Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Sadar atau tidak, saat ini anak mulai ketergantungan dengan gadget. Terlebih di masa pandemi, sekolah merubah pola belajar menjadi daring. Yang mana pertemuan tatap muka antara guru dan anak didiknya dilakukan secara online via zoom dan ataupun Google Meet beserta tugas-tugas online lainnya.

Pun dengan mereka yang belum sekolah. Para orangtua yang sibuk bekerja banyak memanfaatkan gadget sebagai media hiburan bagi anak-anaknya. Akibatnya mereka mulai kecanduan dan susah lepas dari gadget.

Pasti kamu sebagai orangtua atau calon orangtua tidak ingin anak kecanduan gadget bukan? Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar anak tidak kecanduan gadget.

1. Berikan Contoh Pada Anak

article image

Image source: parentmaps.com

Apa yang dilakukan anak sebenarnya adalah cerminan orang disekitarnya. Jika kamu tidak ingin anak kecanduan gadget, maka berikanlah anak contoh dengan tidak bermain gadget di depan mereka. Setidaknya hanya lakukan jika sangat penting atau darurat.

Kebiasaan itu akan membentuk pola pandang anak. Dengan begitu anak tidak akan ikut sibuk melihat gadget seperti orangtua dan orang-orang disekitarnya.

2. Batasi Penggunaan Gadget dan Beri Jadwal Main

article image

Image source: elevanto.com

Meski berdampak buruk jika kecanduan, namun gadget memang dapat mendatangkan manfaat baik untuk anak. Misalnya sebagai media pembelajaran. Untuk itu kamu perlu membuatkan jadwal atau membatasi penggunaan.

Misalnya setiap hari anak hanya diberi jadwal 1-2 jam bermain gadget. Itu pun perlu dengan pendampingan orangtua ya. Cara ini cukup ampuh membuat anak tidak terlalu ketergantungan dengan gadget.

Setelah jadwalnya habis, maka kamu bisa menyimpan gadget di tempat yang mungkin tidak diketahui anak. Jadi mereka tidak bisa mengambil gadget tanpa seizin mu.

3. Batasi Akses

article image

Image source: 55placess.com

Banyak anak saat ini sudah memiliki gadget sendiri meski usianya masih sangat kecil. Bahkan para orangtua dengan mudah memberikan gadget pada anaknya. Sebelum makin berdampak, ada baiknya kamu memberikan batas penggunaan gadget pada anak dan jangan diberikan akses penuh.

Misalnya anak hanya boleh membuka aplikasi Youtube Kids atau beberapa game yang mendidik. Ada baiknya tidak memberikan gadget kecuali mereka sangat membutuhkannya.

4. Buatkan Anak Aktivitas Seru

article image

Image source: 123rf.com

Biar anak tidak melihat gadget terus kamu bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang seru. Buat anak sibuk dengan permainan yang kamu buat. Misalnya dengan mengajak anak bermain di taman, memberikan mereka cerita, atau permainan lainnya yang tidak berhubungan dengan gadget.

Cara ini cukup ampuh membuat anak lupa dengan gadget. Lambat laun anak pun akan terbiasa dengan kegiatan lain selain gadget.

5. Beri Aturan Wilayah Bebas Gadget

article image

Image source: ccy.jfcs.org

Seperti apa sih wilayah bebas gadget? Wilayah bebas gadget adalah wilayah yang mana ketika siapapun berada di sana tidak boleh bermain gadget. Aturan ini juga berlaku untuk orangtua ya.

Tempat-tempat yang bebas gadget misalnya tempat makan, ruang keluarga, dan kamar tidur. Coba mulai disiplinkan mulai saat ini ya.

6. Beri Pengertian Bahaya Gadget

article image

Image source: todaysparent.com

Perlahan, kita juga bisa sampaikan apa saja dampak dan bahaya penggunaan gadget yang terlalu sering. Salah satunya adalah sakit mata. Jelaskan juga jika internet yang bisa diakses dengan mudah via gadget jadi tempat yang cukup berbahaya. Apalagi jika informasi yang dibuka oleh si kecil tidak dengan pengawasan orang dewasa.

Jangan takut untuk membahas orang jahat yang kerap beraksi di sosial media. Diskusikan bersama mereka bagaimana cara menghindari pengaruh jahat tersebut. Jadi anak tidak takut namun juga akan lebih tau porsinya saat bermain gadget.

7. Beri Sikap Tegas

article image

Image source: chasmancenter.com

Jika anak sudah cukup kecanduan dan semua aturan yang kamu buat tidak membuat mereka jera, maka cara lainnya adalah memberikan sikap tegas. Berikan aturan-aturan tegas, misal jika anak melanggar aturan maka kamu berhak memberikan denda atau mengurangi jatah jajannya.

8. Ajak Anak Komunikasi dengan Baik

article image

Image source: choa.org

Alasan lain yang membuat anak senang melihat layar gadget adalah kurangnya perhatian dan komunikasi yang bagus dengan orangtua. Kita tidak inginkan sampai anak tidak punya waktu dengan kita? Untuk itu mulailah untuk mengajak anak komunikasi dengan baik dan berikan perhatian penuh padanya ketika di rumah.

Tanya apa yang sedang anakmu butuhkan dan dengarkan setiap cerita yang dia curahkan padamu. Kamu bisa jadi orangtua sekaligus jadi teman untuk mereka.

Malls

Articles

Featured image source: dreamstime.com