Gadget Teknologi Ramah Lingkungan yang Wajib Kamu Miliki

Perkembangan teknologi kini semakin maju dan kecanggihan yang ditawarkan membuat segala kegiatan manusia berjalan lebih mudah. Namun tanpa disadari, kehadiran gadget yang ada kini, memberikan dampak negatif pada lingkungan. Semisal, penggunaan alat elektronik saat ini yang banyak membutuhkan listrik. Jadi semakin sering digunakan, semakin banyak pula energi listrik yang dikonsumsi. Secara tidak langsung asap yang dihasilkan dari pembangkit listrik juga semakin banyak dan membuat polusi udara di lingkungan juga bertambah parah. Atas dasar hal tersebutlah, membuat banyak ide muncul terkait gadget yang menggunakan teknologi ramah lingkungan. Dengan tujuan mampu meminimalisir bahkan meniadakan dampak negatif yang bisa disebabkan akibat penggunaan gadget. Berikut gadget teknologi ramah lingkungan yang wajib kamu miliki.

Charger Ponsel Bertenaga Matahari

[[img-1]

Source image: brilio.net

Charger atau pengisi daya menjadi salah satu benda yang cukup penting bagi pemilik smartphone. Kini telah hadir charger ponsel ramah lingkungan yang menggunakan tenaga sinar matahari. Gadget yang satu ini bukanlah hal yang baru, bahkan kamu bisa mudah menemukannya di beberapa toko elektronik. Sekarang ini pun sudah banyak yang menjual beberapa jenis powerbank dengan sumber tenaga surya yang dipergunakan untuk mengisi baterai. Gadget seperti gambar di atas ini mempunyai kapasitas sebesar 7.800 mAh dan bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone hingga 2 kali. Bisa hemat listrik, deh!

Keyboard Bambu

article image

Source image: ayahkeren.id

Keyboard merupakan salah satu bagian dalam perangkat komputer yang cukup penting. Kini telah hadir keyboard yang terbuat dari bahan baku dari bambu. Tak hanya biaya produksinya yang murah, namun keyboard bambu ini juga mudah untuk dibawa ke mana pun karena bobotnya yang ringan dan bentuknya ringkas. Keuntungan lainnya dari keyboard bambu ini adalah dapat didaur ulang serta tidak membutuhkan energi listrik. Dan perlu kamu ketahui, jika benda unik ini mempunyai karakteristik yang sama seperti keyboard produksi Apple yaitu menggunakan bluetooth. Jadi, jangan sampai melewatkan gadget teknologi ramah lingkungan ini untuk kamu miliki.

Kini pun sedotan juga terbuat dari bambu lebih ramah lingkungan dan tidak perlu menggunakan plastik.

Sedotan Bambu Ramah Lingkungan

article image

Beli Sekarang

Speaker Bambu

article image

Source image: urbanloka.com

Sebenarnya, gadget ramah lingkungan yang satu ini bukan speaker yang dapat mengeluarkan suara. Namun lebih mengarah kepada model pengeras suara. Jika kamu punyai gadget lama dengan speaker lemah, maka gunakan saja model pengeras suara seperti ini dibandingkan membeli speaker baru yang mahal dan tidak ramah lingkungan. Model speaker bambu ini sifatnya portable serta tidak membutuhkan baterai. Hanya saja tak seperti speaker elektronik pada umumnya, kamu tidak bisa mengatur tingkat suaranya. Meski begitu, speaker ini sudah sangat membantu agar suara dari gadget lainnya terdengar lebih keras.

Mouse Hasil Daur Ulang Plastik Dan Gabus

article image

Source image: keepo.me

Jika biasanya mouse terbuat dari bahan plastik yang sulit untuk didaur ulang. Namun berbeda dengan gadget yang satu ini karena terbuat dari bahan daur ulang, yaitu menggunakan komponen piezoelektrik yaitu dari plastik daur ulang serta gabus. Uniknya setiap menggerakkan mouse ini seperti melakukan klik ataupun memindahkan gulir maka otomatis gadget ini akan menghasilkan energi kinetik. Unik bukan?

Headphone Bluetooth

article image

Source image: papinka.info

Headphone Bluetooth yang satu ini menggunakan tenaga matahari dan diciptakan seorang mahasiswa yang berasal dari Transylvania University, Shepeleff Stephen. Perangkat ramah lingkungan ini dinamakan Q-Sound dan menjadi salah satu gadget teknologi ramah lingkungan yang unik. Meskipun terlihat aneh, namun keunikan dan sifatnya yang ramah lingkungan merupakan nilai tersendiri. Q-Sound dipasang panel surya di bagian band Panel Suryanya yang digunakan untuk mengisi daya baterai NiMH yang berkapasitas 800 mAh, 1.2 V. Dan jika baterai headphone ini telah terisi penuh, gadget ini mampu bertahan hingga 40 jam. Hebat bukan?

Caia, Alat Untuk Menerangi Ruangan

article image

Source image: flashcomindonesia.com

Ingin menerangi ruangan namun tidak membutuhkan energi listrik? Maka gunakan saja gadget yang satu ini. Alat ini akan sangat membantu dan cocok untuk kamu gunakan. Robot yang satu ini memanfaatkan sinar matahari di sekitar dan digunakan untuk menerangi ruangan di mana tempat gadget ini diletakkan. Jadi kamu bisa menerangi ruangan tanpa harus boros biaya listrik.

Printer Dengan Kopi Untuk Tinta

article image

Source image: geek.com

Gadget yang satu ini sangat unik, bagaimana tidak? Jika printer pada umumnya menggunakan tinta namun alat ini menggunakan kopi untuk tinta yang pastinya lebih ramah lingkungan. Bernama RITI Coffee Printer, printer ini mampu mengubah cethe (endapan kopi di cangkir) menjadi tinta. Namun sayang tidak dijelaskan bagaimana proses pencetakan dengan menggunakan printer ini.


Itulah beberapa teknologi ramah lingkungan yang unik dan juga memiliki segudang manfaat. Menggunakan gadget berteknologi ramah lingkungan juga turut membantu untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga baik. Dan tentu saja ini sangat penting untuk masa depan.

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo dari berbagai brand dan mall serta kupon-kupon diskon dan juga artikel-artikel yang menarik untuk dibaca!
Ada info event juga loh!

Products

Malls

Articles