10 Tempat Wisata di Jogja Terbaru Wajib Kamu Kunjungi

Kota Pelajar Yogyakarta tidak pernah hilang pesonanya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengisi liburan di kota ini. Kira-kira apa saja tempat wisata yang akan kamu tuju saat kamu berada di Yogyakarta dan sekitarnya? Jika kamu merasa bahwa Malioboro, Candi Prambanan, pantai Parangtritis atau Keraton Yogyakarta sudah kerap kamu kunjungi, maka jangan khawatir karena masih banyak lokasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah 10 tempat wisata di Jogja terbaru untuk referensi liburan kamu.

Desa Wisata Kalibiru

article image

Image source : tempatwisatafavorit.com

Lokasi wisata alam yang termasuk hits ini terletak di Kalibiru pada bukit Menoreh, Kulonprogo, di sebelah barat kota Yogyakarta. Desa wisata yang berada pada ketinggian 450 Mdpl satu ini dikenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah, seperti misalnya pemandangan Waduk Sermo. Kamu juga bisa melakukan kegiatan flying fox, trekking dan meniti jembatan yang disebut jembatan monyet di sini, dan wajib swa foto atau mengambil foto pada gardu pandang yang tersebar di berbagai lokasi di desa wisata ini. Untuk spot terbaik kamu harus naik menara pandang di atas pohon. Di sini tersedia area parkir, kios makanan, toilet, pendopo, homestay, camping ground dan fasilitas outbound.

Puncak Kosakora

article image

Image source : manusialembah.com

Buat anak muda yang gemar berswafoto, tempat ini paling tepat untuk mengambil foto mengingat keindahannya yang menakjubkan. Kamu cuma dipungut biaya Rp.2.000 saja per orang untuk masuk ke tempat ini. Sebaiknya datang ke tempat ini pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu menyengat, atau ketika sunrise ataupun sunset. Bagi yang ingin menginap juga disediakan tenda dome sesuai dengan kapasitas yang kamu butuhkan.

Kebun Buah Mangunan

article image

Image source : Indonesia.tripcanvas.co

Tempat wisata di Jogja yang satu ini menjadi primadona baru dan lagi-lagi menyajikan keindahan cantik sungai Oya dari ketinggian. Lokasi kebun ini sekitar 15 km dari Kabupaten Bantul dan 35 km dari Kota Yogyakarta tepatnya di Mangunan, Kecamatan Dlingo. Di tempat ini, selain kamu bisa menikmati keindahan alam Bantul, ada juga wisata kebun buah dan pembibitan sapi yang juga tidak boleh dilewatkan. Di sini kamu juga bisa menemukan penginapan seperti homestay, gedung pertemuan dan juga kolam renang.

Upside Down World Yogya

article image

Image source : jpswisata.com

Setelah dibuka di wilayah Bali, Upside Down World kemudian juga hadir di Yogyakarta. Konsepnya sama, yaitu sebuah tempat tinggal yang seolah melawan gravitasi bumi karena terbalik. Terdapat 8 spot berfoto di sini yaitu area ruang tamu, kamar mandi, toilet, dapur, kamar tidur utama, kamar anak, ruang makan, laundry room, serta ruang 3D. Furnitur yang tersedia di lokasi ini semuanya asli dan bukan tempelan atau lukisan 3D. Setibanya di Upside Down World, kamu akan ditemani seorang guest assistant yang akan memandu kamu menjelajahi seluruh tempat.

Taman Tebing Breksi

article image

Image source : bonvoyagejogja.com

Tempat wisata di Jogja yang kekinian ini memang terbilang eksotis dan unik. Ia terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan, menampilkan bebatuan raksasa yang mirip dengan Brown Canyon di Semarang dan Green Canyon di Pangandaran. Perbedaannya hanya pada warna batuannya yang cenderung abu-abu. Bebatuan di sini sengaja diukir dan dipahat dengan bentuk-bentuk yang unik dan menarik. Selain menikmati ukiran bebatuannya yang indah, pemandangan di puncak tebing juga tidak kalah menarik. Pada puncak tebing kamu bisa menikmati keindahan Candi Ijo serta Candi Ratu Boko berlatar belakang Gunung Merapi dan Merbabu. Pada kaki Tebing Breksi terdapat Tlatar Seneng yang kerap dimanfaatnya sebagai tempat pertunjukan seni.

