Uniknya Semarak Perayaan 17 Agustus di Negeri Orang

Tidak lama lagi Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-74. Semangat dan semarak nasionalisme biasanya mulai terlihat, ada yang mulai sibuk mengadakan lomba-lomba 17 Agustus, menjual atribut merah putih, hingga persiapan lainnya menjelang hari "H". Atribut-atribut 17 Agustus seperti umbul-umbul pun mulai disiapkan dan dipasang di berbagai tempat. Gambar Garuda Pancasila dan ornamen patriotisme sudah mulai menghiasi mulut gang-gang di berbagai daerah Indonesia. Rasanya hal-hal itu sudah sangat wajar dilihat bagi kita yang tinggal di Indonesia.

Lantas bagaimana dengan saudara-saudara kita yang merantau jauh di negeri orang? Bisakah mereka merasakan semarak 17 Agustus di sana? Ternyata, warga Indonesia yang bermukim di luar negeri pun dapat merasakannya. Bahkan bisa dibilang setiap negara perayaannya tak kalah meriah dari Indonesia. Gema kemerdekaan yang ada di Indonesia turut dirasakan Warga Negara Indonesia (WNI) di negeri perantauannya. Walau berbeda tempat namun rasa patriotismenya sama, di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dari masing-masing negara tak pernah absen menyelenggarakan serangkaian kegiatan 17 Agustus. Mulai dari upacara bendera hingga lomba Agustusan pun dilakukan dengan cukup meriah. Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di luar negeri memberikan dampak positif sesama WNI untuk saling mempererat persaudaraan.

Semarak 17 Agustus

article image

Image source: aa.com.tr

Perayaan 17 Agustus di luar negeri dimulai dengan pengumuman undangan. WNI yang tinggal di satu negara akan mendapatkan undangan resmi dari KBRI di negara tersebut. Secara otomatis, mereka pun akan diminta untuk mengikuti acara 17 Agustus di KBRI. Ada undangan yang biasa dikirim melalui jejaring sosial ada pula yang disebar langsung dengan surat. Setelah mendapatkan undangan barulah WNI ini akan mengikuti serangkaian kegiatan. Beberapa negara bisa mengadakan kegiatan lomba 17 Agustus jauh-jauh hari sebelumnya. Misalnya di Tokyo, New Jersey, Chicago, dan Connecticut, tahun-tahun lalu negara ini melakukan kegiatan agustusan sepekan bahkan dua pekan sebelum tanggal 17 Agustus.

WNI Berkumpul di KBRI

article image

Image source: dwplondonmedia.wordpress.com

Seperti di Perancis misalnya, WNI yang tinggal di sana baik kuliah atau pun bekerja akan diundang KBRI untuk mengikuti makan bersama dan upacara bendera. Setelah WNI berkumpul, ibu-ibu yang suaminya bekerja atau kuliah di Perancis lantas memasak berbagai makanan untuk disantap bersama-sama.

Berbeda pula dengan yang diadakan di Belanda. KBRI di negeri kincir angin punya treatment khusus untuk WNI-nya yang tinggal di sana. Berbagai kegiatan perlombaan 17 Agustus pun menambah kegembiraan WNI. Biasanya KBRI di Belanda mengadakan sepeda gembira serta lomba permainan anak dan orang tua yang dipusatkan di Sekolah Indonesia di Wassenar, Den Haag. Bersepeda santai dilakukan di sekitar kota Den Haag. Mereka yang mengikuti kegiatan 17 Agustus ini akan mengelilingi kota beramai-ramai dan kemudian dilanjutkan dengan lomba bersama anak dan orang tua. Puncak perayaan adalah upacara bendera merah putih yang dilakukan secara formal. Sungguh menyenangkan.

