Squid Game

Serial Squid Game begitu populer dan kini resmi jadi tayangan paling sukses di platform streaming Netflix. Film dari Korea Selatan ini menampilkan sebuah game tak biasa dengan hadian fantastik.

Bisa dibilang serial Netflix yang satu ini memperlihatkan sebuah turnamen penuh darah dan trik kotor. Meski demikian banyak orang menikmati tontonan ini hingga viral di berbagai pelosok mengalahkan serial Sex Education, Bridgerton, dan Alice in Borderland.

Kesuksannya yang mendunia ini memicu banyak pertanyaan usai menyaksikan seluruh seri Squid Game. Dan berikut beberapa pertanyaan yang sudah kami rangkum beserta jawabannya.

1. Kapan Squid Game Rilis

article image

Image source: netflix.com

Squid Game hadir dengan 9 episode yang telah rilis di Netflix sejak 17 September 2021. Setelah kemunculannya, serial ini langsung viral dan menjadi perbincangan warganet.

2. Apakah Akan Ada Season 2 dari Squid Game?

article image

Image source: cnet.com

Jika telah menonton serial ini sampai akhir episode, pasti kamu sudah tahu jika permainan tidak benar-benar berakhir dengan episode kesembilan. Dilansir dari cnet.com, kemungkinan akan ada kisah dari sang pemenang Seung Gi-hun yang diperankan oleh Lee Jung-jae. Karena pada akhir episode kisahnya dibiarkan menggantung.

Penulis dan sutradara Hwang Dong-hyuk pada sebuah variety show mengatakan jika dia mungkin akan kembali ke film layar lebar sebelum nanti memikirkan sekuel dari Squid Game. “Saya tidak memiliki rencana yang berkembang dengan baik untuk Squid Game 2. Ini cukup melelahkan. Tapi jika saya melakukannya saya pasti tidak akan melakukannya sendiri. Saya akan mempertimbangkan untuk menggunakan ruang penulis dan sutradara berpengalaman,” katanya.

Tentu saja kesuksesan film ini akan membuat para eksekutif Netflix menginginkan sesuatu yang lebih. Namun bagaimana, kita tunggu saja tanggal mainnya.

3. Apakah Cerita Ini Berdasarkan Buku?

article image

Image source: twitter.com

Tidak. Cerita ini tidak berdasarkan buku atau pun novel. Namun akan menjadi ide yang bagus jika serial Squid Game ini dijadikan sebagai novel.

Menurut situs budaya pop Korea Soompi, sang sutradara mendapatkan ide permainan ini sejak tahun 2008 dari sebuah buku komik tentang orang-orang yang memainkan permainan ekstrim. Sayang, Hwang Dong-hyuk enggan menyebutkan apa judul dari komik tersebut.

Dan sepertinya itu bukan komik tunggal, karena Hwang menyebutkan pada Korea Herald jika dia membaca banyak komik dan terpesona oleh permainan bertahan hidup. Ada pula yang mengklaim jika Squid Game mirip dengan film Jepang yang muncul pada 2014, As The Gods Will yang disutradarai oleah Takashi Miike.

Film jepang tersebut didasari pada manga Jepang tentang sebuah turnamen kematian. Kemungkinan memiliki beberapa adegan yang cukup mirip termasuk boneka lampu merah lampu hijau.

Dan Hwang menyebut jika hanya permainan pertama yang mirip dengan film Jepang tersebut. Hwang juga mengatakan jika konsep Squid Geme telah ia kerjakan selama bertahun-tahun sebelum film As The Gods Will keluar.

4. Permainan Squid Game Nyata?

article image

Image source: menit.co.id

Tentu saja bukan. Namun judulnya memang mengacu pada sebuah permainan yang benar ada dan nyata. Permainan cumi-cumi yang dimainkan di sebuah lapangan dengan berbentuk samar seperti cumi. Mungkin di Indonesia kita mengenalnya sebagai “Gobak Sodor”.

Permainan cumi-cumi diaminkan pada akhir episode. Tim penyerang hanya boleh melompat melewati pinggiran cumi-cumi untuk merebut sebuah bendera dan penjaga harus menangkap penyerang.

Permainan lainnya seperti tarik tambang, kelereng, lampu merah lampu hijau tentu juga permainan nyata. Namun permainan melewati jembatan kaca mungkin bisa digolongkan sebagai permainan yang tidak nyata. Bagaimana dengan permen dalam wadah kaleng?

Permen tersebut adalah permen dalgona dan merupakan permainan nyata bagi anak Korea Selatan. Mereka akan diberi berbagai bentuk cetakan permen dan diminta untuk memotongnya sesuai bentuk cetakan. Namun tentu saja pertaruhannya bukanlah nyawa.

