Cantik Itu Relatif, Ini Standar Kecantikan di Berbagai Negara di Dunia

Sebagian besar wanita di Indonesia mungkin mendambakan kulit yang putih dan tubuh yang ramping. Namun bagi wanita di negara lain, standar kecantikan tidak selalu harus memiliki kulit putih dan tubuh ramping. Ternyata berbeda negara, berbeda pula standar kecantikannya. Penasaran seperti apa standar kecantikan di berbagai negara di dunia? Yuk simak ulasan berikut ini supaya kita paham bahwa cantik itu relatif.

Jepang, Manis dengan Gigi Gingsul

article image

Image source: indozone.id

Wanita Jepang secara lahiriah dianugerahi gen kulit putih pucat. Namun standar kecantikan bagi wanita Jepang tidak hanya sebatas kulit putih saja. Mereka juga menaruh perhatian pada kontur wajah, bentuk kaki, bahkan struktur gigi.

Orang Jepang menilai wajah yang cantik adalah milik wanita yang berwajah kecil dan kaki jenjang. Tidak kalah penting, gigi gingsul (yaeba) yang menjadi tren dan mengakibatkan banyaknya permintaan pembuatan gigi gingsul palsu pada klinik-klinik kecantikan di Jepang. Bagi mereka, gigi gingsul membuat seorang wanita terlihat lebih manis dan imut-imut.

Korea Selatan, Tren Kantung Mata

article image

Image source: viendanhathan.com

Korea Selatan termasuk salah satu negara dengan standar kecantikan tinggi. Orang Korea Selatan selalu mengutamakan penampilan sampai-sampai operasi plastik menjadi hal yang lumrah di negara tersebut. Definisi cantik bagi mereka adalah kulit putih yang glowing, hidung yang ramping, mata bulat dengan double eyelid, wajah kecil berbentuk hati dan kaki yang ramping.

Hal yang menarik perhatian adalah bagi orang Korea Selatan kantung mata (aegyo sal) menjadi tren karena dinilai membuat seseorang tampak lebih imut. Standar kecantikan yang tinggi ini pun memengaruhi rupa idola di negeri ginseng tersebut, di mana agensi akan berusaha mendebutkan sosok idola yang dianggap memenuhi standar kecantikan Korea. Salah satu idola yang dinilai paling pas menggambarkan wajah cantik sempurna versi Korea Selatan adalah Yoona SNSD.

Jerman, Freckles is Beautiful

article image

Image source: parenting.orami.co.id

Produk whitening cream laris manis di Indonesia karena dipercaya dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Namun di Jerman mungkin produk tersebut tidak begitu dibutuhkan. Di Jerman, wanita dengan bintik-bintik atau freckles di wajah justru dianggap memiliki kecantikan natural.

Bahkan para make up artist sering membuat freckles palsu pada wajah wanita yang mulus. Sebaliknya wanita yang secara alami memiliki freckles di wajahnya tidak akan berusaha menutupinya dengan polesan make up.

Australia, Kulit Kecokelatan itu Sehat

article image

Image source: inkbeautybar.com

Sebagian besar wanita Australia terlahir dengan kulit putih, akan tetapi wanita Australia justru mendambakan kulit dengan tone kecokelatan. Kecantikan bagi wanita di negeri Kangguru digambarkan sebagai sosok dengan warna kulit yang hangat.

Bagi mereka, wanita dengan kulit kecokelatan terlihat lebih seksi, menarik dan sehat. Ketika musim panas tiba, orang Australia pun akan berbondong-bondong pergi ke pantai untuk sun bathing.

Thailand, Makin Kurus Makin Cantik

article image

Image source: nohat.cc

Standar kecantikan di Thailand mungkin mendekati standar kecantikan di Indonesia. Definisi cantik bagi orang Thailand adalah memiliki kulit cerah dan tubuh yang kurus. Bahkan mereka beranggapan bahwa semakin kurus seorang wanita akan semakin cantik.

