Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda diperingati setiap tahunnya setiap tanggal 28 Oktober. Dikutip dari beberapa sumber, Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar pemuda-pemuda Indonesia yang dulu digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Ikrar tersebut menghasilkan sebuah sumpah yang mempertahankan Indonesia.

Untuk mencapai ikrar tersebut tentu tidak mudah. Mulanya, pemuda yang berkumpul dalam Kongres Pemuda I pada 30 April 1926 di Jakarta itu mengadakan rapat untuk membahas persatuan. Mereka dipelopori oleh Muhammad Yamin.

Proses itu pun berlanjut hingga puncaknya pada 28 Oktober 1928, ikrar pun diucapkan pemuda-pemudi bangsa Indonesia. Momen tersebut kemudian menjadi salah satu tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia. Itu mengapa, hingga kini kita masih memperingati hari Sumpah Pemuda.

Kira-kira apa saja ya kegiatan asyik yang bisa dilakukan untuk memperingati Sumpah Pemuda?

1. Bangga Berbahasa Indonesia dengan Baik

article image

Image source: kompasiana.com

Tidak salah untuk mahir bahasa asing, namun jangan sampai kita melupakan bahasa sendiri ya. Bahasa kita tidak kalah bagus dari bahasa negara lain kok. Ini juga cara kita menjaga ikrar pada pemuda Indonesia pada tahun 1928 silam.

Apalagi bahasa Indonesia ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dipelajari. Bahasa Indonesia juga kaya akan kosa kata.

2. Mengunjungi Museum Sumpah Pemuda

article image

Image source: suara.com

Buat kamu yang berada di Jakarta, bisa juga mengunjungi Museum Sumpah Pemuda. Tepatnya berada di Jalan Kramat Raya Nomor 106. Di sana kamu bisa melihat beberapa peninggalan bersejarah, terutama biola yang digunakan W.R Supratman untuk menciptakan lagu Indonesia Raya.

Ada pula kumpulan foto dan bendera organisasi pemuda, barang-barang antik, dan tentu saja dokumen bersejarah.

3. Membaca Buku

article image

Image source: cnnindonesia.com

Sebagai generasi muda yang berprestasi kita harus memperkaya literasi dengan banyak membaca buku. Kegiatan super berfaedah ini cocok banget kamu lakukan untuk memperingati sumpah pemuda.

Kamu bisa mencari buku-buku yang menggambarkan perjuangan para pemuda dan pahlawan untuk Indonesia. Ini juga dapat membuka wawasan kamu.

4. Aktif dalam Kegiatan Sosial

article image

Image source: wartakota.com

Salah satu kegiatan yang juga bisa kamu lakukan untuk memperingati Sumpah Pemuda atau meneladani para pendahulu kita adalah dengan aktif dalam beberapa kegiatan sosial. Saat ini kegiatan sosial pun sudah mulai banyak diprakarsai oleh anak-anak muda. Misalnya penggalangan dana untuk korban bencana, dan masih banyak lagi.

5. Memerangi Ketidakadilan

article image

Image source: ichi.pro

Jika dulu pemuda harus banting tulang, peras keringat untuk melawan penjajah, kini giliran kita yang meneruskan perjuangan mereka. Bukan melawan penjajah, namun ketidak adilan yang ada di negeri ini. Kamu bisa menggunakan suaramu untuk aktif dan kritis membangun Indonesia.

Kamu bisa buktikan jika pemuda itu bisa dan mampu mengubah dunia. memperingati Sumpah Pemuda, mari jadi pemuda yang aktif dan berprestasi untuk Indonesia.

Malls

Articles

Featured Image Source: mobile.twitter.com