar lainnya yang masih berdekatan dengan Pantai Losari dan Pulau Kodingareng Keke, yaitu Pulau Samalona sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pulau ini sudah dihuni masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk menemukan berbagai akomodasi wisata yang diperlukan.

Selain pemandangannya yang indah, banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di Pulau Samalona, seperti snorkeling, diving, banana boat, dan masih banyak lagi. Pulau Samalona bisa dijangkau menggunakan speed boat dari pesisir kota Makassar selama 20 – 30 menit.

Benteng Ujung Pandang

article image

Image source: makassar.singgasanahotels.com

Benteng Ujung Pandang atau dikenal juga sebagai Fort Rotterdam adalah bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang pernah menjadi markas pasukan katak kesultanan pada masanya.

Benteng ini memiliki gaya arsitektur yang sangat unik dan penuh dengan makna filosofis. Kalau kamu ingin mengenal lebih jauh sejarahnya, datanglah ke Benteng Ujung Pandang di pantai barat kota Makassar.

Taman Nasional Bantimurung

article image

Image source: lilyrianitravelholic.blogspot.com

Taman Nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros, sekitar 45 km perjalanan dari pusat kota Makassar. Taman Nasional ini dijuluki sebagai “kerajaan kupu-kupu”. Di sini, kamu bisa menemukan 250 spesies kupu-kupu berbeda, di mana 20 di antaranya merupakan spesies dilindungi.

Sebagai tempat wisata, Taman Nasional Bantimurung menawarkan sejumlah daya tarik, mulai dari karst dan gua-gua indah untuk dijelajahi, pemandangan alam hijau, air terjun, sampai gua-gua prasejarah.

Benteng Somba Opu

article image

Image source: elsqueen-wisata.co.id

Selain Benteng Ujung Pandang, Kesultanan Gowa juga masih memiliki beberapa benteng peninggalan, salah satunya Benteng Somba Opu. Benteng ini dibangun atas perintah Raja Gowa IX Daeng Matanre Karaeng Tumapa'risi' Kallonna pada abad ke-16.

Untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah peradaban dan kebudayaan di Sulawesi Selatan, Benteng Somba Opu adalah destinasi yang tepat. Di sini terdapat banyak sekali artefak bersejarah yang mewakili suku-suku asli Sulawesi Selatan.

Taman Nasional Taka Bonerate

article image

Image source: felisblog.web.id

Taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kwajifein dan Suvadiva. Atol sendiri merupakan gugusan terumbu karang dengan formasi yang saling terhubung dan mengelilingi sebuah laguna. Taman nasional ini juga telah menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 2005.

Taman Nasional Taka Bonerate adalah rumah dari 295 jenis ikan karang, 244 jenis moluska, 261 jenis terumbu karang, dan masih banyak lagi. Sebagai kawasan ekowisata yang dilindungi, daya tarik taman laut ini sangat bervariasi dan terawat. Banyak aktivitas edukatif dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini.


Bagaimana? Sudah kamu tentukan destinasi mana saja yang akan dikunjungi untuk agenda liburan tahun ini? Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi menarik seputar destinasi wisata lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: luxurytopics.com