Tips Kerja di Rumah

Sejak diperkenalkannya internet, bagaimana, kapan, dan di mana orang-orang bekerja sudah berubah sedemikian rupa. Tidak perlu lagi berangkat ke kantor pagi-pagi buta. Cukup bermodalkan sebuah laptop dan akses internet stabil, semua pekerjaan bisa diselesaikan kapan pun dan di mana pun.

Perusahaan-perusahaan besar di berbagai negara sudah mulai mengadopsi sistem kerja ini. Selain lebih fleksibel, kerja di rumah juga dinilai lebih efisien untuk mendongkrak produktivitas. Beberapa negara pun sudah meregulasi ulang minggu kerja menjadi empat hari dalam seminggu dengan jam kantor yang menabrak aturan 9 - 5.

Kendati begitu, bukan berarti bekerja dari rumah sepenuhnya menguntungkan. Ibarat pedang bermata dua, produktivitas bisa menjadi taruhan jika tidak dibarengi kemampuan manajemen yang baik. Hal seperti ini pun sudah menjadi problem klasik di kalangan para profesional pekerja lepas.

Untuk mengantisipasinya, Gotomalls punya beberapa tips kerja di rumah yang bisa kamu terapkan agar selalu produktif dan termotivasi setiap saat. Berikut tipsnya:

1. Membuat Kantor Kecil

article image

Image source: americanartdecor.com

Apa yang membuat suatu ruangan terasa seperti kantor selain kehadiran teman-teman kantor? Faktanya, kantor memang didesain secara khusus agar orang-orang merasa dirinya sedang bekerja.

Jika seseorang merasa sedang bekerja, apa lagi yang dia pikir akan lakukan selain melakukan pekerjaannya? Inilah rahasianya. Buat dirimu selalu merasa sedang bekerja dengan cara menyediakan kantor kecil pribadi.

Sediakan ruangan kecil di rumah yang di dalamnya terdapat sebuah meja lengkap dengan lampu penerangannya, kursi nyaman yang memiliki sandaran dan armrest, rak dan laci khusus untuk menyimpan dokumen/buku serta alat-alat kantor, sebuah whiteboard, dan jangan lupa untuk menjaga kerapian dan kebersihannya.

2. Menyusun Jadwal dan Konsisten Menjalaninya

article image

Image source: Windsor.edu

Salah satu keuntungan utama dari kerja di rumah adalah fleksibilitas jadwal yang bisa diatur sesuka hati. Tapi, produktivitas akan lebih optimal jika pekerjaan dilakukan pada jadwal yang sama setiap harinya. Artinya, kita harus membangun rutinitas yang terstruktur dalam bekerja.

Supaya lebih mudah dalam memulai rutinitas ini, atur alarm untuk setiap jadwal aktivitas. Tentukan batas waktu untuk masing-masing tugas mulai dari evaluasi proyek, menyusun konsep baru, membuat laporan, waktu istirahat dan makan siang, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Mulailah rutinitas pada jam yang sama setiap hari dan jalani semuanya secara konsisten. Tips kerja di rumah ini akan membuat setiap pekerjaan terasa lebih mudah untuk diselesaikan.

3. Memakai Seragam Kerja

article image

Image source: Theguardian.com

Selama ini, konsep baju seragam tidak pernah berlaku bagi para pekerja remote. Dengan segala privilese yang mereka punya, kaos butut dan celana pendek pun sudah cukup layak untuk disebut ‘seragam dinas’.

Namun, trik psikologis yang satu ini menuntut kita untuk meninggalkan zona nyaman tersebut. Tentunya jika kamu ingin merasakan sensasi produktif dan termotivasi yang beda dari sebelumnya.

Layaknya pekerja kantoran yang setiap harinya memakai bermacam rupa seragam berbeda, hal ini ternyata cukup berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang selama bekerja. Di situ ada semacam kebanggaan dan rasa tanggung jawab.

Kamu tidak harus memakai high heels atau setelan kemeja berdasi, tetapi cukup menggunakan baju yang lebih pantas. Setidaknya sampai cukup meyakinkan untuk disebut ‘sedang bekerja’ jika ada orang lain yang tiba-tiba datang dan melihatmu.

4. Senantiasa Mengubah Suasana Kerja

article image

Image source: kintamani.id

Salah satu tantangan terberat bagi mereka yang kerja dari rumah adalah perasaan terisolasi. Mirisnya, problem yang satu ini sering kali tidak disadari kedatangannya.

Pekerjaan ini menuntut seseorang untuk menjalani rutinitasnya secara mandiri. Setiap hari berada di satu tempat yang sama tanpa ditemani orang lain bisa mendatangkan berbagai macam perasaan-perasaan aneh.

Solusinya, kamu bisa bekerja di tempat berbeda. Luangkan waktu setidaknya beberapa hari sekali setiap bulan untuk bekerja di kafe, taman terbuka, perpustakaan umum, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan untuk bekerja. Tips kerja di rumah ini bisa menyegarkan pikiranmu dikala jenuh.

Jika di tempatmu terdapat coworking space, cobalah untuk berlangganan. Ini adalah tempat yang sempurna jika kamu ingin bertemu, berkumpul, sekaligus membahas ide-ide menarik dengan sesama pekerja remote.

5. Membiasakan Diri untuk Menikmati Pekerjaan

article image

Image source: Madetwotravel.com

Ambisi dan kerja keras memang diperlukan, tetapi bukan berarti mengorbankan kesehatan mental dan fisik. Jangan menafikan keuntungan-keuntungan yang sudah kita dapat dari pekerjaan hanya gara-gara terdapat kekurangan. Nikmati semuanya, hanya dengan begitu kita bisa lebih produktif dan bahagia.

Tipsnya, kamu bisa membuat ritual pagi untuk membangkitkan semangat. Lakukan kegiatan-kegiatan santai yang bisa membuatmu fokus pada momen saat ini, seperti berjemur sambil mendengarkan musik, minum kopi di kebun belakang rumah, meditasi pagi, atau apapun itu yang kamu suka.

Menikmati setiap pengalaman dan momen saat ini adalah sebaik-baiknya tips kerja di rumah untuk mempertahankan produktivitas dan motivasi dalam bekerja.


Nah, demikianlah 5 tips kerja di rumah agar selalu produktif dan termotivasi. Simak juga info dan tips menarik seputar gaya hidup lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Mall

Artikel

Featured image source: Theconversation.com