Daftar Gol Hebat Di Sepanjang Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sepak bola Indonesia kini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak bermunculan pemain baru yang memiliki skill mumpuni yang semakin membanggakan di Indonesia. Namun mungkin banyak orang yang tidak mengetahui siapa saja pemain Timnas Indonesia yang menjadi pencetak gol hebat terbanyak di sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, mungkin daftar di bawah ini bisa jadi informasi yang bermanfaat.

Bambang Pamungkas

article image

Image source: striker.id

Rasanya sudah banyak orang yang mengira jika nama Bambang Pamungkas akan muncul sebagai salah satu pemain timnas Indonesia yang memiliki daftar gol terbanyak. Namun yang mengejutkan di sini adalah “Bepe” atau nama panggilannya, mencetak sebanyak 38 gol untuk 86 kali penampilannya di Timnas Indonesia. Mengingat betapa produktifnya Bepe yang telah mencapai puncak kariernya.

Selain itu, Bepe juga paling diingat saat membela Persija melawan Selangor (Malaysia), meskipun dia juga sempat berlatih di Negara Belanda. Bepe yang kini telah berusia tak muda lagi untuk seorang atlet pun masih dianggap memiliki naluri predator terbukti dengan 5 gol yang berhasil didapatkannya untuk Persija dalam musim 1 Liga Indonesia. Hanya saja jika dirinya tidak memutuskan pensiun dari Timnas pada tahun 2012, mungkin saja Bambang Pamungkas masih bisa mencatat gol bersejarah di sepak bola Indonesia.

Budi Sudarsono

article image

Image source: kimlayangkumitir.id

Bagi kamu yang menyukai sepak bola Indonesia sejak zaman dahulu, tentunya tak akan asing dengan nama Budi Sudarsono. Budi merupakan salah satu penyerang oportunis dengan skill yang cukup mumpuni dalam menggocek bola. Kegemarannya yang meliuk saat melewati lawan membuatnya dijuluki sebagai “Si Ular Phyton”. Populer karena pernah bergabung di Persebaya dan Persija, Budi kemudian bergabung dalam Timnas Indonesia sejak tahun 2001. Gol perdananya pun hadir dalam Piala AFF di tahun 2002 dalam pertandingan imbang 2-2 bersama Vietnam. Hingga terakhir, dia berhasil mengukir gol sebanyak 16 dan menjadi top skor dalam piala AFF di tahun 2008. Momen terbaiknya kala itu adalah dengan mencetak gol pembuka di dalam pertandingan Piala Asia melawan Bahrain yang berhasil membuat Indonesia memenanginya.

Baca juga artikel lainnya tentang sepak bola di bawah ini:

Articles

Rochy Putiray

article image

Image source: indosport

Jika berbicara tentang penyerang Indonesia yang paling eksentrik sepanjang sejarah sepak bola Indonesia maka tentu saja nama Rochy Putiray Ramdani menjadi salah satunya. Tak hanya dikenal karena eksentriknya saja, dengan rambutnya yang berganti-ganti warna bahkan hingga memakai sepatu yang berbeda warna. Namun Rochy pun juga menjadi penyerang yang tajam. Jadi bagian di dalam keberhasilan yang diraih oleh Timnas Indonesia dalam menjuarai SEA Games di tahun 1991 yang mana menjadi gelar terakhir Garuda.

Total gol yang dicetaknya adalah sejumlah 17 dari 41 yang dipersembahkan untuk timnas Indonesia dan berakhir di Piala Asia tahun 2004 silam. Rochy pun juga sempat mendunia di saat membela klub Hong Kong, Kitchee SC.

Kurniawan Dwi Yulianto

article image

Image source: sportku.com

Mendapatkan julukan “Si Kurus”, siapa sangka jika Kurniawan Dwi Yulianto menjadi salah satu daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Indonesia. Pria kelahiran Magelang ini memiliki insting yang cukup tinggi dalam mencetak gol-gol terbaiknya. Tak heran, Kurniawan adalah orang terbaik dalam program Primavera PSSI di tahun 1994 silam. Beliau sempat mengasah kemampuannya dalam klub elite serie A Italia, Sampdoria dan membuat kariernya menjadi melegenda. Dirinya mulai membela tim nasional Indonesia sejak tahun 1995 di saat usianya masih 19 tahun hingga tahun 2005. Dalam 59 pertandingan yang telah diukirnya, Kurniawan dikenal dengan rasio gol yang tinggi mencapai 0.64 gol per petal.

Kisah terbaiknya adalah saat hadir dalam piala AFF di tahun 2004, dikala dirinya mencetak gol terbaik meskipun berstatus sebagai pemain pengganti. Karena itulah Kurniawan mendapatkan julukan yang baru sebagai Supersub. Salah satunya ketika dirinya berhasil memenangkan pertandingan melawan Malaysia 4-1.

Christian Gonzales

article image

Image source: goal.com

Mungkin Christian Gonzales menjadi salah satu pemain naturalis Indonesia yang berhasil mencetak gol terbanyak untuk Timnas Indonesia. Namanya sempat bersinar saat bergabung bersama Timnas Indonesia. Penyerang asal Uruguay ini menjadi pemain pertama asing yang dinaturalisasi oleh PSSI. Dirinya kerap ditakuti oleh lawan dikarenakan sering merepotkan bagian lini pertahanan lawan. Julukannya sebagai “El Loco” telah mencatatkan penampilannya sebanyak 31 kali bersama dengan Timnas Indonesia dan berhasil meraih 12 gol.

Tiga gol yang diraihnya didapatkan saat berada di Piala AFF yang kemudian membesarnya namanya. Satu gol pertama didapatkannya saat berhasil melawan Malaysia, dua gol lainnya saat berhadapan dengan Filipina pada babak pertama serta babak kedua dalam babak semifinal. Dan masih banyak gol-gol terbaik lainnya yang ditorehkannya bersama dengan Timnas Indonesia. Pemain yang kini bergabung dalam PSIM Yogyakarta ini pun juga turut menyumbangkan empat gol terbaiknya di dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia untuk zona Asia (AFC) di tahun 2014.


Itulah kelima pemain Timnas Indonesia dengan gol terbanyak sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia. Masih banyak pemain-pemain Indonesia lainnya yang akan menjadi kebanggaan Indonesia dengan menorehkan prestasi gemilang untuk Indonesia di masa yang akan datang. Diharapkan Sepak Bola Indonesia bisa semakin berprestasi di masa depan.

Ikuti terus perkembangan info-info menarik seputar dunia sepak bola dan hiburan lainnya hanya di GoToMalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

Brands

featured image source: okezonebola