Manfaat Melakukan Senam Kegel Sederhana Untuk Pria

Siapa bilang senam kegel hanya bisa dilakukan wanita? Kaum pria juga bisa lho melakukan senam kegel untuk mendapat berbagai manfaat kesehatan. Senam kegel sendiri memang sudah terbukti mampu memperkuat otot dasar panggul, otot yang berhubungan dengan kemampuan seksual seseorang.

Khusus untuk pria, rutin melakukan senam kegel sederhana mampu memperkuat otot bulbocavernosus dan otot pubococcygeus (PC) yang berperan penting dalam mempertahankan aliran darah selama ereksi, memompa saat ejakulasi, serta membantu mengosongkan uretra selepas buang air kecil.

Manfaat Senam Kegel Untuk Pria

article image

Image source: kentuckycare.net

Menurut hasil penelitian International Journal of Andrology, 50% pria mampu menahan orgasme setelah melakukan senam kegel, sehingga durasi aktivitas seksual bisa bertahan lebih lama.

Penelitian lain juga telah membuktikan hal serupa. Pada tahun 2010 – 2012, National Center for Biotechnology Information (NCBI) merilis hasil penelitian yang melibatkan 40 partisipan pria dalam program rehabilitasi otot panggul bawah.

Semua partisipan tersebut memiliki masalah ejakulasi dini ISSM (ejakulasi kurang dari 1 menit). Setelah menjalani program tersebut selama 12 minggu, 33 dari 40 partisipan mengalami peningkatan waktu ejakulasi.

Selain meningkatkan kemampuan seksual, manfaat lain yang bisa didapat adalah:

● Memelihara kesehatan prostat agar terhindar dari risiko kanker.
● Mencegah post-micturition dribble, yaitu kondisi ketika urine masih terus menetes sesudah buang air kecil.
● Mengatasi inkonsistensi urine (ketidakmampuan menahan desakan buang air kecil).

Cara Senam Kegel Sederhana Pria

article image

Image source: gq.com

Untuk melakukan senam kegel agar tahan lama, kita harus mengetahui otot mana yang perlu dilatih. Cara mudah untuk mengetahui letak otot tersebut adalah dengan meletakkan dua jari di belakang testikel saat buang air kecil.

Ketika sedang dalam proses berkemih, coba tahan aliran urine selama beberapa detik dan lanjutkan lagi. Di situ kamu akan merasakan kontraksi otot yang dimaksud, yaitu otot panggul pria bagian bawah atau pubococcygeus.

  1. Squeeze and release
    Untuk melakukan senam kegel sederhana pria bisa dimulai dengan mengencangkan otot tersebut selama 3 – 4 detik sambil berbaring. Setelah 3 detik, lepaskan tegangan dan ulangi prosesnya hingga 10 – 15 repetisi. Sensasi mengencangkan otot panggul bawah mirip seperti menahan aliran urine ketika proses berkemih atau menahan buang gas.

  2. Latihan secara rutin
    Lakukan latihan ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa melakukan senam kegel sebanyak 2 kali sehari, pada pagi saat bangun tidur dan malam sebelum tidur. Pastikan setiap repetisi terbagi dalam hitungan yang sama (3 detik kontraksi dan 3 detik relaksasi).

  3. Lakukan lebih cepat dan tambah repetisi
    Jika sudah terbiasa dengan latihan awal, kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat. Dari hitungan per 4 detik dikurangi menjadi 3 detik, dan seterusnya hingga setiap detik sekali. Tambahkan juga repetisi latihan menjadi 20 sampai 25 repetisi. Setiap kali repetisi terasa semakin ringan,
    tambahkan 5 repetisi lagi.

  4. Sambil duduk atau berdiri
    Pada tahap lanjutan, melakukan gerakan kegel tidak harus sambil berbaring. Kita bisa melakukannya sambil duduk atau berdiri. Kapan pun ketika ada kesempatan, lakukan latihan ini.

Tips Aman Melakukan Senam Kegel Sederhana Pria

article image

Image source: moxieandmettle.co.uk

Senam kegel sendiri memiliki teknik yang beraneka ragam. Namun teknik sederhana yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan latihan squeeze and release.
Terlepas dari teknik apa pun yang kamu terapkan, perlu diingat bahwa ada beberapa hal yang perlu diingat selama berlatih senam kegel.

● Pastikan kontraksi hanya terjadi di otot panggul bawah, bukan otot perut atau bokong.
● Ketika melakukan senam kegel posisi selangkangan harus terbuka. Jangan coba-coba merapatkan selangkangan atau menyilangkan kaki karena dapat menahan aliran darah ke organ kelamin.
● Jangan melakukan senam kegel sambil menahan napas.
● Konsumsi asupan bergizi seperti buah dan sayuran.
● Pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuh.

Menjaga kesehatan fisik bukan cuma soal kebugaran, tapi juga memelihara fungsi seksual agar kualitas hidup terjaga. Demikianlah cara melakukan senam kegel sederhana pria agar tahan lama di atas ranjang.


Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi terbaru seputar tips menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: theconversation.com