Sumber Pangan yang Diprediksi Menjadi Tren Konsumsi Masa Depan

Dulu kita mengenal menu “4 Sehat 5 Sempurna” sebagai makanan paling bergizi yang selalu direkomendasikan oleh guru sekolah dan ahli gizi. Kini, pilihan menu bergizi sudah semakin variatif seiring dengan kemunculan berbagai tren gaya hidup sehat yang dipromosikan para influencer.

Mengingat pola konsumsi di zaman sekarang yang sudah serba praktis dengan kandungan gizi lengkap, kira-kira bakal seperti apa tren konsumsi sehat di masa depan? Seperti apa pun itu, pastinya akan jauh lebih efisien dari segala sisi.

Kendati begitu, berikut ini ada 10 sumber pangan yang diprediksi akan menjadi tren konsumsi masa depan. Bahan-bahan ini bisa dijadikan berbagai jenis makanan sehat yang akan memenuhi semua kebutuhan nutrisi sekaligus mengatasi masalah kesehatan.

Chlorella

article image

Image source: healthline.com

Chlorella adalah sejenis ganggang air yang kaya akan kandungan klorofil. Klorofil sendiri memiliki banyak khasiat bagus untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, mengoptimalkan kinerja otak dan hati, menurunkan kadar racun dalam tubuh, mencegah kanker, diabetes, anemia, dan masih banyak lagi.

Maca

article image

Image source: medicalnewstoday.com

Saat ini maca sering dijadikan bahan dasar pembuatan obat-obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan fungsi seksual. Maca termasuk umbi-umbian dari kelompok cruciferous family, bersama kubis, brokoli, lobak, dan sejenisnya. Tanamannya hanya bisa tumbuh subur di lingkungan dengan suhu 17 sampai -10 derajat Celsius.

Lidah Buaya

article image

Image source: everydayhealth.com

Lidah buaya sudah dikenal manfaatnya sejak zaman Mesir Kuno. Tanaman ini bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana, terutama di negara-negara Asia. Lidah buaya mengandung selenium, magnesium, kalsium, antioksidan, vitamin A, E, dan C yang berkhasiat untuk mengobati sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari bahan kosmetik hingga kuliner sehat.

Bee Pollen

article image

Image source: alodokter.com

Kandungan nutrisi dalam produk lebah ini tidak main-main. Ia mengandung 21 jenis asam amino dan vitamin B9 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh hingga memperpanjang harapan usia. Rasanya pun tak kalah lezat dari madu.

Goji Berries

article image

Image source: tokopedia.com

Goji Berries bisa dijadikan berbagai produk olahan makanan seperti selai, topping, smoothies, jus, hingga camilan pendamping. Goji Berries yang dijual di supermarket biasanya sudah diproses menjadi buah kering. Kandungan nutrisinya pun sangat lengkap, mulai dari vitamin B hingga 21 jenis mineral yang penting untuk kesehatan.

Coklat

article image

Image source: bolasport.com

Coklat adalah salah satu makanan terfavorit yang memiliki jenis beraneka ragam. Ada banyak produk olahan coklat yang bisa kita temukan, mulai dari produk makanan, minuman, hingga produk-produk skincare. Coklat memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan awet muda. Kalau kamu sedang bad mood, ambil saja sebatang coklat hitam untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik.

AFA Blue Green Algae

article image

Image source: superfoodevolution.com

Tumbuhan Alga ini banyak dijumpai di Danau Klamath dan sudah mulai dikonsumsi sejak tahun 1970an. AFA Blue Green Algae dengan nama latin Aphanizomenon flos-aquae memiliki penampilan yang cukup kontras berwarna hijau kebiruan. Selain itu, ganggang ini juga lebih kaya mineral dan klorofil di antara spesies ganggang lainnya, yang berkhasiat untuk membantu proses pembentukan jaringan tulang, kuku, rambut, gigi, kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh serta sistem saraf.

Hemp Seed

article image

Image source: evamuliaclinic.com

Hemp seed atau biji fumayin adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman ganja. Hempseed biasanya diolah menjadi minyak esensial untuk kebutuhan pengobatan, terapi kesehatan, hingga perawatan kecantikan. Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata hempseed menyimpan banyak manfaat baik, terutama untuk perawatan kulit dan rambut.

Spirulina

article image

Image source: bemore.ee

Khasiat ajaib spirulina yang sudah sangat tersohor membuat produk-produknya menjadi bahan incaran di kalangan masyarakat dunia. Ganggang ini bahkan dijuluki ‘Queen Protein’ karena mengandung kadar protein yang sangat tinggi sebesar 65 hingga 71 persen. Spirulina dapat ditemukan dalam berbagai produk obat herbal, kosmetika, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Susu Kecoak

article image

Image source: metro.co.uk

Yang terakhir ini mungkin terdengar cukup absurd dan tidak masuk akal. Bagaimana mungkin serangga yang dianggap makhluk menjijikkan ini bisa menghasilkan susu? Usut punya usut, ternyata ada satu spesies kecoak yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Spesiesnya adalah Diploptera punctate.

Sebagai mamalia, tentu saja kecoak ini menyusui anaknya. Tapi susunya tidak cair seperti mamalia pada umumnya, melainkan berbentuk butiran-butiran kristal. Sebuah publikasi penelitian menyebutkan bahwa susu kecoak memiliki kandungan protein kompleks, insulin, dan lemak.


Nah, itulah 10 sumber pangan yang diprediksi menjadi tren konsumsi masa depan. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Mall

featured image source: nuthut.ca