Tips Aman Berhubungan Seks untuk Penyintas HIV

Mengidap HIV bukan berarti harus mengakhiri aktivitas intim dengan pasangan selama-lamanya. Jika dilakukan dengan cara yang tepat dan aman, resiko penularan HIV kepada pasangan bisa dicegah.

Pertama-tama, kamu perlu memahami beberapa tips hubungan seks yang aman untuk penyintas HIV. Kamu dan pasangan bisa tetap menjalin kehidupan rumah tangga yang harmonis meskipun salah satunya mengidap HIV.

Berikut tipsnya:

1. Selalu Gunakan Kondom

article image

Image source: Northwestern Medicine

Meskipun jumlah virus HIV di dalam darah sedang rendah atau tak terdeteksi, penyintas HIV harus selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangannya.

Untuk pria dan wanita penyintas HIV, kondom bersifat wajib mutlak jika tetap ingin menjalin hubungan intim yang sehat dan aman. Gunakan kondom dengan benar, agar mengurangi resiko penularan HIV bagi pasangan.

2. Konsumsi Obat Antiretroviral Secara Rutin

article image

Image source: SehatQ.com

Terapi antiretroviral (ARV) secara rutin merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan HIV kepada pasangan. Obat ini bekerja dengan menurunkan jumlah virus HIV di dalam sistem tubuh.

Umumnya, dalam kurun waktu 3 bulan jumlah virus akan menurun sampai titik “tidak terdeteksi”. Jika sudah mencapai titik tersebut, kemungkinan HIV menular akan sangat rendah.

3. Menjalani Pengobatan Profilaksis Pra Pajanan (PPrP)

article image

Image source: AIDS Drugs Online

Profilaksis pra pajanan (PPrP) adalah pengobatan yang mampu menjaga tubuh seseorang dari penularan HIV.

PPrP sangat direkomendasikan untuk suami atau istri yang pasangannya mengidap HIV. Dengan cara ini, kemungkinan penularan HIV akan menurun drastis.

Meski begitu, sebaiknya kunjungi dokter terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi sebelum menjalani pengobatan profilaksis pra pajanan.

Dosis dan cara pemakaian mungkin saja berbeda untuk setiap orang. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menggunakan kondom, baik pria maupun wanita.

4. Lakukan Tes Bersama-sama Secara Berkala

article image

Image source: favo.id

Melakukan tes HIV bersama-sama secara berkala akan membantu pasangan tetap aman. Berperan aktif untuk saling melindungi merupakan suatu hal yang mesti dilakukan oleh pasangan penyintas HIV.

Dengan melakukan tes HIV secara berkala, pasangan bisa lebih mengontrol aktivitas seksual agar tetap aman. Demikianlah beberapa tips aman berhubungan seks untuk penyintas HIV.

Untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: HonestDocs