Smartphone Lipat

Tren baru dunia ponsel pintar saat ini semakin berkembang pesat. Salah satunya ditandai dengan munculnya smartphone lipat. Khususnya untuk produk kelas flagship.

Tidak hanya Samsung, kecanggihan layar fleksibel ini juga sudah banyak dikembangkan oleh produser ponsel pintar lainnya sejak 2013 lalu. Diantaranya LG, Huawei, bahkan Xiaomi.

Kira-kira di 2021 ini apa saja ya rekomendasi smartphone lipat terbaik? Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Samsung Galaxy Z Flip

article image

Image source: kompas.com

Samsung Galaxy Z Flip ini memiliki layar normal layaknya ponsel pintar pada umumnya yakni berukuran 6,7 inci. Hanya saja, pada bagian tengah layar ponsel ini dapat dilipat menjadi dua.

Layar yang diusung oleh Samsung pada smartphone ini adalah Super AMOLED dengan chipset Snapdragon 855+, RAM 8GB, media penyimpanan hingga 256GB, dan baterai sebesar 3.300 mAh.

Ponsel pintar ini memiliki konsep lipat yang cukup berbeda dan menyenangkan meski jenis ini bukan yang pertama. Sebelumnya Motorola juga pernah melakukannya pada Motor RAZR.

Kualitas kameranya pun bagus dengan kamera utama 12 MP bukaan f/1.8 dan kamera keduanya 12 MP dengan bukaan f/1.3. Hasilnya? Tentu saja bagus setara dengan smartphone flagship pada umumnya.

2. Samsung Galaxy Fold

article image

Image source: suara.com

Samsung Galaxy Fold ini termasuk smartphone awal hadir menawarkan desain lipat walau bukan yang pertama. Ponsel ini dikembangkan pada tahun lalu dan memiliki dua layar yakni di dalam dan luar body.

Seperti halnya Galaxy Z Flip, Samsung Fold juga menggunakan Super AMOLED dengan ukuran 7,3 inci beresolusi FHD+ dan layar sekundernya berukuran 4,6 inci. Ponsel pintar ini juga menggunakan Snapdragon 855, RAM 12 GB, media penyimpanan 512 GB, dan daya sebesar 4,380 mAh.

Bisa dibilang Samsung Galaxy Fold sangat sukses dengan desain yang memukau ini. Teknologi lipatnya sangat inovatif dan cocok bagi mereka yang mendambakan cara kerja super mudah.

Samsung Fold mengusung dua sisi layar yang berbeda, di mana layar utama lebar dan layar sekunder kecil. Layar sekundernya ternyata memberi kenyamanan luar biasa meski hanya berukuran 4,6 inci. Dan layar utamanya tentu saja memanjakan mata ketika digunakan untuk melihat video berukuran besar.

3. Xiaomi Mi Mix Fold

article image

Image source: bisnisa.com

Perangkat ini hadir dengan ukuran layar sebesar 8,2 inci beresolusi 1860 x 2480 pixel. Sekilas bentuknya memang menyerupai rivalnya, Samsung. namun dapur pacunya ternyata mampu bersaing.

Xiaomi Mi Mix Fold ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888, RAM 12 GB dan 16 GB, dan memori eksternal hingga 512 GB. Untuk kamera nya juga mumpuni, yakni 20 MP.

Perlu diingat juga ya, meski ini keluaran Xiaomi, namun jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi selayaknya ponsel pintar. Untuk seri tertingginya, harga dapat mencapai Rp 27 juta.

4. Royole FlexPay

article image

Image source: idntimes.com

Adalah smartphone lipat generasi pertama, bahkan mendahului rivalnya Samsung Fold. Ponsel pintar produksi China ini bahkan terjual habis dalam hitungan beberapa jam saja setelah rilis perdana pada 29 April 2019.

Sekilas ukurannya sama seperti tablet, namun bisa dilipat menjadi dua. Dalam keadaan terbuka, ukuran layarnya sebesar 7,8 inci dan saat dilipat ukurannya langsung berkurang setengah.

Smartphone ini sudah menggunakan Super AMOLED dengan resolusi 1910 x 1440 piksel. Spesifikasi lainnya yakni menggunakan Snapdragon 855, RAM 8GB, media penyimpanan 128 GB - 512 GB, serta dua kamera dengan masing-masing beresolusi 16 MP dan 20 MP.

5. Huawei Mate XS

article image

Image source: detik.com

Pada generasi kedua Huawei Mate, sistem lipat yang digunakan jauh lebih baik dengan seri sebelumnya. Kedua fungsi layar bekerja dengan bagus dan fleksibel memberikan pengalaman menyenangkan pada pengguna.

Ponsel pintar ini memiliki spesifikasi layar Foldable OLED 8 inci 2200 x2480 piksel, chipset HiSilicon Kirin 990 5G, RAM 8GB, dan media penyimpanan 512 GB. Dengan teknologi yang dibawa, smartphone ini mampu menampilkan visual yang menarik. Layarnya bahkan sempat dipuji memiliki tampilan yang tajam dan berwarna-warni.

Untuk kamera tidak usah diragukan. Huawei masih setia menggandeng Leica sebagai partnernya. Huawei Mate XS ini menggunakan konfigurasi 4 kamera yang terdiri dari 40 MP kamera utama, 8 MP telefoto, kamera TOF 3D, dan 16MP ultrawide.

Kelima rekomendasi di atas tadi merupakan beberapa yang terbaik yang bisa kalian gunakan sebagai gambaran sebelum membeli smartphone lipat. Dan tentu saja harganya lumayan tinggi mengingat teknologinya merupakan yang tercanggih dan sangat lincah ketika dioperasikan.

Malls

[[article]]

Featured image source: benchimo.com