Inilah Teknologi Impian Masa Depan yang Sudah Ditunggu Banyak Orang

Bicara mengenai teknologi, sejak beberapa dekade terakhir umat manusia telah mengembangkan teknologi-teknologi canggih yang kini sudah mengalami kemajuan pesat. Tapi tahukah kamu, pada awalnya orang-orang hanya menganggap bahwa teknologi yang kita gunakan sekarang hanyalah khayalan belaka, sebelum akhirnya benar-benar menjadi kenyataan. Terima kasih kepada para ilmuan terdahulu yang telah mengenalkan inovasi-inovasi brilian mereka, sehingga akhirnya kita bisa memanfaatkan penemuan tersebut untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Teknologi canggih yang terakhir kali ditemukan sekaligus dikembangkan umat manusia adalah Artificial Inteligent (AI), orang pertama yang mencetuskan istilah tersebut adalah John McCarthy pada 1956, lima tahun setelah program AI pertama berhasil dijalankan melalui mesin “Ferranti Mark I”. Siapa sangka jika teknologi yang awalnya banyak dianggap sebagai sesuatu yang bersifat fiksi tersebut akhirnya bisa berkembang pesat seperti sekarang, bahkan sudah diterapkan di berbagai aspek kehidupan. AI adalah satu contoh dari teknologi-teknologi “khayalan” yang akhirnya bisa menjadi kenyataan.

Saat ini, ada beberapa teknologi masa depan yang sering dimimpikan oleh banyak orang, bahkan beberapa di antaranya sudah mulai direalisasikan, berikut ulasan selengkapnya:

Mobil Kemudi Otomatis (Self-Driving Car)

article image

image source: ucsusa.org

Bayangkan sebuah kendaraan yang bisa beroperasi tanpa perlu dikemudikan, pasti akan sangat menyenangkan bukan? Pengembangan teknologi ini sebenarnya memang sudah ada sejak lama, salah satunya adalah self-driving car yang dikembangkan oleh Google. Raksasa internet ini sempat mempublikasikan hasil uji coba mobil prototipenya dengan berkendara sejauh 200.000 mil (kurang lebih 321 ribu KM) di jalanan California. Selanjutnya, Google akan menunggu proses perizinan dari pemerintah untuk menyetujui pengujian lebih lanjut. Seandainya mobil ini digunakan di Indonesia, khususnya di jalanan Jakarta yang terkenal super macet, sepertinya mobil ini akan sangat membantu!

Mobil Terbang

article image

image source: forbes.com

Mobil terbang awalnya banyak dianggap sebagai lelucon dan khayalan belaka, tapi setelah sebuah video uji coba mobil terbang sempat beredar luas, sepertinya kita harus lebih berhati-hati untuk menertawakan “khayalan”. Bos Google, Larry Page adalah salah satunya, Page memang sudah lama tertarik dengan teknologi ini, bahkan dia sempat mendanai beberapa startup yang mengembangkan teknologi mobil terbang seperti Kitty Hawk dan Opener. Beberapa waktu lalu, Opener sempat melaporkan hasil uji coba mobil terbang yang mereka kembangkan, yaitu BlackFly. Mobil yang memiliki satu seat dan dioperasikan menggunakan joystick ini telah diuji coba lebih dari 1.400 kali penerbangan dengan total jarak tempuh sekitar 12.000 mil. Masih berani bilang mobil terbang cuma khayalan?

Teknologi Hologram

article image

image source: youtube.com

Sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan teknologi komersial telah menghadirkan beberapa inovasi teknologi menggunakan konsep hologram ke pasaran, salah satunya adalah keyboard hologram untuk perangkat PC. Pengembangan teknologinya sendiri sudah berlangsung sejak akhir tahun 1940an oleh Dennis Gabor, seorang fisikawan berkebangsaan Hungaria. Awal mulanya dia tidak sengaja menemukan teknik holografi ini ketika sedang melakukan penelitian tentang mikroskop elektron. Perkembangannya kemudian berlanjut ke Uni Soviet, oleh seorang ilmuan bernama Yuri Denisyuk, dan masih terus berlanjut hingga sekarang. Kira-kira, di masa mendatang nanti akan berkembang seperti apa ya?

Android (Robot Humanoid)

article image

image source: dailysabah.com

Teknologi impian masa depan yang ditunggu banyak orang selanjutnya adalah robot humanoid. Robot humanoid bisa digambarkan sebagai mesin yang memiliki fungsi keseluruhan menyerupai tubuh manusia, singkatnya, robot ini merupakan replika manusia. Robot ini juga mampu melakukan aktivitas dan interaksi dengan lingkungan atau benda-benda yang ada di sekitarnya, persis seperti cara manusia berinteraksi. Walaupun begitu, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan masih jauh dari sempurna. Tampilannya sendiri tidak selalu didesain menyerupai tubuh manusia, ada pula robot humanoid yang memiliki tampilan setengah dari tubuh manusia, misalnya dari bagian pinggang ke atas. Sedangkan untuk robot humanoid yang didesain seperti manusia, mereka memiliki tampilan persis seperti tubuh manusia, memiliki wajah, mata, mulut, hidung, lengkap dengan kulit sintetis.

Teknologi Exoskeletons

article image

image source: hobiplanet.com

Sama halnya seperti robot humanoid atau android, teknologi exoskeleton pun masih dalam tahap pengembangan yang belum sempurna. Kendati demikian, teknologi yang satu ini sudah ditunggu banyak orang. Exoskeleton sendiri merupakan semacam pakaian atau bisa juga berupa organ tambahan yang digunakan untuk melindungi sekaligus meningkatkan kemampuan si pengguna. Teknologi ini banyak dikembangkan menjadi sebuah perangkat mesin yang bisa dikendalikan dengan pikiran dan sensor otot tubuh manusia, persis seperti kostum tempur milik Tony Stark. Teknologi ini biasanya sering muncul di karya-karya fiksi ilmiah, entah itu film atau video game, yang jelas, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!


Itulah beberapa teknologi impian masa depan yang sudah ditunggu banyak orang! Sambil menunggu rilisnya, kamu bisa mengecek rekomendasi gadget dengan teknologi terkini dari brand-brand ternama yang ada di Gotomalls. GoToMalls menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls