Hari Guru Nasional

Pada tanggal 25 November biasa diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hari spesial untuk para guru ini tidak lain dari bentuk apresiasi terbesar bagi para guru yang telah berjasa mendidik murid-muridnya tanpa rasa lelah.

Namun dibalik itu, sudahkah kamu tahu sejarah dan alasan Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November pada tiap tahunnya? Yuk sama-sama kita mengenal sejarahnya.

Sejarah Hari Guru Nasional

article image

Image source: medcom.id

Pada tahun 1912 dibentuklah sebuah organisasi yang disebut Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Mereka tidak melawan penjajah seperti para pejuang lainnya, melainkan memberantas kebodohan dan memperjuangkan nasib anggotanya yang memiliki latar pendidikan berbeda.

Lambat laun, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932. Perubahan nama tersebut membuat pemerintah Belanda kaget karena menyematkan Indonesia dalam nama organisasi. Menurut pemerintah Belanda, nama tersebut dirasa sebagai ancaman untuk mereka.

Sejak itu, perjuangan untuk memerdekakan Indonesia pun semakin kuat didukung para guru. Sayangnya, di zaman penjajahan Jepang, PGI tidak lagi aktif melakukan kegiatan karena organisasi dilarang. Hingga akhirnya Indonesia merdeka dan PGI pun menggelar Kongres Guru Indonesia pertama kali pada 24-25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah.

Hasil dari pertemuan tersebut memutuskan untuk menghapus perbedaan suku, ras. Agama, politik, dan lainnya untuk menjadi satu Indonesia. Dan pada tanggal 25 November, mereka akhirnya mengesahkan terbentuknya PGRI. Tanggal itu pula diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Perayaan Hari Guru Nasional

article image

Image source: okezone.com

Tidak seperti hari besar lainnya, seperti Hari Pahlawan. Hari Guru Nasional bukanlah tanggal merah. Pada 25 November sekolah dan pemerintah akan merayakannya dengan mengadakan upacara bersama.

Pada saat itulah biasanya ada ceremonial dan pemberian penghargaan pada guru yang berprestasi. Tidak hanya itu murid-murid biasanya juga akan memberikan tanda kasih pada guru mereka. Kalau ini sih tidak wajib, namun beberapa murid biasa melakukannya sebagai wujud terima kasih dan tanda sayang mereka.

Hymne Guru

article image

Image source: superprof.com

Ketika upacara memperingati Hari Guru Nasional, kelompok paduan suara biasanya akan menyanyikan lagu Hymne Guru. Lagu tersebut adalah buah karya dari seorang guru bernama Sartono. Ia adalah seorang guru berprestasi yang berhasil membawa lagu tersebut memenangkan lomba pada Hari Pendidikan Nasional pada 1980.

Jadi seperti itulah sekilas sejarah dan alasan diperingatinya Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November.

Malls

Articles

Feature Image Source: tataberita.com