Resep Sosis Bakar, Mudah, Enak dan Anti Gagal

Sosis merupakan makanan paling laris yang sudah pasti susah untuk ditolak. Mau anak-anak sampai orang dewasa pun tidak bisa menolak kenikmatan dari olahan daging ini. Kita pun dapat dengan mudah menemukan sosis, mau di supermarket, di pasar tradisional, di mana bisa kita dapatkan. Digoreng atau pun dibakar kenikmatan tetap tidak tertandingi, apalagi buat camilan sore dan malam hari.

Sosis bakar bisa dinikmati dengan berbagai sajian saus baik saus tomat, mustard, mayones dan masih banyak lain. Semua sama-sama enak tergantung selera dan lidah kamu saja. Membuat sosis bakar sendiri tidaklah susah. Dengan peralatan yang ada di rumah saja kamu bisa membuat sosis bakar yang enak dan tentunya higienis. Hanya ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum membuat racikan sosis bakar. Seperti halnya jenis sosisnya, resep sausnya, dan juga waktu membakarnya. Tiga komponen itu jadi penentu enak tidaknya sosis bakar buatanmu. Ingin buatanmu enggak kalah enak dari penjual sosis bakar langgananmu? Yuk intip resep dan triknya.

Cara Memilih Sosis

article image

Image source: kaskus.co.id

Tahukah kamu jika tidak semua olahan daging layaknya sosis memiliki rasa dan tekstur yang enak? Beberapa di antaranya juga memiliki rasa yang aneh karena terlalu banyak campuran. Untuk itu kamu harus pandai-pandai memilih sosis yang segar tapi enak. Asal pilih juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Sosis yang masih segar akan memiliki tampilan warna cokelat kemerahan untuk sosis daging dan atau cokelat pucat untuk sosis ayam. Warna tersebut juga tidak akan luntur meski kamu merendam atau memasaknya.

Meski begitu, saat dipotong sosis segar juga akan memunculkan bau sedikit amis khas daging sapi atau ayam. Bukan malah berbau tepung. Permukaan sosis juga terlihat lebih berpori kasar menunjukkan adonan daging. Jika ditekan tidak akan terlalu keras dan justru sedikit agak lembek. Satu lagi, sosis dengan kualitas baik punya harga yang sedikit agak mahal, jadi jangan sampai tertipu dengan harga murah.

Pastikan kemasan sosis telah teregister BPOM agar lebih meyakinkanmu. Setelah kamu sudah yakin dengan sosis pilihan kini tinggal mempersiapkannya. Ada baiknya sosis yang akan kamu bakar dibiarkan begitu saja tanpa kamu erat atau dipotong-potong. Jika kamu mengerat atau memotongnya, tekstur air dalam sosis akan keluar. Hal itu menyebabkan sosis cepat kering dan kurang gurih. Jika ingin rasa yang lebih mantap tanpa harus memanggang lama-lama, kamu bisa merebus sosis terlebih dahulu. Rebus secukupnya dengan api yang sangat kecil agar tidak terlalu matang. Lebih sedap lagi jika saat merebusnya kamu memberi tambahan bawang putih ataupun bawang bombai.

Menentukan Bumbu Bakar

article image

Image source: seriouseats.com

Ada beberapa bumbu bakar yang bisa kamu pilih, misalnya saus BBQ dan juga saus lada hitam. Keduanya dapat berupa saus oleh maupun cocol sosis. Saus oles sebenarnya tidak wajib ada karena kamu bisa menggantinya dengan margarin. Kamu bisa mengoles sedikit margarin sebelum mulai membakarnya. Sedangkan saus cocol, jika terlalu malas kamu bisa membeli bahan matang lalu kemudian tambah beberapa bumbu sederhana. Misalnya tambah cabai, bawang putih, bawang bombai, gula, dan garam.

Cara Membakar Sosis

article image

Image source: ramesia.com

Ada banyak cara membakar sosis, baik dengan panggangan arang, alat pembakaran, bisa juga dengan kompor gas. Jika menggunakan panggangan hal yang paling susah adalah meratakan bara apinya. Kamu harus bisa menjaga bara arang agar merata, saat arang sudah mulai habis tambahkan sedikit demi sedikit agar apinya tetap merata. Begitu juga dengan arah angin, jika membakarnya di outdoor, pikirkan juga jangan sampai angin terlalu kencang dan meniup-niup pangganganmu. Sedangkan jika kamu memiliki alat pembakaran itu akan sangat memudahkanmu. Kamu hanya perlu mengatur besar api seperti halnya menggunakan kopor gas.

Baca juga artikel lainnya tentang resep-resep di bawah ini.

Articles

Membuat Sosis Bakar

article image

Image source: astromesin.com

Bahan dasar yang harus disiapkan:

  • 10 buah sosis (bisa ayam atau daging menurut selera)

  • ½ buah bawang bombai (potong dadu)

  • 3 siung bawang putih (cincang halus)

  • 1 sdt merica bubuk

  • Margarin (untuk bumbu oles dan 1 sdm saus)

  • Garam & gula secukupnya

  • Saus sambal (secukupnya)

  • Saus tomat (secukupnya)

  • 5 buah cabai (jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera)

  • 50 ml air matang

Cara membuat saus:

  • Tumis bawang bombai dan bawah putih dengan margarin secukupnya. Biarkan sampai kecokelatan dan wangi.

  • Setelah itu masukan cabai, saus tomat, dan saus sambal, dan air secukupnya.

  • Jangan terlalu banyak agar tidak encer.

  • Aduk merata lalu tambahkan garam, gula, dan lada secukupnya.

  • Bisa juga ditambah bumbu penyedap jika suka.

  • Tunggu sampai sedikit mengental lalu angkat. Saus pun sudah siap.

Cara Lain Membuat Sosis Bakar

article image

Image source: sajiansedap.com

Ada dua cara untuk membuat sosis bakar, pertama langsung dibakar dengan terlebih dulu dilumuri margarin dan cara kedua adalah dengan direbus.

Untuk cara direbus dahulu, kamu bisa didihkan air secukupnya lalu masukkan sosis yang sudah dibersihkan tambah potongan bawang bombai dan bawang putih. Jangan rebus terlalu lama kurang lebih sampai warnanya berubah sedikit pucat. Setelah itu tiriskan. Tunggu sampai dingin lalu tusuk sosis dengan tusukan sate kemudian bakar. Tidak perlu bakar terlalu lama karena sosis sudah dalam kondisi setengah matang. Setelah sedikit kecokelatan angkat dan olehkan saus sesuai selera. Sosis bakar saus BBQ pun siap disantap.

Products


Sangat mudah bukan untuk membuat sosis bakar? Kamu bisa mendapatkan sosis di supermarket-supermarket terdekat di kotamu. Cek lokasinya melalu Gotomalls.com dan dapatkan promo terupdate untuk mendapatkan sosis yang fresh dan kebutuhan lainnya untuk memasak sosis bakar.

Malls

Brands

featured image source: cookpad.com