Tips Liburan di Masa Pandemi

Berlibur rasanya bisa jadi obat penghibur lelah setelah sepekan bekerja. Namun di saat seperti ini tidak sedikit orang yang takut untuk keluar rumah.

Sejak penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, banyak pariwisata yang melemah karena kehilangan wisatawan. Meski begitu, sebenarnya kita masih bisa liburan di masa pandemi seperti sekarang, asal memperhatikan protokol kesehatan dan beberapa tips lainnya.

Apakah kamu sudah tidak sabar ingin liburan di masa pandemi ini? Yuk ikuti tips aman berlibur di masa pandemi.

1. Pastikan Kondisi Tubuh

article image

Image source: travelandleisure.com

Tidak ada salahnya merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, akan tetapi saat waktunya tiba kamu harus memastikan jika tubuh dalam kondisi baik. Ketika tubuh terasa kurang sehat, daya tahan akan cenderung menurun dan itu bisa menjadi penyebab kamu mudah terserang virus.

Jika memang kurang prima ada baiknya untuk menunda keberangkatan agar virus Corona tidak mudah menyerang tubuh selama liburan. Apalagi saat ini beberapa lokasi wisata mewajibkan pengunjung untuk menunjukkan hasil PCR atau rapid test.

2. Pilih Wisata Outdoor

article image

Image source: marketplace.org

Wisata outdoor dapat jadi alternatif mematuhi protokol kesehatan yakni menjaga jarak. Wisata outdoor memastikan kamu mendapatkan udara fresh serta meminimalisir kontaminasi virus yang menyebar dalam ruangan tertutup.

Di Indonesia sendiri, destinasi outdoor atau alam terbuka cukup banyak. Misalnya pantai, taman bunga, taman safari, dan masih banyak lainnya. Saat ini konsep liburan outdoor pun memiliki banyak fasilitas yang memanjakan wisatawan.

Seorang travel blogger, Kadek Arini juga pernah mengatakan jika tempat wisata luar ruangan akan memudahkan wisatawan untuk menjaga jarak aman dengan orang lain. Karena sejatinya setiap tempat mempunyai resiko persebaran Covid-19.

3. Mencari Tempat Wisata yang Tidak Terlalu Ramai

article image

Image source: shrm.com

Seperti halnya memilih lokasi terbuka, kamu perlu meriset tempat wisata yang akan kamu tuju. Jika bisa pilihlah lokasi yang berpotensi tidak banyak didatangi wisatawan.

Apabila tempat liburan selama pandemi yang kamu pilih termasuk destinasi favorit, maka pilihlah low season. Di hari biasa pengunjung biasanya tidak sebanyak tanggal merah atau hari libur.

Apabila itu berada di luar kota pastikan lokasi yang akan dikunjungi tidak sedang meroket jumlah penyebaran virus Coronanya. Kamu juga bisa memilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

4. Jangan Asal Pegang!

article image

Image source: nationalgeographic.com

Seorang dokter bernama Adaninggar pernah mengatakan pada sebuah media jika kita wajib waspada ketika liburan di masa pandemi, tidak boleh asal menyentuh barang. Banyak kasus penyebaran Covid-19 justru dari para wisatawan.

Wisatawan rentan tertular virus selama liburan sebab berinteraksi dengan banyak permukaan benda umum yang mungkin saja sebelumnya sudah terkontaminasi. Misalnya toilet, transportasi umum, pegangan tangga, dan sebagainya.

Kalau bisa hindari menyentuh benda-benda umum yang juga mungkin banyak disentuh orang lain. Apabila terpaksa menyentuhnya, pastikan kamu segera membilas tangan atau menyemprotnya dengan cairan anti kuman.

5. Bawa Perlengkapan Makan Sendiri

article image

Image source: reco.com

Liburan pasti kental dengan jajan kulineran. Nah di masa pandemi seperti sekarang ini tidak ada salahnya untuk membawa peralatan makan dari rumah. Misalnya sendok, garpu, dan botol minum. Selain lebih higienis, ini juga mendukung gerakan Indonesia menuju go green.

Selain alat makan, peralatan lain seperti alat ibadah juga bisa kamu bawa sendiri ya. Mushola dan tempat peribadatan lain merupakan tempat umum, bisa saja virus banyak yang tertinggal di sana. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa membawa peralatan ibadah sendiri dari rumah.

6. Hindari Makan di Kendaraan Umum

article image

Image source: usatoday.com

Sebenarnya menghindari transportasi umum adalah pilihan yang bijak. Karena kita tidak pernah tau dengan siapa kita pergi dan bagaimana kondisi kesehatannya.

Satu lagi hindari untuk makan dan minum di transportasi umum. Seorang pakar kesehatan mengingatkan wisatawan untuk tidak mengonsumsi apapun saat dalam transportasi umum.

7. Bawa Masker Cadangan dan Cairan Anti Kuman

article image

Image source: vervaecu.com

Protokol kesehatan tentu harus jadi kunci. Sebagai wisatawan kita selalu dihimbau untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Pentingkah mengganti masker saat kita berada di tempat umum? Jawabannya iya. Setidaknya kamu harus ganti masker saat di tempat umum setiap 3 jam sekali. Dan jika kamu berkeringat atau masker basah harus segera diganti. Selalu bawa masker cadangan lebih dari 1 ya.

Selain masker, sering mencuci tangan dan membersihkan tangan dengan cairan anti kuman atau hand sanitizer akan sedikit menolong. Hand sanitizer bisa jadi pengganti saat lokasi wisata tidak banyak menyediakan tempat cuci tangan.

Hindari juga menyentuh area wajah, mulut, hidung, dan mata apalagi jika kamu belum mencuci tangan dengan sabun atau membersihkannya dengan cairan anti kuman.


Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Brands

Articles

Fetaured image source:unkow.uky.edu