Tempat Paling Angker di Indonesia, Berani Berkunjung?

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki sejuta destinasi wisata. Menariknya lagi, kekayaan wisata ini tidak hanya seputar pemandangan alam atau tempat rekreasi saja, hampir semua jenis wisata bisa kamu temukan di seluruh penjuru Indonesia. Kalau kamu bosan dengan pariwisata yang begitu-begitu saja, dan ingin mencoba sesuatu yang menantang, sebaiknya kamu berkunjung ke 7 tempat angker di Indonesia berikut ini:

Sebelum lanjut membaca, cek juga kupon diskon berikut yang mungkin menarik buat kamu!

1. Lawang Sewu (Semarang)

article image

image source: frontoneinnsemarang.com

Pada suatu masa, gedung ini merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Lawang Sewu yang dalam bahasa Indonesia berarti “seribu pintu” ini berlokasi di Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Pertama kali dibangun pada 1904 sampai dengan 1907, gedung megah ini telah menjadi saksi sejarah perkembangan kota Semarang. Dibalik semua keindahan dan kemegahannya, Lawang Sewu juga konon terkenal angker, maka tak heran kalau gedung ini sering dijadikan lokasi uji nyali. Pada masa kependudukan Jepang, lorong bawah tanah gedung ini sempat dijadikan penjara, di mana para tahanan disiksa dengan sangat kejam hingga tewas. Menurut penuturan orang-orang yang pernah berkunjung, berbagai penampakan makhluk halus sering terjadi di Lawang Sewu.

2. Lintasan Kereta Api Bintaro (Jakarta)

article image

image source: tribunnews.com

Senin, 19 Oktober 1987, di lintasan ini sebuah tragedi mengenaskan terjadi. Kereta 220 jurusan Tanah Abang-Rangkasbitung bertabrakan dengan kereta 225 jurusan Rangkasbitung-Jakarta. Akibatnya, sekitar 150 orang penumpang meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka. Kecelakaan kereta api terburuk sepanjang sejarah Indonesia ini kini dikenal sebagai “Tragedi Bintaro”. Setelah peristiwa itu, tingkat kecelakaan maut di sekitar jalur perlintasan meningkat. Beberapa pengendara mengaku tidak mendengar tanda-tanda kedatangan kereta, bahkan ada pula pejalan kaki yang tiba-tiba berjalan mendekat ke arah kereta yang sedang melintas. Warga sekitar meyakini itu semua merupakan ulah “Hantu Budek”. Tahun 2013, kecelakaan besar kembali terjadi. Sebuah truk tangki dihantam kereta api yang sedang melaju, akibatnya 7 orang tewas dan masyarakat setempat menjulukinya sebagai “Tragedi Bintaro II”.

3. TPU Jeruk Purut (Jakarta)

article image

image source: mysimpletricks.com

Warga Jakarta Selatan pasti sudah tidak asing lagi dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang satu ini. TPU Jeruk Purut adalah salah satu pemakaman yang masih terawat dengan baik, selain itu, pemakaman ini juga sudah terkenal dengan kisah-kisah angkernya. Entah dari mana kisah berawal, yang pasti, banyak orang mengaku telah melihat sejumlah penampakan di pemakaman ini. Salah satu yang paling terkenal adalah sosok pastor tanpa kepala yang sering terlihat menjinjing kepalanya sendiri, ditemani seekor anjing hitam besar. Hal ini sudah diyakini masyarakat sekitar selama puluhan tahun. Tidak sedikit orang yang berdatangan ke tempat ini pada malam hari untuk mencari sosok-sosok hantu, bahkan kisah angker TPU Jeruk Purut ini sudah diangkat ke layar lebar.

Pantai Selatan (Jawa)

article image

image source: phinemo.com

Pantai yang terletak di selatan pulau Jawa (Samudera Hindia) ini sudah sangat terkenal dengan kisah-kisah mistisnya, terutama di kalangan masyarakat Sunda, Jawa, dan Bali. Pantai ini banyak diyakini sebagai lokasi kerajaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Walaupun ada beberapa versi berbeda mengenai asal-usulnya, sosok sang ratu ini sering digambarkan sebagai wanita cantik yang mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan sebuah mahkota di kepalanya, menyerupai sosok ratu-ratu Nusantara kuno. Mitos paling terkenal yang berkaitan dengan sosok Nyi Roro Kidul adalah warna hijau, kalau kamu berkunjung ke salah satu Pantai Selatan, biasanya kamu akan menemukan larangan untuk mengenakan pakaian berwarna hijau, karena warna hijau diyakini sebagai simbol dari sang ratu itu sendiri.

