Jaga Stamina Saat Musim Hujan

Akhir-akhir ini beberapa wilayah Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan daya tahan tubuh sering turun dan drop. Alhasil kita jadi mudah terserang penyakit.

Hal ini disebabkan karena bakteri dan virus yang mulai berkembang pada saat musim hujan. Untuk itu kamu perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus ketika musim hujan tiba.

Berikut ini tip tetap sehat selama musim hujan.

1. Mengkonsumsi Vitamin C

article image

Image source: momsae.com

Musim hujan adalah waktu yang tepat bagi beragam virus berkembang biak. Tidak heran jika ketika musim hujan datang, banyak orang mulai demam, alergi, infeksi, dan flu.

Pun dengan udara. Udara membawa serta bakteri yang cepat menyebar ke tubuh manusia. Untuk tetap sehat dan tahan terhadap virus dan bakteri kamu perlu meningkatkan asupan vitamin C.

Vitamin C bisa kamu dapatkan dari beberapa sayuran dan buah-buahan. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan utama vitamin C

2. Menghindari Jajanan Street Food

article image

Image source: hipwe.com

Makanan cepat saji sepertinya harus mulai kamu kurangi saat musim hujan. Terutama makanan cepat saji yang banyak kita jumpai di pinggir jalan atau biasa kita kenal street food.

Jalanan yang dipenuhi air dan debu bisa menjadi sumber utama penyebaran virus dan bakteri. Jika makanan itu dibiarkan terbuka bisa jadi virus dan bakteri sudah bersarang di sana. Sehingga mudah bagi konsumen terserang penyakit setelah mengkonsumsi makanan.

3. Kurangi Makan Pedas

article image

Image source: menshealth.com

Makanan pedas akhir-akhir ini mulai banyak diburu. Terlebih setelah konten mukbang viral. Namun ada baiknya saat musim hujan ini kamu sedikit mengurangi konsumsi makanan pedas.

Mengurangi makanan pedas dapat meminimalisir kemungkinan alergi dan iritasi kulit karena makanan tersebut. Sebagai gantinya kamu bisa mengkonsumsi sub sehat dan makanan hangat lainnya.

4. Pastikan Minumanmu Bersih

article image

Image source: ecobud.com.au

Sakit perut bisa disebabkan dari berbagai macam faktor termasuk air. Saat musim hujan air sering terkontaminasi dengan berbagai macam bakteri. Hal itu tidak sedikit membuat kita mudah sakit dan daya tahan menurun.

Pilihan paling tepat adalah memilih air minum yang bersih. Atau kamu juga bisa memasak air sendiri sebelum diminum atau digunakan untuk masak.

Jika kamu sedang berpergian, ada baiknya untuk membawa botol air sendiri atau membeli minum dalam kemasan yang bersegel.

5. Makan banyak Buah-buahan

article image

Image source: ranchmarket.com

Mengkonsumsi banyak buah setiap hari sangat baik untuk meningkatkan imun dan daya tahan tubuh. Beberapa buah bahkan bisa membersihkan racun masuk tubuh.

Buah juga kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga stamina. Namun sebelum mengkonsumsinya, pastikan buah yang kamu makan sudah dicuci bersih agar tidak membuat bakteri baru masuk dalam tubuh kita.

6. Gunakan Obat Pengusir Nyamuk

article image

Image source: anveya.com

Musim hujan juga waktu yang tepat untuk nyamuk berkembang biak. Hal ini dapat meningkatkan resiko penyakit demam berdarah dan malaria.

Untuk menghindarinya, gunakan obat pengusir nyamuk saat tidur atau berpergian. Terutama di alam terbuka dan malam hari.

7. Cukup Tidur

article image

Image source: newsmedical.com

Seperti halnya mengonsumsi buah dan sayur, cukup tidur juga dapat membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Tidur selama 7-8 jam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu.

Bahkan ketika flu mulai menyerang, tidur termasuk salah satu obat alami yang bisa kamu lakukan.

8. Olahraga Secara Teratur

article image

Image source: healthifyme.com

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga secara teratur juga dapat menjaga tubuh tetap bugar dan tahan terhadap pergantian cuaca. Olahraga teratur membuat jantung berdetak kencang, sirkulasi darah meningkat, dan memicu produksi serotonin (hormon kebahagiaan).

Dengan begitu tubuh akan lebih kebal menghadapi bakteri dan virus yang mulai bertebaran. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa memulainya dengan jalan kaki, yoga, atau lari kecil.

Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Penyebaran virus bisa saja lebih kuat dari pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi selain melakukan 8 tips di atas, kamu juga wajib menjaga kebersihan dan jaga jarak dengan orang lain.

Mall

Artikel

Featured Image Source: keepharma01.medium.com