7 Situs Untuk Deteksi dan Update Kondisi Terkini Seputar Virus Corona

Penyebaran virus corona atau COVID-19 membuat masyarakat di seluruh dunia menjadi lebih waspada. Di Indonesia sendiri, jumlah kasus terkonfirmasi corona meningkat cepat. Tercatat hingga artikel ini diterbitkan, terdapat 2738 kasus terkonfirmasi corona di seluruh Indonesia.

Untuk memantau perkembangan dan penanganan wabah virus COVID-19 ini, beberapa situs menyediakan layanan peta online sebaran virus corona lengkap dengan jumlah kasus dan statistik angka kematian serta angka yang berhasil sembuh. Pemerintah Provinsi di beberapa daerah pun sudah membuat situs resmi untuk mempermudah masyarakat dalam deteksi dini dan update kondisi terkini seputar virus corona.

Nah, untuk mendeteksi diri dan memantau perkembangan penyebaran virus corona, kamu bisa mengakses beberapa situs berikut ini yang menampilkan data lengkap secara real time.

Peta John Hopkins Corona COVID-19

article image

Image source: liputan6.com

Peta online yang dikembangkan oleh Universitas John Hopkins ini memberikan gambaran dan melacak kasus penyebaran virus corona secara berkala. Melalui peta online ini, kamu akan diberi gambaran tentang situasi wabah virus corona dengan sumber data yang transparan.

Sumber data yang akurat tersebut kabarnya didukung oleh data dari WHO, CDC, NHC dan sumber lain yang bonafid. Peta online ini akan menunjukkan informasi penyebaran virus corona di Tiongkok dan beberapa negara lain di dunia. Tidak hanya itu, peta online John Hopkins juga menampilkan statistik angka kematian dan jumlah korban yang terinfeksi virus corona.

Selain memungkinkan pengguna mendapatkan informasi terkini, melalui situs milik Universitas John Hopkins ini kamu juga bisa menanyakan informasi terkini seputar virus corona. Peta dunia penyebaran virus corona atau COVID-19 ini dapat kamu akses di https://coronavirus.jhu.edu/map.html.

BNO News - Coronavirus Tracking

article image

Image source: threadreadapp.com

Selain peta online yang dikeluarkan oleh Universitas John Hopkins, kamu juga bisa mengecek penyebaran virus Corona melalui berita online BNO News. Kamu tinggal mengakses alamat situs https://bnonews.com melalui smartphone kamu.

Setelah membuka situs BNO News, carilah tab "Tracking coronavirus: Map, data and timeline" dan situs akan menampilkan segala informasi tentang penyebaran virus corona atau COVID-19 lengkap dengan jumlah kasus, jumlah korban meninggal beserta lokasi penyebarannya.
Data terkait virus corona disajikan dalam bentuk tabel sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Tidak sembarangan mencomot data, BNO News menyediakan tautan atau link sumber dari setiap data yang ditampilkan. Selain dalam bentuk tabel, situs ini juga menyajikan peta penyebaran virus corona berupa titik-titik wilayah yang telah terinfeksi.

Setiap kasus virus corona yang terdeteksi dilengkapi dengan timeline waktu dan tanggal. Kamu pun bisa mengikuti perkembangan wabah virus mematikan ini dari waktu ke waktu.

Situs Resmi Kementerian Kesehatan RI

article image

Image source: twitter.com

Situs berikutnya yang bisa kamu akses untuk mengetahui perkembangan virus corona adalah situs resmi milik Kementerian Kesehatan RI yang bernama Infeksi Emerging. Situs ini juga memberikan update kondisi terkini setiap hari walaupun tidak secara real time seperti situs John Hopkins.

Situs Kemenkes RI ini digunakan oleh Kemenkes untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait informasi seputar corona, mulai dari jumlah kasus, penilaian risiko WHO, negara yang terjangkit hingga kondisi yang lebih detail di Indonesia.

Peta Corona DKI Jakarta - Situs Jakarta Tanggap COVID-19

article image

Image source: ayobekasi.net

Kamu yang sedang berada di Jakarta dan sekitarnya bisa mengakses situs Jakarta Tanggap COVID-19 yang informatif menampilkan data dan update kondisi terkini dari penyebaran virus corona di ibukota. Kamu bisa melihat Data Pantauan COVID-19 Jakarta yang menyajikan data jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Nasional.

Kamu juga bisa mengakses peta sebaran dari ODP, PDP, kasus positif dan RS rujukan untuk kasus corona. Tidak hanya itu, keterangan umur, jenis kelamin dan lokasi pasien positif dan terjangkit corona pun disajikan secara detail. Situs ini menyertakan pula nomor telepon yang bisa kamu hubungi sebagai usaha Jakarta Tanggap COVID-19.

Peta Corona Jawa Barat - Situs Pikobar Corona

article image

Image source: kompas.com

Selain ibukota Jakarta, Pemprov Jawa Barat juga memiliki situs Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat atau Pikobar yang cukup interaktif. Pada halaman muka situs kamu sudah disajikan dengan informasi panggilan darurat dan Dinas Kesehatan Jawa Barat untuk konsultasi masalah virus corona.

Sama halnya dengan situs Jakarta Tanggap COVID-19, situs Pikobar juga menampilkan informasi mengenai jumlah kasus positif, ODP dan PDP yang dilengkapi dengan usia serta lokasinya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya corona, situs Pikobar pun menampilkan info grafis mengenai cara mencuci tangan, pemakaian masker dan langkah hidup sehat.

Peta Corona Jawa Tengah - Jateng Tanggap COVID-19

article image

Image source: suara.com

Kalau kamu warga Jawa Tengah, kamu bisa mengakses peta sebaran virus corona atau COVID-19 melalui situs corona.jatengprov.go.id. Melalui situs ini, kamu bisa memantau kasus COVID-19 di wilayah Jawa Tengah. Halaman muka situs menampilkan nomor telepon layanan hotline Jawa Tengah COVID-19 dan tab Deteksi Mandiri COVID-19 untuk deteksi dini apakah kamu mengalami gejala terinfeksi virus corona.

Situs ini secara informatif menampilkan info grafis mengenai COVID-19 di Jawa Tengah seperti daftar RS rujukan, fasilitas kesehatan, informasi tentang gejala corona dan imbauan pemerintah terkait penanggulangan wabah virus corona. Kamu bisa melihat jumlah ODP, PDP dan kasus terkonfirmasi COVID-19 secara real time berikut keterangan rumah sakit tempat pasien dirawat.

Situs Resmi Kemenkominfo

article image

Image source: cnnindonesia.com

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan situs resmi www.covid19.go.id untuk memberi informasi kepada masyarakat terkait informasi valid tentang wabah virus corona. Melalui situs ini kamu dapat mengakses segala sesuatu tentang corona, mulai dari jumlah korban hingga penanganan yang dilakukan Gugus Tugas Penanganan Corona oleh BNPB.

Menariknya, kamu tidak memerlukan kuota untuk mengakses situs ini karena Menkominfo telah meminta operator agar memberikan akses gratis untuk masyarakat. Situs ini merupakan salah satu bentuk protokol informasi publik dalam penanganan wabah virus corona.


Itu tadi beberapa situs yang bisa kamu akses untuk mendapatkan update kondisi terkini terkait penyebaran virus corona di seluruh dunia dan di Indonesia secara khusus. Mari bersama-sama kita lawan virus corona. Ikuti terus perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com.

Artikel

Mall

featured image source: minews.id