Acara 17 Agustusan yang Khas

article image

Image source: suratdunia.com

Lain negara lain pula kegiatannya. Walau tinggal di negeri konflik, WNI yang tinggal di Gaza tetap bisa merayakan 17 Agustus secara hikmat. Acara di sana biasanya dilakukan dengan mengundang tokoh-tokoh Palestina, kerabat, teman, dan saudara. Setiap tahunnya pun di Palestina melakukan kegiatan yang berbeda-beda. Intinya kegiatan tersebut dapat merekatkan WNI dan merasakan tempat perantauannya serasa negeri sendiri.

Berikutnya KBRI di Tokyo, seperti tahun-tahun sebelumnya akan mulai menggelar kegiatan perayaan kemerdekaan RI sejak satu pekan sebelumnya. Mereka biasa menggelar tenis meja antar warga Indonesia, hal yang sama dengan KBRI di Oslo. Di Oslo perayaan telah dimulai sejak akhir Juli. Perlombaan-perlombaan seperti bulu tangkis, tenis meja, hingga biliar merupakan kegiatan paling familier dilakukan untuk menyemarakkan HUT RI di negeri orang.

Selain kegiatan-kegiatan olahraga di atas, WNI yang ada di luar negeri pun juga kerap mengadakan lomba seperti layaknya 17 Agustus di Indonesia. Misalnya main kartu gaple, balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya.

Di Buenos Aires misalnya, KBRI di sana lebih senang menggelar pertandingan tenis meja, boling, dan catur untuk memeriahkan HUT RI. Tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di KBRI Kolombo. Mereka juga mengadakan pertandingan biliar, bulu tangkis, ditambah dengan futsal. Mengharukan serta menyenangkan tentunya.

Sudah punya belum, kaos kemerdekaan RI yang ke 74? Dapatkan sekarang.

Kaos 17 Agustus 74 Tahun Indonesia Merdeka

article image

Beli Sekarang

Lomba 17 Agustus

article image

Image source: bobo.grid.id

Lomba tarik tambang, memancing ikan, dan membawa kelereng pun dilakukan di berbagai negara untuk mengingatkan dan bernostalgia tentang perayaan di Indonesia. Berbeda dengan di Bern, Swiss, di negara ini ada lomba pemilihan ratu kemerdekaan. Wah, makin menarik ya merayakan HUT RI di negeri orang. Inilah tradisi Warga Indonesia, tidak hanya semata-mata merayakan kemerdekaan saja, kegiatan ini juga menambah keharmonisan antar WNI di negeri orang. Kegiatan ini juga jadi ajang berkumpul, saling silaturahmi, dan melepas rindu tanah air dan keluarga di Indonesia tentunya.

Mengajak Warga Lokal Untuk Merayakan

article image

Image source: mediatama.com

Acara 17 Agustus di luar negeri biasanya ditutup dengan makan bersama hidangan khas Indonesia, ada opor, rendang, dan nasi goreng tentunya. Tak lupa perayaan ini juga biasa mengajak warga lokal untuk merasakan semarak lomba dan mencicipi hidangan khas Indonesia. Merantau dan tinggal di negeri orang, bukan berarti semangat nasionalisme luntur.


Merayakan kemerdekaan di negeri orang justru lebih khidmat dan terasa perjuangannya. Tak jarang saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, peserta upacaranya meneteskan air mata karena bangga dan rindu Tanah Air. Sayang tidak semua WNI bisa merayakan kemeriahan 17 Agustus, karena tak semua negara mengadakannya. Di Korea misalnya, beberapa tahun terakhir sudah tidak ada lagi kegiatan perayaan Kemerdekaan. Namun demikian semangat dan jiwa patriotisme tetap wajib dikobarkan di mana pun kita berada. Jika di negeri orang saja bisa merayakan dengan sangat meriah, di Indonesia tentu tak kalah menyenangkan bukan?

Produk

Jangan lupa kunjungi Gotomalls.com dan cek juga event-event 17 Agustus yang diadakan di mall-mall terdekat di kota kamu.

Mall