Desainer Indonesia dengan Karya yang Telah Diakui Dunia

Kamu pasti sudah mengenal Ralph Lauren, Tom Ford atau Donatella Versace sebagai desainer terhebat yang telah dikenal dunia. Nama-nama tadi memang sudah tidak asing di telinga pencinta fashion dan karya-karya mereka sudah tidak perlu diragukan lagi di kancah internasional.

Namun tahukah kamu bahwa Indonesia juga memiliki desainer-desainer yang karyanya juga telah diakui dunia? Indonesia patut berbangga karena memiliki desainer hebat yang tidak hanya berprestasi di negara sendiri, tetapi juga mencatatkan namanya di kancah dunia.

Siapa saja desainer Indonesia yang karyanya telah diakui dunia? Yuk simak deretan desainer Indonesia mendunia berikut ini.

[

Tex Saverio

article image

Image source: fimela.com

Tex Saverio merupakan desainer Indonesia yang dikenal dengan rancangan adibusana. Ia juga turut andil membuat nama desainer Indonesia mendunia dengan karya-karya yang luar biasa. Dia bahkan dijuluki sebagai Alexander McQueen Indonesia.

Desainer muda ini mengenyam pendidikan di Bunka School of Fashion dan Phalie Studio Jakarta. Karyanya mengundang decak kagum di Jakarta Fashion Week dan Paris, serta ulasan positif dari berbagai majalah fashion seperti Harper's Bazaar dan Elle. Hebatnya lagi, rancangannya telah dipakai oleh Lady Gaga untuk kampanye parfum 'Fame' dan Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games: Catching Fire.

Koleksi Tex Saverio sudah tersedia di Amerika Serikat dan Eropa. Salah satu keinginan desainer muda ini adalah rancangannya dapat dipakai oleh Angelina Jolie. Semoga bisa segera terwujud ya.

Sebastian Gunawan

article image

Image source: kirani.id

Sebastian Gunawan masuk dalam daftar desainer Indonesia mendunia berikutnya. Ia juga dikenal dengan karya adibusana yang high class atau haute couture. Ia sudah malang melintang di industri fashion internasional lho!
Desainer yang juga dikenal dengan nama Seba ini pernah mengadakan fashion show di Hong Kong, Kuala Lumpur, China, Bangkok dan Paris Haute Couture Week 2016. Karyanya pun tidak main-main, gaun emas strapless rancangannya mencuri perhatian saat dikenakan Halle Berry di Costume Designer Guild Awards ke-21 2019.

Tidak hanya itu, gaun rancangan Seba juga pernah dipakai oleh Rumer Willis di acara Elton John AIDS Foundation dan penyanyi Kesha saat tampil di acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Rinaldy Yunardi

article image

Image source: tribunnews.com

Desainer Indonesia mendunia yang satu ini dikenal dengan rancangan aksesoris dan perhiasan mewahnya. Karya Rinaldy Yunardi atau juga dikenal dengan nama Yungyung ini menghiasi pernikahan mewah artis-artis tanah air seperti Chelsea Olivia dan Sandra Dewi.

Nah, yang membanggakan lagi, aksesoris rancangan Yungyung pernah dipakai oleh Nicki Minaj di video klip No Frauds pada 2017 lalu. Bahkan Nicki Minaj seperti ketagihan memakai rancangan Yungyung. Ia mengenakan kostum mini dress hitam untuk video klip Goodbye.

Seolah belum cukup mengundang decak kagum, Yungyung juga membuat sepatu boots khusus untuk Katy Perry yang dikenakan penyanyi itu di video klip Chained to The Rhythm. Sama seperti Nicki Minaj, Katy Perry kembali memakai karya Yungyung, yakni topi beret bertabur kristal saat tampil di acara Ellen Show. Selain dua penyanyi tadi, karya desainer ini juga pernah dipakai oleh Beyonce, Kylie Jenner, Gal Gadot, Taylor Swift, Mariah Carey hingga Madonna.

Fahrani Empel

article image

Image source: beritagar.id

Model dan aktris Fahrani Empel juga masuk dalam daftar desainer Indonesia mendunia lho. Ia mendirikan Cast Eyewear pada 2011 lalu dan menjadi desainer kacamata hitam. Selain Cast Eyewear, ia juga memiliki merek Pawaka.
Desain kacamata Fahrani terlihat berbeda dari desain kacamata pada umumnya. Produk Cast Eyewear memiliki desain yang unik, bahkan terkesan nyeleneh. Jadi tidak heran rancangan Fahrani pernah dipakai oleh Lady Gaga yang juga terkenal dengan gaya fashion yang tidak biasa.

Selain Lady Gaga, kacamata rancangan Fahrani juga pernah dipakai oleh Dakota Fanning, Rihanna, Cara Delevigne dan Tyra Banks. Kacamata label Pawaka milik desainer nyentrik ini pun dikenakan Agnez Mo di video klip Damn I Love You.

Nancy Go

article image

Image source: medanbisnisdaily.com

Desainer Indonesia mendunia berikutnya adalah Nancy Go. Desainer dikenal dengan merek tas Bagteria yang ia dirikan pada 2000 lalu. Bagteria memiliki desain yang unik dan klasik, dan pernah diliput majalah L'Officiel, Vogue dan Harper's Bazaar.

Bahan yang digunakan Nancy Go untuk tas rancangannya tidak main-main mulai dari kristal swarovski, kulit ikan dari Islandi, kulit burung unta hingga gading mamooth dari Siberia pernah dipakainya. Ia juga pernah menggunakan bahan dari Indonesia seperti kulit ular piton dan kerajinan perak khas Bali. Ia memang menyukai bahan-bahan yang cenderung nyeleneh karena menjadi tantangan sendiri, hasilnya harga produk Bagteria pun tidak murah dan diproduksi secara eksklusif.

Kini butik Bagteria sudah tersebar di Indonesia dan berhasil menembus pasar dunia. Beberapa nama top yang pernah menggandeng tas rancangan desainer kelahiran Brazil ini diantaranya Emma Thompson, Audrey Tautou, Blake Lively, Paris Hilton dan Putri Zara Phillips.

Peggy Hartanto

article image

Image source: generationt.asia

Peggy Hartanto adalah desainer Indonesia mendunia asal Surabaya yang sangat berbakat. Ia dikenal sebagai perancang High End Ready to Wear dan telah meraih gelar Fashion of Design and Commerce sekaligus menjadi mahasiswa terbaik di Raffles College Sydney.

Peggy mulai mengeluarkan brand atas namanya pada 2011. Rancangannya memiliki garis desain minimalis tetapi unik. Koleksi rancangannya pun sudah tidak asing lagi untuk pasar luar negeri dan pernah dikenakan oleh artis-artis papan atas Hollywood.

Rancangan Peggy pernah dipakasi oleh Bella Thorne, Giuliana Rancic, Odette Annabel, Gwen Stefani hingga Gigi Hadid. Karya desainer muda ini juga sudah malang melintang di berbagai panggung fashion mancanegara seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia dan Prancis. Ia bahkan pernah masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia: The Arts, untuk orang-orang yang berpengaruh di bidang seni.


Itulah beberapa desainer Indonesia mendunia yang karyanya telah diakui di mancanegara. Perjalanan karier dan prestasi mereka telah menginspirasi anak-anak muda Indonesia yang memiliki impian untuk go international. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: herworld.co.id