Tanaman Buah yang Bisa Di Tanam Di Rumah

Lahan hunian yang terbatas sudah menjadi problem lumrah di kota-kota besar. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memulai hobi berkebun. Meskipun halaman rumah sempit atau mungkin tidak ada lahan terbuka sama sekali, kamu bisa memilih tanaman pot sebagai solusinya.

Tanaman yang bisa tumbuh di dalam pot bukan cuma tanaman hias, ada juga jenis-jenis tanaman buah dalam pot yang bisa ditata menjadi semacam kebun mini di dalam ruangan. Berikut 7 jenis tanaman buah dalam pot yang bisa kamu tanam sendiri di rumah:

1. Strawberry

article image

Image source: empressofdirt.net

Strawberry termasuk jenis buah dalam pot yang cepat panen dan mudah dirawat. Cukup sekali menanam, kamu bisa bisa panen sampai dua kali dalam setahun. Gunakan pot dengan sistem drainase selebar 45 cm dan kedalaman kurang lebih 10 cm. Pastikan tanaman strawberry mendapat sinar matahari langsung dan posisikan mahkotanya agar selalu rata dengan permukaan kompos.

2. Jambu Biji

article image

Image source: kdngroup.co.id

Jangan salah, pohon jambu biji juga bisa ditanam di dalam pot dan tetap berbuah subur. Kamu hanya perlu memilih pohon yang sehat untuk distek batang lunaknya. Selain itu, pastikan tanaman ini disimpan di tempat bersuhu hangat dan mendapat sinar matahari langsung.

3. Lemon

article image

Image source: whiteonricecouple.com

Pilihan tanaman buah dalam pot berikutnya adalah lemon. Namun, sebaiknya menggunakan gunakan pot tanah liat agar air bisa keluar dari lubang pori-porinya. Hal ini cukup penting mengingat tanaman lemon tidak bagus jika sampai terendam air.

4. Beach Cherry

article image

Image source: Bukalapak

Selain cepat panen, tanaman yang satu ini cukup mudah untuk dirawat. Beach cherry merupakan jenis buah ceri yang biasa tumbuh di pesisir pantai dan daerah dataran rendah sejenisnya. Jenis ceri ini termasuk tanaman tangguh yang mampu bertahan meski dalam cuaca ekstrim.

5. Pohon Apel Kerdil

article image

Image source: Dekoruma.com

Pohon apel kerdil cocok ditanam dalam pot berukuran besar untuk ditempatkan di area terbuka yang terbatas, seperti balkon atau teras rumah, karena pohon ini membutuhkan sinar matahari setiap hari. Pilihan varietas terbaiknya adalah pohon apel yang bisa melakukan penyerbukan sendiri atau jenis tertentu hasil cangkok silang.

6. Delima

article image

Image source: Bibit Online

Delima termasuk jenis tanaman buah yang cukup mudah ditanam di dalam pot. Tanaman ini memiliki perakaran dangkal jika dibandingkan dengan pohon buah besar lainnya. Selain itu, delima juga termasuk tanaman yang tahan dingin.

7. Nanas

article image

Image source: Lazada

Ukuran pohon nanas juga tergolong kecil dan cocok ditanam di pot. Tanaman ini hanya memiliki tinggi sekitar 1-2 meter saja, akarnya pun lumayan dangkal. Untuk menanam pohon nanas, carilah mahkota nanas terbaik lalu potong dan rendam dalam air selama 1 sampai 2 hari, selanjutnya tanam di pot dan simpan di bawah cahaya matahari.

8. Srikaya

article image

Image source: Bisnisbali.com

Selain nanas, srikaya juga memiliki ukuran ideal untuk ditanam di pot. Tanaman perdu ini tingginya hanya berkisar antara 2-7 cm saja. Apabila rutin dilakukan pemeliharaan dan pemangkasan, tanaman ini bisa bertahan cukup baik. Srikaya juga termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah maupun iklim.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

Featured image source: IDN Times Bali