Rich Brian, Rapper Fenomenal Asal Indonesia dan 6 Fakta Menarik Seputar Kariernya

Siapa yang tidak kenal dengan Rich Brian? Sosoknya yang telah mendunia ini sering menjadi sorotan netizen Indonesia, khususnya di kalangan milenial muda. Lahir dengan nama asli Brian Imanuel Soemarno di Jakarta pada 20 tahun silam, Brian kini dikenal luas sebagai rapper asal Indonesia yang telah sukses merajut kariernya di industri musik hip-hop dunia. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam perkembangan industri hiburan tanah air. Mengingat jumlah musisi Indonesia yang sukses berkarir di dunia internasional masih bisa dihitung jari.

Rich Brian mulai naik daun setelah tergabung dalam label 88rising, perusahaan media masa yang juga bergerak di bidang industri musik. Untuk menambah wawasan kamu tentang sosok Rich Brian yang telah mengharumkan nama Indonesia, kali ini kita akan membahas mengenai 6 fakta menarik seputar karier Rich Brian!

1. Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

article image

Image source: iNews.id

Syarat mutlak bagi seseorang yang ingin meniti karier di level global adalah menguasai bahasa Inggris. Baik secara verbal ataupun tertulis. Brian diketahui sering menonton video-video di Youtube dan juga mendengarkan musik-musik barat seperti Childish Gambino, 2 Chainz dan Macklemore sebagai sarana belajar bahasa Inggris. Teknik otodidak seperti ini terbukti sukses, bahkan skill bahasa Inggrisnya sangat fasih dan identik seperti penutur aslinya.

2. Rapper Asal Jakarta

article image

Image source: Kumparan

Seperti yang sudah kita bahas di awal, Rich Brian dikenal luas sebagai seorang rapper asal Indonesia, lebih tepatnya Jakarta. Brian juga menulis sendiri lirik-lirik musiknya dalam bahasa Inggris. Beberapa lagu Rich Brian yang paling populer adalah “Dat $tick”, “Who Dat Be” dan “History”.

3. Karya

article image

Image source: Fimela.com

Sepanjang kariernya, Rich Brian sudah menciptakan sejumlah judul-judul lagu yang sukses memancing respons masif dari para penggemar musik hip-hop. Tapi di antara sekian judul lagu yang ia ciptakan, “Dat $tick” merupakan salah satu karya yang berhasil mengantarkannya menuju level baru. Selain itu, beberapa hits terkenal lainnya adalah “Who Dat Be”, “Watch Out”, “Chaos”, “Glow Like That”, “Crisis ft 21 Savage”, “History”, “Cold”, “Introvert ft Joji”, “See Me”, “Occupied” dan yang terbaru ada “Kids” dari album bertajuk “The Sailor”.

4. Nama Panggung

article image

Image source: AsiaOne

Rich Brian memiliki nama asli Brian Imanuel Soemarno. Sebelum “Rich Brian” digunakan sebagai nama panggung, ia sempat memiliki nama panggung lain, yaitu “Rich Chigga”. Akan tetapi, karena nama tersebut terdengar agak sensitif (perihal kultur), ia pun mengganti “Chigga” menjadi “Brian”, dan kini nama Rich Brian sudah melekat dengan dirinya. Hal ini sempat ia ungkapkan juga melalui akun Twitter-nya @richbrian pada awal Januari 2018. Mengingat kariernya sudah berada di level internasional, dan penggemarnya pun berasal dari berbagai belahan dunia, Brian tidak ingin mengambil risiko gara-gara nama panggungnya yang dulu.

5. Video Klip Ditonton 128 Juta Orang

article image

Image source: Know Your Meme

Channel Youtube “Rich Brian” pertama kali dibuat pada 8 April 2014. Dua tahun kemudian, video klip “Dat $tick” diunggah. Sampai artikel ini dibuat, lagu yang telah membuatnya naik daun itu sudah ditonton sebanyak 128 juta kali, dengan jumlah subscribers di atas 1 juta. Sementara video klip Rich Brian lainnya sudah ditonton sebanyak belasan hingga puluhan juta view. Salah satu lagu terbarunya dari album “The Sailor” yang berjudul “100 Degrees” sudah ditonton sebanyak 9,2 juta kali semenjak diunggah 3 minggu yang lalu.

6. Prestasi dan Penghargaan

article image

Image source: IDN Times

Sebagai seorang musisi kelas dunia, tentu saja Rich Brian memiliki sejumlah prestasi dan penghargaan yang telah diraih. Pada 2017 misalnya, Brian berhasil masuk dalam nominasi “Artist of The Year” dalam ajang Indonesian Choice Award (ICW) dan keluar sebagai pemenang. Sedangkan di tingkat internasional, Brian pernah masuk dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” terbitan majalah Forbes. Daftar tersebut merunut 30 orang Asia paling berpengaruh dan inspiratif yang berusia di bawah 30 tahun.


Sepak terjang Rich Brian di industri hip-hop dunia berhasil membuktikan bahwa siapa pun memiliki kesempatan untuk sukses berkarya di level global. Semoga apa yang dilakukan Rich Brian bisa menginspirasi pemuda-pemudi Tanah Air untuk berjaya di dunia internasional! Ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar hiburan dan gaya hidup lainnya hanya di GoToMalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Articles

featured image source: beritagar