5. Boneka Lampu Merah Lampu Hijau Nyata?

article image

Image source: snopes.com

Game pertama yang dimainkan pada kontestan Squid Game adalah Lampu Merah, Lampu Hijau, tetapi alih-alih manusia berbalik dan mencoba menangkap seseorang yang bergerak selama "Lampu Merah", malah boneka robot wanita raksasa yang sangat menyeramkan.

Koreaboo melaporkan jika boneka yang sama dengan Lampu Merah Lampu Hijau tidak dibuat untuk Squid Game tetapi sudah ada di di Desa Petualangan Museum Kereta Jincheon, juga dikenal sebagai Macha Land, sebuah museum di Chungcheongbuk-do, Korea Selatan, beberapa jam dari Seoul. Kini boneka tersebut telah kembali ke museum sayang entah bagaimana hilang satu tangan.

Dan kini banyak boneka serupa bisa kita jumpai di mana saja termasuk di Indonesia. Beberapa kota seperti Jogja dan Surabaya juga membuat boneka yang serupa.

6. Arti Kartu Nama Squid Game

article image

Image source: thekoreaherald.com

Di awal kita pasti tahu jika perekrut Squid Game memberikan kartu nama pada calon peserta. Di balik kartu nama tersebut ada simbol dari permainan - lingkaran, segitiga, dan kotak- di sisi lain ada nomor telepon tim Squid Game.

Seorang penulis jasmine Leung menjelaskan pada The Focus jika simbol tersebut adalah huruf Korea. “ Lingkarang adalah huruf ‘o’, segitiga huruf ‘j’, dan persegi adalah ‘m’. Jadi ketika berdampingan akan bertuliskan ‘OJ M’ yang merupakan inisial permainan cumi-cumi dalam bahasa Korea dibaca sebagai Ojingeo Geim.”

7. Teori Si Penjaga Squid Game

article image

Image source: mac.elcomercio.pe

Para penjaga Squid Game semua berpakaian merah yang nampak seperti prajurit. Banyak teori dalam dunia maya menjelaskan tentang hal itu, salah satunya menjelaskan bagaimana seorang bisa menjadi penjaga dan pemain.

Karakter utama Seung Gi-hun di awal cerita diperlihatkan bermain ddakji (sebuah permainan tradisional di Korea Selatan, membalik kertas). Saat itu Gi-hun mengambil kertas biru dan memainkannya bersama salesman Squid Game yang diperankan oleh Gong Yoo. Saat ia kalah dia diberi kartu nama dan akhirnya bergabung menjadi peserta game.

Teori dari salah seorang warganet di twitter @mixxitake menyebutkan ketika Gi-hun mengambil kartu biru dan kalah dari salesman dia akan terbangun dengan setelan sebagai pemain. Dan apabila dia mengambil kartu merah dan kalah dari salesman mungkin saja dia akan bangun sebagai penjaga Squid Game.

Sayangnya ini hanyalah sebuah teori acak yang tidak terbukti kebenarannya. Mungkin ada baiknya jika kita menunggu sekuel berikutnya.

8. Super Spoiler

article image

Image source: sevenrent.com

Ketika Gi-hun menang dai akhirnya mengetahui siapa dalang dibalik permainan itu. Gi-hun pun tampak gelisah usah keluar jadi pemenang dalam permainan tersebut hingga akhirnya ia merubah warna rambutnya menjadi merah.

Saat ia akan pergi ke LA untuk menjenguk sang anak dia justru kembali melihat salesman merekrut pemain baru. Gi-hun pun mencoba menyakinkan si pria untuk tidak menghubungi nomor di kartu nama dan segera merebut kartunya. Tepat sebelum naik pesawat ke LA, Gi-hun justru berputar arah dan menelepon kontak yang di kartu nama Squid Game.

Mungkin itu akan menjadi jalan cerita awal dari sekuel kedua Squid Game. Namun bagaimana dengan karakter Hwang Jun-ho, seorang polisi yang menyusup dalam permainan?

Jun-ho lolos dari kompleks permainan tetapi tampaknya ia berhasil dibunuh oleh The Front Man, yang merupakan manajer permainan dan juga kakak Jun-ho yang hilang sejak pertandingan pada tahun 2015. Aksi pelarian Jun-ho berhasil diketahui The Front Man yang mengakibatkan dia mendapat satu tembakan di bahu sebelum akhirnya jatuh ke tebing tepi laut.

Tampaknya Jun-ho tidak akan mati meski mungkin dia juga tidak akan membeberkan dalang dari permainan mematikan itu pada rekan polisinya. Ini bisa jadi sekuel yang menarik untuk Squid Game nantinya. Mungkin saja kakak Jun-ho bukan satu-satunya kasus pemalsuan kematian.

Penasaran banget dong? Kita tunggu saja ya sekuel kedua dari Squid Game. Pasti akan lebih seru dan mendebarkan.

Malls

Articles

Featured Image Source: sunnews.cc