Tips Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Sebab, kesehatan kita sangat bergantung dari kualitas daya tahan tubuh untuk memerangi serangan penyakit akibat virus dan bakteri.

Daya tahan tubuh kita akan tetap terjaga jika menerapkan pola hidup sehat, mulai dari konsumsi makanan sehat, olahraga secara rutin, manajemen stres yang baik, dan kebutuhan istirahat tetap terpenuhi. Selain itu, kamu bisa melengkapinya dengan tips berikut ini:

1. Tingkatkan Asupan Vitamin C

article image

Image source: health.kompas.com

Vitamin C sejak lama sudah dikenal sebagai nutrisi unggulan untuk mendukung sistem daya tahan tubuh. Vitamin C bekerja dengan cara menstimulasi sistem imun ketika sel-sel asing masuk ke tubuh kita.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa suplemen ini mampu meningkatkan jumlah antibodi yang dihasilkan oleh tubuh, yang mana sangat penting untuk memproteksi diri dari serangan virus dan bakteri. Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, apel, nanas, pepaya, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Satu Sendok Yoghurt Setiap Pagi

article image

Image source: Kompas.com

Komposisi bakteri dalam tubuh yang tidak seimbang di dalam usus bisa mempengaruhi kadar kimiawi dalam sistem imun, sehingga membuat kita rentan terhadap serangan penyakit. Organ pencernaan memang rentan terhadap serangan virus dan bakteri, itulah sebabnya 70% hingga 80% sistem imun kita berada di sepanjang usus.

Untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, cobalah rutin mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap pagi. Probiotik atau bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt dapat mendorong fungsi sistem imun jadi lebih baik.

3. Konsumsi Teh

article image

Image source: toptenfamous.com

Salah satu penelitian yang dilakukan tim ahli di Harvard University mengungkapkan bahwa orang-orang yang minum 5 cangkir teh hitam selama 14 hari memiliki kadar interferon 10 kali lipat lebih tinggi dibanding mereka yang tidak minum teh. Interferon sendiri merupakan penangkal virus.

Selain itu, asam amino L-theanine yang terkandung di dalam teh juga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kandungan tertinggi bisa dijumpai dalam teh hitam dan teh hijau, tetapi teh yang tidak mengandung kafein juga tetap memilikinya. Dosis ideal untuk menjaga daya tahan tubuh adalah beberapa cangkir dalam satu hari.

4. Meditasi

article image

Image source: prestigeonline.com

Meditasi sebagai sarana relaksasi sudah bukan rahasia lagi, bahkan sudah terbukti ampuh oleh banyak orang. Lebih dari itu, meditasi juga ternyata bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita.

Sebuah riset yang diterbitkan melalui jurnal Psychosomatic Medicine mengungkapkan hal ini. Di situ peneliti berhasil membuktikan jika meditasi mindfulness mampu meningkatkan kadar antibodi atau protein yang dihasilkan sistem imun saat mendeteksi keberadaan antigen.


Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Mall

Artikel

Featured image source: biofitbody.com