Tips Hemat Ala Backpacker Agar Liburanmu Tetap Lancar Terkendali

Menghabiskan waktu liburan untuk pergi ke suatu tempat sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang. Tidak masalah ke mana pun tujuannya, selama kita bisa menyegarkan pikiran aktivitas ini akan selalu dibutuhkan.

Pun, budget terbatas tidak seharusnya menjadi hambatan. Dengan sedikit perencanaan khusus untuk menghemat biaya, liburanmu akan tetap berjalan lancar dan menyenangkan.

Kalau kamu sedang bingung menyusun rencana liburan dengan budget terbatas, kali ini Gotomalls akan membagikan tips hemat ala backpacker agar perjalananmu tetap aman dan lancar. Yuk, kita simak ulasannya!

Membuat Rencana Perjalanan

article image

Image source: backpackerbible.org

Salah satu poin terpenting untuk melakukan perjalanan dengan budget terbatas adalah melakukan rencana perjalanan dengan benar-benar matang. Berikut beberapa daftar wajib yang harus kamu persiapkan:

• Tujuan wisata
• Akomodasi
• Estimasi jarak/waktu tempuh
• Transportasi

Tentukan destinasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi di kota tujuan. Pilih akomodasi penginapan yang dekat dengan tujuan wisata agar lebih hemat waktu dan biaya transportasi.

Jika dua hal tersebut sudah direncanakan kita bisa membuat perkiraan jarak/waktu tempuh dari satu titik ke titik lainnya. Dengan begitu, perhitungan biaya akan lebih mudah untuk dikalkulasikan. Semakin detail rencana perjalanan yang kamu buat, semakin mudah pula perhitungannya.

Pilih Penginapan Low-Budget

article image

Image source: all.accor.com

Selama berlibur kita akan lebih banyak berada di luar ruangan untuk mengunjungi tempat tujuan wisata. Jadi, pilihlah penginapan low-budget alih-alih menghamburkan banyak biaya untuk sewa hotel mewah. Di zaman sekarang siapa pun bisa dengan mudah mendapatkan penginapan murah dan nyaman. Bahkan, kita bisa menyesuaikan sendiri jangkauan harga dan fasilitas yang dibutuhkan.

Manfaatkan Promo dan Diskon Traveling

article image

Image source: freepik.com

Seiring perkembangan zaman biaya akomodasi transportasi untuk tujuan wisata selalu mengalami kenaikan, terutama harga tiket pesawat. Untuk penerbangan domestik saja bisa jauh lebih mahal dibanding tujuan internasional. Maka dari itu, sebaiknya manfaatkan promo atau diskon dari travel fair untuk menghemat lebih banyak biaya.

Sebelum memesan tiket, cari informasi mengenai promo dan diskon yang tersedia untuk kota tujuanmu. Cek juga melalui aplikasi akomodasi travel atau situs resmi setiap maskapai penerbangan untuk menemukannya.

Jalan Kaki!

article image

Image source: freepik.com

Ingat, kalau kamu memilih perjalanan backpacking, maka berjalanlah. Hindari menghambur-hamburkan banyak biaya untuk menggunakan transportasi publik, terutama jika tempat tujuan cukup dekat untuk dijangkau dengan berjalan kaki. Gunakan layanan transportasi hanya untuk tujuan-tujuan yang jauh.

Selain bisa menekan pengeluaran biaya, tips hemat ala backpacker ini akan membuat perjalanan backpacking kamu menjadi lebih berkesan dan penuh makna. Sambil berjalan kaki, kita bisa sekaligus mempelajari kondisi lingkungan dan sosial di tempat kita berada.

Jika Tidak Memungkinkan, Beli Paket Tour

article image

Image source: fortunepackagetours.blogspot.com

Jika perhitungan biaya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan mandiri, kamu bisa coba membeli paket tur murah. Tidak sedikit agen travel wisata yang menawarkan paket tur murah meriah dengan fasilitas lengkap. Pilihan ini akan jauh lebih hemat biaya jika dihitung secara keseluruhan.

Sebagian besar paket tour sudah termasuk akomodasi penginapan, transportasi, konsumsi, hingga tiket wahana wisata lengkap dengan layanan tour guide untuk menemani wisatawan selama berlibur di tempat tujuan.

Hindari Membeli Oleh-Oleh

article image

Image source: chainstoreage.com

Melakukan perjalanan wisata rasanya kurang lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh lokal dari tempat yang dikunjungi. Aneka suvenir cantik dan produk kuliner setempat sering kali menggoda wisatawan untuk memborong apa pun yang menarik dimata mereka. Sayangnya, kebiasaan seperti itu justru akan menguras habis budget yang tersedia.

Seperti yang sudah kita ketahui, produk oleh-oleh di tempat wisata biasanya dibanderol dengan harga di atas rata-rata, terutama selama waktu libur panjang. Jika kamu berlibur dengan budget terbatas, sebisa mungkin hindari membeli oleh-oleh.

Cari Referensi Sebanyak-banyaknya!

article image

Image source: m.goldenrama.com

Sekarang kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan jika ingin menghemat biaya selama melakukan perjalanan liburan. Terakhir, sebelum benar-benar mantap dengan tujuan wisatamu, kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan kamu kunjungi.

Cari tahu informasi-informasi seputar tempat hangout terbaik, tempat makan murah meriah, cuaca terkini, kondisi lingkungan, dan cari tahu juga soal kualitas koneksi internet di tempat tersebut. Kalau kita sudah mengetahui seluk-beluk tempat yang akan dikunjungi, aktivitas wisata kita akan menjadi lebih mudah bukan?


Demikianlah tips hemat ala backpacker untuk pengalaman liburan yang lebih lancar terkendali!
Untuk mendapatkan informasi dan tips traveling menarik lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Malls

featured image source: blog.travelinsure.com