Kebun Buah Langka Sedayu

article image

Image source : wisatajawatimur.xyz

Kalau yang satu ini sangat sesuai untuk keluarga dan anak-anak, juga buat kamu penggemar tanaman buah langka. Lokasi ini disebut dengan Wisata Agro Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu yang berlokasi di Jalan Wates Km.12 Dusun Sundi Kidul, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di sini terdapat sekitar 300 tanaman langka seperti Anggur Brasil Basil (Jaboticaba), Buah Tin, Blackberry, Kacang Amazon, Jeruk Nagami, dan lain-lain.

Hutan Pinus Mangunan

article image

Image source : anekatempatwisata.com

Obyek wisata indah yang ramah di kantong ini terletak di daerah Dlingo, Bantul. Hutan lindung satu ini menawarkan pemandangan yang langka kamu temukan di tempat lain karena dipenuhi tumbuhan pinus. Pohon Pinus di lokasi ini telah ditanam sekitar tahun 1985 di kawasan RPH Mangunan, saat ini sudah tumbuh menjulang menawarkan kesejukan dan keindahan, sehingga kamu seolah sedang tidak berada di Indonesia. Tidak diberlakukan tiket masuk di tempat ini, dan kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Karena keindahannya, lokasi ini kerap digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding.

Gua Pindul

article image

Image source : justgola.com

Lokasi wisata ini mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Gua Pindul yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini merupakan salah satu dari tujuh gua dengan aliran sungai bawah tanah. Panjang gua sekitar 350 meter, lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua adalah 4 meter dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter. Jangan lupa untuk mencoba cave tubing sebuah aktivitas menyusuri gua melalui sungai dengan menggunakan ban atau pelampung. Pasti seru, deh!

Gunung Api Purba Nglanggeran

article image

Image source : panduanwisatajogja.com

Gunung Api Nglanggeran ini merupakan tempat wisata di Jogja yang terbilang baru dikenal sejak ditetapkan sebagai kawasan material vulkanik. Gunung satu ini berlokasi di kawasan Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Baturagung, bagian utara Kabupaten Gunung Kidul dengan ketinggian 200 – 700 mdpl, dengan jarak tempuh kurang lebih 22 km dari kota Wonosari. Gunung api purba ini menawarkan pemandangan bebatuan hitam raksasa serta pemandangan indah kota Yogyakarta dari ketinggian. Kawasan ini adalah kawasan yang litologinya disusun dari material vulkanik tua serta bentang alamnya menawarkan keindahan yang secara geologi terkesan unik.

Taman Pelangi

article image

Image source : wisatabaru.com

Ingin melepas lelah serta berfoto-foto cantik tetapi masih ingin tetap di dalam kota Yogyakarta? Coba kamu berkunjung ke Taman Pelangi yang berlokasi di Monumen Jogja Kembali (Monjali), monumen dan museum sejarah perjuangan kemerdekaan RI di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta. Pada pelataran monumen ini terdapat keindahan pada malam hari. Aneka lampion berbagai bentuk menerangi lokasi ini dengan cahaya berwarna-warni.


Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi untuk mengisi liburan kamu. Sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti misalnya Desa Wisata Nglinggo, Gua Jomblang, Green Village Gedangsari, Lava Tour Merapi, dan masih banyak lagi. Semua tergantung dari kamu sendiri mau mengeksplor yang mana. Jadi, tidak alasan untuk menjadi bosan jika berkunjung ke Yogyakarta.

Setelah puas menikmati tempat wisata di Jogja, kamu bisa berkunjung ke mal-mal yang ada di kota ini. Cek dulu Gotomalls.com untuk mendapatkan informasi promo dari semua merchant restoran. Makan-makan pun jadi lebih nikmat dan hemat dengan promo yang ditawarkan. Selamat jalan-jalan dan icip-icip!

Malls