Yuk Intip Cantiknya Rumah Kecil Minimalis Bergaya Industrial

Berbicara tentang gaya dan desain rumah yang populer, maka rumah kecil minimalis menjadi salah satu yang paling cukup sering digunakan saat ini. Mengingat tampilannya yang simpel, namun tetap elegan dipandang. Apalagi jika kamu memiliki rumah yang dibangun di lahan yang kurang begitu luas, maka penerapan gaya rumah minimalis adalah pilihan tepat. Namun agar tampilan rumah tak monoton begitu saja, kamu bisa menerapkan tema yang unik untuk membuat tampilan rumah semakin menarik. Salah satunya dengan menggunakan desain industrial, desain ini memang jarang digunakan para pemilik rumah karena memang konsepnya yang terlihat sulit saat membangun serta dibutuhkan maintenance yang berkala. Meskipun demikian tetap saja konsep ini sangat unik dan menarik untuk diterapkan di dalam rumah.

Bagi pemilik rumah yang menerapkan desain industrial ke dalam rumah minimalis yang mereka miliki mengharapkan bisa tercipta suasana yang hangat dan alami di dalamnya. Mengingat komponen dan material yang digunakan dipenuhi dengan penggunaan besi, kayu, hingga tembok yang tidak dilengkapi finishing cat. Bagi kamu yang menginginkan tampilan rumah bergaya minimalis industrial, maka inspirasi rumah di bawah ini akan sangat membantu.

Kehadiran Elemen Kayu Sangat Wajib

article image

Image source: arsitag.com

Jika berbicara tentang rumah kecil minimalis bergaya industri, maka elemen yang wajib ada di dalam rumah tersebut adalah elemen kayu. Tidak harus selalu menggunakan kayu yang baru, bahkan kayu yang sudah berusia lama maupun unfinished akan menampilkan nilai tersendiri untuk rumah industrial yang kamu bangun. Ini akan membuat tampilan rumah semakin unik dan berbeda dibandingkan dengan rumah lainnya. ada banyak furnitur maupun material yang dapat menggunakan kayu sebagai bahannya. Seperti misalnya untuk penghias langit-langit rumah. Kamu bisa memilih jenis kayu yang cukup kuat untuk penopang atap. Atau kamu juga bisa menggunakannya untuk lantai, meja, kursi, rak, dan dekorasi rumah lainnya. Dengan begitu tampilan rumahmu akan semakin tampak industrialnya.

Tembok Yang Terekspos Tanpa Finishing

article image

Image source: fabelio.com

Ciri lainnya yang tampak dalam rumah industrial adalah tembok yang terekspos dan tanpa finishing. Biasanya rumah industrial lebih sering menggunakan batu bata sebagai material dinding. Setelah ditata dengan baik, batu bata akan dibiarkan begitu saja tanpa tambahan semen maupun cat dinding. Bata yang terekspos ini akan semakin memberikan warna baru untuk dinding rumahmu. Untuk dinding bata yang terekspos ini tak seluruhnya kamu gunakan pada dinding rumah. pilih saja satu sisi dinding ruangan yang akan didesain dengan konsep bata terekspos. Sentuhan kecil ini saja bisa memberikan dampak yang besar bagi tampilan rumah industrial yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa menambahkan Lampu Hias Gantung.

Paket Lampu Hias Gantung Interior Minimalis Modern Tiga Kubus Segitiga

article image

Beli Sekarang

Pipa, Balok dan Langit-langit Terbuka

article image

Image source: ikons.id

Rasanya ini akan benar-benar membuat tampilan rumah kecil minimalismu bergaya industrial. Meninggalkan elemen struktural serta mekanik yang terbuka adalah ciri khas dari gaya rumah industrial soal ekspos ini memang menjadi hal yang cukup unik dan digemari yang bisa diterapkan dalam penataan interior rumah modern industrial

Gunakan Lantai Beton Yang Dipoles

article image

Image source: media.rooang.com

Untuk perihal lantai, jika kamu ingin memperlihatkan nuansa yang khas industri maka akan lebih baik untuk menggunakan model lantai beton yang dipoles. Ini adalah cara yang praktis dan ekonomis untuk menerapkan gaya rumah kecil minimalis industrial. Meskipun kamu bisa menggunakan material lainnya selain kayu, namun tetap saja lantai beton akan semakin menampilkan efek kasar dan ke tidak sempurnaan yang membuatnya malah terlihat menakjubkan. Bahkan dengan tambahan sedikit tambalan akan membuat perbedaan pada rumahmu.

Banyak Ruang Terbuka Tanpa Atasan

article image

Image source: fimela.com

Ruang terbuka juga perlu kamu terapkan dalam gaya rumah industrial. Ruangan terbuka tanpa adanya sekat akan memberikan kesan luas tak terbatas. Akan sangat cocok pastinya diterapkan pada rumah kecil minimalis yang dibangun di lahan yang terbatas. Jika biasanya ada lapisan tambahan pada bagian langit-langit rumah, maka untuk rumah industrial bagian seperti ini ditiadakan. Trik ini akan menunjukkan aksen rumah industrial yang sangat khas, ditambah dengan komponen pipa air atau udara yang tampak sangat jelas.
Namun, jika kamu kurang begitu suka dengan model langit-langit yang terbuka, kamu bisa mengatasinya dengan penggunaan jendela berukuran besar. Ini sama saja efeknya untuk memberikan kesan yang luas dalam sebuah ruangan. Gunakan frame jendela yang terbuat dari kayu atau besi yang tua atau pernah digunakan. Sesekali kamu bisa memasang sekat terbuka untuk memisahkan ruangan yang ada tanpa membuatnya terlihat sesak.

Pilihan Dekorasi Yang Tepat

article image

Image source: bluprin.com

Semua hal yang kamu lakukan dalam mendesain rumah kecil minimalis bergaya industri tak akan lengkap jika tidak didampingi dengan pemilihan dekorasi yang tepat. Kamu harus mengimbangi elemen-elemen struktural yang terekspos tersebut dengan sentuhan yang lembut dari dekorasi dan perabotan yang bergaya industrial. Seperti bantal, sofa, karpet, dan lainnya yang bisa memberikan keseimbangan visual yang cukup menarik dan kontras. Bahkan seperti tanaman pun, juga bisa menghiasi rumah industrial yang dapat membawa kesegaran dan kehangatan dalam rumah.


Rumah kecil minimalis bergaya industrial memang terkesan tua, namun tampilannya memberikan kepribadian yang cukup unik serta membawa kehangatan untuk penghuni di dalamnya. Bukanlah hal yang sulit untuk menerapkan gaya industrial ke dalam rumah minimalis, yang penting kamu memahami apa yang bisa membuat rumah industrial tersebut berbeda dibandingkan rumah bergaya lainnya.

Products

Untuk membeli kebutuhan rumah kecil minimalis, kamu bisa mengandalkan Informa, Mitra 10 dan Ace Hardware serta temukan lokasinya di Gotomalls. Gotomalls adalah aplikasi berbasi website yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: impressiveinteriordesign