Tidak mengherankan apabila wanita Thailand sangat memperhatikan bentuk tubuh, terutama ukuran pinggang yang ramping, bentuk payudara dan tinggi badan yang semampai.

Perancis, Cantik Natural Tanpa Make Up

article image

Image source: expobeautymagazine.com

Meskipun menjadi kiblat fashion dunia dan terkenal dengan model-model yang cantik, standar kecantikan orang Perancis cukup sederhana. Mereka menyukai wanita dengan tampilan polos tanpa make up. Semakin natural penampilannya, semakin terpancar kecantikan seorang wanita.

Selain wajah yang polos tanpa make up, wanita Perancis juga mendambakan tubuh tinggi semampai dengan payudara dan bokong yang tidak terlalu menonjol seperti model. Hal tersebut menyebabkan banyak wanita di Perancis yang diet untuk mendapatkan tubuh ramping seperti model.

Pemerintah Perancis sampai mengeluarkan kebijakan berupa larangan mempublikasikan model yang over slim karena menyebabkan jumlah penderita anorexia nervosa menjadi tinggi di negara tersebut.

India, Menawan dengan Rambut Panjang

article image

Image source: mediaaceh.co

Rambut panjang yang hitam adalah dambaan para wanita di India. Mereka akan merasa cantik apabila memiliki rambut panjang dan hitam berkilau. Jadi semakin panjang dan hitam rambutnya, maka semakin cantiklah dia.

Itulah sebabnya kita jarang melihat wanita India berambut pendek. Mereka akan mempertahankan rambutnya yang panjang dan hitam, meski sebagian wanita sudah mengadopsi pengaruh luar dengan mewarnai rambut menjadi burgundy atau kecokelatan.

Brazil, Tubuh Curvy dan Atletik

article image

Image source: youtube.com

Standar kecantikan di Brazil bukanlah tubuh yang kurus atau ramping. Wanita Brazil justru menginginkan tubuh yang curvy atau sintal dan atletik. Penampilan dengan kulit gelap atau rambut pirang juga menjadi favorit wanita Brazil.

Wanita Brazil dikenal senang melakukan perawatan kecantikan seperti waxing dan berolahraga untuk mendapatkan penampilan dengan bentuk tubuh ideal, terutama bokong yang bulat. Hal itu dikarenakan orang Brazil gemar ke pantai dengan mengenakan bikini yang mengekspos tubuh mereka.

Iran, Bentuk Hidung yang Ramping

article image

Image source: bbc.co.uk

Mayoritas wanita Iran memiliki hidung yang mancung. Namun hidung yang mancung saja tidaklah cukup untuk bisa dikatakan cantik. Selain hidung bangir, wanita Iran juga mendambakan batang hidung yang ramping dengan ujung lancip.

Obsesi akan hidung yang ramping dan lancip membuat banyak wanita Iran melakukan operasi plastik. Diketahui sekitar 70 ribu wanita Iran melakukan operasi plastik untuk mendapatkan bentuk hidung yang ideal.

Mauritania, Big is Beautiful

article image

Image source: hipwee.com

Negara-negara di Benua Afrika memiliki definisi cantik yang sedikit berbeda dari kebanyakan negara lain. Jika wanita Asia mendambakan tubuh yang ramping, wanita di Afrika seperti Mauritania justru sebaliknya. Mereka justru beranggapan bahwa memiliki tubuh yang gemuk akan terlihat cantik.

Bagi orang Mauritania, tubuh yang gemuk merupakan lambang kecantikan. Selain itu wanita dengan tubuh yang besar juga menandakan sebuah kekuatan, kesehatan dan kebahagiaan dari seorang wanita.


Itulah standar kecantikan di berbagai negara di dunia. Dengan standar kecantikan yang berbeda-beda, semakin menegaskan bahwa cantik itu relatif tergantung dari sudut pandang orang yang melihat. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan informasi menarik lainnya hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: popsugar.com.au