Tips Awet Muda

Awet muda bukan hanya tentang umur panjang saja namun juga bagaimana kita menjaga tubuh agar tetap sehat dan energik. Pola pikir pun perlu dilatih agar terus merasa muda dan kuat.

Sebuah penelitian menyebutkan jika seorang yang merasa lebih muda daripada usia kronologisnya cenderung hidup lebih lama dan baik-baik saja. Itu mengapa, penting menjaga pikiran agar tetap gesit, tubuh aktif, dan secara sosial pun masih energik.

Memang belum ada obat atau satu cara untuk bisa langsung membuat seorang awet muda, namun jika kamu ingin tahu kita ada beberapa tipsnya. Berikut ini tips awet muda yang bisa kamu lakukan sejak sekarang.

1. Mindset

article image

Image source: abaenglish.com

Jangan biarkan pikiran kita melayang-layang tidak jelas dan hanya memikirkan sisa umur. Mulailah dengan berfikir jika kamu memiliki jiwa muda yang masih segar dan bisa diandalkan.

Tantang diri untuk melakukan hal-hal baru yang menyenangkan. Ikuti beberapa kelas atau komunitas yang membuat kita belajar tentang hal-hal baru.

Lepaskan semua pikiran yang mengganggu dan jangan biarkan rasa stres menguasai diri. Bebaskan dan mulailah untuk rileks.

2. Gunakan Otak dengan Benar

article image

Image source: businessinsider.com

Sebuah penelitian menyebutkan jika orang-orang yang menggunakan otak dengan cara tak biasa dapat membuat aliran darah naik ke berbagai area otak dan jalur saraf baru pun terbentuk. Sekelompok pemuda yang diajari cara menyulam, setelah tiga bulan, pemindaian MRI menunjukkan pembesaran materi abu-abu di otak mereka. Itu adalah bagian yang bertanggung jawab untuk fungsi mental.

Dan yang terjadi, ketika mereka berhenti menyulam, otak mengalami penyusutan. Artinya jika ingin awet muda, otak harus tetap aktif guna menjaga kelincahan dan fungsi mental.

3. Berhenti Merokok

article image

Image source: thejakartapost.com

Satu kebiasaan yang membuat seseorang cepat terlihat tua adalah merokok. Jika kamu ingin tetap nampak awet mudah hentikan kebiasaan buruk ini sejak dini. Atau bahkan tidak merokok sama sekali.

Orang-orang yang tidak merokok kemungkinan akan memiliki umur yang lebih panjang karena kandungan pada rokok berpengaruh buruk pada kesehatan.

Sejumlah penelitian pernah mencatat dampak tembakau terhadap kesejahteraan dan status kesehatan wanita serta pria. Orang dengan usia lebih dari 40 yang merokok dapat memperburuk usia dengan timbulnya penyakit berkaitan dengan usia, seperti jantung dan diabetes.

4. Jaga Berat Badan Ideal

article image

Image source: prodia.com

Kelebihan berat badan juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk itu kamu perlu memperhatikan angka timbanganmu. Dalam banyak kondisi serius, seperti penyakit jantung stroke, diabetes, dan kanker kebanyakan datang dari orang dengan kelebihan berat badan.

Tidak ada salahnya mengetahui jumlah kalori harian yang telah kamu konsumsi. Cara tersebut cukup membantu seorang mengontrol berat badan. Jika semua stabil maka kamu bisa bergerak lebih aktif dan terlihat lebih mudah.

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

article image

Image source: heart.org

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, ikan, biji-bijian, dan vitamin dapat menstimulasi tubuh, membuatnya lebih segar. Mulai sekarang kamu bisa memilih asupan sehat yang bisa kamu makan.

Sebisa mungkin hindari makanan berlemak dengan kandungan tinggi gula dan lemak jenuh. Kamu bisa juga mengurangi konsumsi daging merah berlemak. Sebagai gantinya kamu bisa mendapatkan lemak sehat dari ikan, biji-bijian, minyak zaitun, dan alpukat.

6. Perbanyak Olahraga

article image

Image source: medicalnewstoday.com

Ada banyak manfaat yang didapat ketika seorang lebih rajin berolahraga. Bentuk tubuh ideal, pola hidup yang menjadi lebih baik dan tentunya ini adalah salah satu resep awet muda.

Orang yang menghabiskan setidaknya 150 menit seminggu untuk latihan aerobik akan mendapatkan manfaat baik dalam fisiknya. Mereka juga memiliki kesehatan mental yang lebih baik, lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dan kecemasan, serta memiliki keterampilan kognitif yang lebih baik.

Paling mudah, kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap hari setidaknya selama 30 menit. Lagukan rutin atau 5 kali dalam seminggu. Pilih olahraga yang paling nyaman, bisa jalan kaki, lari, gym, yoga, renang, dan sebagainya.

7. Cukup Tidur

article image

Image source: sixsense.com

Tahukah kamu jika seorang tidak cukup tidur maka besar kemungkinan kulit akan cepat keriput dan kendur. Hal tersebut terjadi karena tubuh melepaskan lebih banyak kortisol, “hormon stres” pemecah kolagen yang membuat kulit halus dan kenyal.

Sehingga jika kamu ingin lebih awet mudah cobalah untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Mulailah atur ritme tidur. Setidaknya tidurlah sebelum jam 11 malam. Hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein, alkohol, serta jangan bermain gadget sebelum tidur.

8. Tetap Bersosialisasi

article image

Image source: simplyhelping.com

Aspek lain yang akan mempengaruhi gaya hidup umur panjang adalah menjadi bagian dari jaringan sosial yang lebih besar. Kamu akan merasa awet muda ketika memiliki kelompok sosial yang mendukung kesukaanmu. Bisa sari teman-teman luar atau bahkan dari keluarga.

Sebuah penelitian menyebutkan jika banyak orang merasa lebih awet muda ketika menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang mereka sayangi. Jadikan acara khusus bersama keluarga dan teman sebagai prioritas dalam hidup. Cobalah menjadwalkan makan malam, perjalanan belanja, atau hanya bertemu untuk minum kopi.

9. Lindungi Kulit dengan Pelembab

article image

Image source: maisonpur.com

Kulit juga jadi salah satu cara investasi agar kita bisa tampil awet muda. Untuk menunjang tampilan kulit yang lebih sehat dan kencang mulailah untuk melindungi kulit dengan pelembab sedari dini.

Seiring berjalannya waktu kulir akan mudah kering dan membuat jaringan atas terasa kasar bersisik layaknya orang tua. Tidak ada salahnya untuk mencuci kulit dua kali sehari dan mengaplikasikan pelembab setidaknya 2 kali dalam sehari.


Demikianlah beberapa tips supaya awet muda. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama di Indonesia untuk menemukan berbagai penawaran dan keuntungan menarik di pusat-pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: valueconsulttraining.com