Tips Bepergian untuk Ibu Hamil

Hamil adalah pengalaman luar biasa yang sulit diungkapkan oleh wanita. Hamil juga banyak merubah kebiasaan wanita. Mulai dari asupan makanan, baju, berat badan, hingga mood. Pun dengan keinginan aneh seperti traveling ke tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi.

Namun amankan ibu hamil bepergian luar kota atau bahkan ke luar negeri? American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan biasanya aman untuk bepergian sampai usia kandungan mencapai 36 minggu, jadi kamu masih bisa keluar dan melihat dunia.

Dan berikut ini beberapa tips aman bepergian saat hamil.

1. Bepergian Saat Kondisi Kehamilan Baik

article image

Image source: holidaysafe.com

Waktu terbaik bagi wanita hamil bepergian adalah antara usia kandungan 14 - 28 minggu. Atau setidaknya sampai pertengahan kehamilan.

Umumnya masalah kehamilan banyak terjadi pada trimester pertama dan ketiga. “Saat pertengahan kehamilan energi Anda sudah kembali, mual di pagi hari biasanya hilang dan masih mudah untuk mengatasinya,” kata ACOG.

Jika kamu memiliki waktu yang fleksibel dengan jadwal perjalanan, ada baiknya untuk menghindari perjalanan pada awal kehamilan dan akhir kehamilan. Cara itu akan menyelamatkanmu dari beberapa masalah yang kurang menyenangkan.

2. Pilih Tujuan Perjalanan dengan Tepat

article image

Image source:whattoexpect.com

Saat hamil ada baiknya kamu memilih destinasi yang aman. Setidaknya yang raman wanita. Misalnya dengan memastikan ketersediaan air, kualitas udara yang baik, resiko penyakit, lokasi aman, dan juga ketersediaan rumah sakit terdekat.

Berkonsultasilah pada dokter kandungan adalah cara terbaik memastikan kota atau negara yang kamu kunjungi saat hamil aman. Hindari juga bepergian ke negara-negara yang mengharuskan vaksinasi saat hamil.

3. Bawa Makanan Ringan dan Cairan Sehat

article image

Image source: 30sec.com

Mau bepergian dengan mobil pribadi, kendaraan umum darat, atau pun pesawat penting untuk selalu menyiapkan makanan ringan dan cairan sehat. Wanita hamil lebih mungkin sering lapar dan mudah dehidrasi.

Meski biasanya di kendaraan umum sudah ada yang menjajakan makanan ringan, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri agar kamu tidak perlu menunggu saat perut sudah sangat lapar. Dan tentu saja bekal yang kamu bawa lebih higienis daripada yang dibeli di sana.

4. Sering Bergerak

article image

Image source: parenting.firstcry.com

Wanita hamil memiliki resiko pembekuan darah lebih tinggi ketika banyak digunakan untuk duduk. Baik kandungan maupun tubuh akan merasa lebih nyaman ketika kamu banyak menggunakannya untuk bergerak dan mungkin sering berjalan.

Saat dalam perjalanan kamu bisa menikmati perjalanan dengan melihat-lihat sekeliling daripada hanya duduk diam. Jika bermobil kamu bisa minta untuk berhenti sejenak untuk melakukan peregangan.

5. Beli Asuransi Perjalanan

article image

Image source: visareservation.com

Banyak sumber mengatakan jika memiliki asuransi perjalanan dapat menjadi bekal yang baik bagi wanita hamil saat bepergian. Ini akan sangat berguna apabila satu ketika kandungan mengalami masalah. Meski kita tidak pernah berharap demikian.

Dengan asuransi perjalanan kesehatan ibu dan anak pun akan sangat terjamin, Kamu tidak perlu khawatir lagi jika harus membayar biaya inap rumah sakit ketika bermasalah dengan kandungan.

6. Bawa Rekam Medis Kandungan

article image

Image source: comparethemarket.com

Lee Roosevelt seorang yang bekerja sebagai bidan perawat di University of Michigan – Ann Arbor, mengatakan jika wanita hamil dapat memperoleh ketenangan pikiran dan mempercepat perawatan medis apa pun yang mungkin kamu perlukan dengan membawa salinan catatan medis terkait kehamilan selama perjalanan.

7. Pilih Aktivitas yang Tidak Membahayakan

article image

Image source:nesw24.com

Mungkin ini sedikit membosankan namun penting untuk pandai memilih aktivitas yang aman dan tidak beresiko. Hindari aktivitas yang beresiko mudah terjatuh, seperti snowboarding, ski air, selancar, pergi ke puncak, atau pun scuba.

Kamu juga bisa menghindari pemandian air panas dan sauna karena panas yang ekstrim tidak baik untuk bayi.

8. Sering-sering Beristirahat

article image

Image source: travelinsurance.ca

Wanita hamil membawa beban lebih berat daripada biasanya. Rasa lelah pun akan sering menyerang meski hanya melakukan aktivitas sederhana. Jadi istirahatlah sejenak dan sering-sering mengangkat kaki. Cara ini cukup membantu.

Tubuh wanita hamil bekerja lebih keras untuk membesarkan bayi dan membawa berat badan ekstra itu sulit. Beristirahat setiap kali dia merasa lelah adalah cara yang bagus untuk memastikan ibu dan kandungan nyaman serta tidak terlalu stres dalam perjalanan. Biasanya, istirahat sejenak, sedikit camilan, dan air adalah semua yang dibutuhkannya untuk siap melanjutkan perjalanan.

9. Kenakan Pakaian yang Longgar

article image

Image source: daralnahda.com

Pakaian ternyata juga jadi sumber kenyamanan saat perjalanan jauh. Wanita hamil perlu memperhatikan pilihan pakaian. Pilihlah bahan-bahan yang longgar. tidak panas, dan mudah menyerap keringat. Benar, ibu hamil lebih sering berkeringat, jadi pastikan apa yang kamu gunakan nyaman untuk perjalanan.

10. Pilih Tempat Duduk di Lorong

article image

Image source:babycenter.com

Jika kamu bepergian dengan kendaraan umum, seperti kereta api, pesawat, atau pun bis pilihlah kursi di lorong meski harus membayar ekstra. Ibu hamil harus sering bergerak dan mudah kebelet untuk buang air kecil.

Jadi daripada kamu harus susah-susah keluar melewati orang lain, ada baiknya kamu minta untuk duduk di lorong. Ini akan membuat ibu hamil lebih nyaman dan tentu saja tidak mengganggu kenyaman penumpang lain juga.

Itulah 10 tips bepergian aman untuk ibu hamil. Jadi jangan ragu lagi untuk keluar rumah dan menikmati perjalanan menyenangkan selama masa kehamilan. Selamat mencoba.

Malls

Articles

Featured Image Source: eltren.de