5. Gunung Salak (Bogor)

article image

image source: kumparan.com

Gunung Salak sudah sangat populer di kalangan para pendaki dan pecinta alam, letak gunung ini berada di antara Kabupaten Sukabumi dan Bogor, dengan ketinggian 2.211 meter dari permukaan laut. Nama “Salak” diambil dari bahasa Sangsekerta, yaitu salaka, atau dalam bahasa Indonesia berarti “perak”. Di balik kemegahan hutannya, Gunung Salak ternyata menyimpan sisi angker. Di kalangan masyarakat Sunda, gunung ini merupakan salah satu gunung suci. Mereka meyakini bahwa di tempat inilah Prabu Siliwangi menghilang. Selain itu, kisah-kisah menyeramkan dari para pendaki juga turut mewarnai sisi angker gunung ini. Mereka sering menyinggung soal suara gamelan Sunda, penampakan sosok nenek tua yang tinggal di area tebing, suara teriakan minta tolong dari area jatuhnya pesawat Sukhoi, dll. Bahkan, tidak jarang pula para pendaki ini hilang ditengah-tengah pendakiannya.

6. P.I. Bedugul “The Ghost Palace” (Bali)

article image

image source: hipwee.com

Sekitar 50 kilometer sebelah utara Kuta, di sana berdiri sebuah bangunan tua megah yang tampak redup karena sudah lama tidak dihuni manusia. Bangunan hotel ini bernama “P.I. Bedugul” atau sering dijuluki sebagai The Ghost Palace (istana hantu). Tidak ada informasi pasti mengenai asal-usul dan siapa pemilik hotel ini, hanya saja rumor yang beredar mengatakan bahwa bangunan ini merupakan salah satu properti milik Tommy Soeharto, putra presiden RI ke-2. Bangunan ini mulai viral setelah seorang traveler bernama Jacob Laukaitis tak sengaja menemukannya, lalu mengunggah video bangunan tersebut melalui Youtube. Setelah videonya viral, kisah-kisah angker pun mulai bermunculan, seperti kisah seorang pegawai yang tewas di hotel lalu sosoknya sering menampakkan diri, sosok gadis berwajah oriental yang sering mengganggu pemuda yang melintas, suara keramaian, dll.

7. Terowongan Casablanca (Jakarta)

article image

image source: otosia.com

Kisah angker Terowongan Casablanca yang berlokasi di Jakarta Selatan ini sudah diangkat ke layar lebar pada tahun 2007 oleh Nanang Istiabudi. Dalam film tersebut, seorang gadis yang tengah mengandung janin dari kekasihnya dikisahkan berubah menjadi sosok kuntilanak setelah dibunuh dan dikubur di lahan kosong dekat Terowongan Casablanca oleh kekasihnya sendiri. Lalu bagaimana dengan kisah aslinya? Menurut rumor, lokasi terowongan ini merupakan bekas kuburan massal yang dipindahkan karena akan dibangun jalan, tapi sayangnya arwah para mayat yang terkubur di sana tak ikut pindah, sehingga mereka mulai mengganggu orang-orang yang melintas. Beberapa pengendara yang melintas melaporkan tentang penampakan nenek-nenek, lalu ada pula seorang pria yang bunuh diri di depan pintu masuk terowongan. Beberapa orang meyakini bahwa kejadian-kejadian tersebut merupakan penyebab dari banyaknya kecelakaan di jalur Terowongan Casablanca.

Jika ke tempat-tempat angker jangan lupa berbekal senter ya!

Senter LED 2000 Lumens

article image

Beli Sekarang


Itulah 7 tempat paling angker di Indonesia. Apakah kamu sudah pernah ke salah satu dari list di atas? Bagi kamu yang belum pernah, kamu bisa mengatur perjalanan di travel agent terpercaya yang ada di Gotomalls. GoToMalls adalah aplikasi berbasis website yang memberikan informasi diskon, promosi, voucher, merchant, dan event paling up-to-date khusus untuk kamu.

Produk

Brand

Mall