Tips Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Termasuk melancarkan konsentrasi, meningkatkan energi, dan masih banyak lagi. Meski pada prakteknya, bangun pagi tidak semudah itu.

Pada dasarnya bangun lebih awal membutuhkan komitmen namun akan banyak merubah gaya hidup sebelumnya. Terutama untuk pola tidur. Dan berikut ini beberapa tips bangun lebih pagi.

1. Atur Jadwal Tidur

article image

Image source: viralrang.com

Tidur dan bangun tepat waktu setiap hari adalah suatu keharusan jika kamu ingin mendapatkan jadwal tidur yang baik. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup antara 7 sampai 9 jam setiap malam.

Jadi kamu bisa atur jam berapa kira-kira kamu bangun untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mungkin kamu bisa mencoba untuk tidur tidak lebih dari pukul 10 malam untuk dapat bangun sekitar pukul 5 pagi.

2. Meninggalkan Gadget Sebelum Tidur

article image

Image source: huffpost.com

Meninggalkan smartphone, laptop, dan tablet sekitar 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Cahaya biru yang dihasilkan oleh layar gadget dapat mengubat tingkat melatonin alami tubuh. Hal ini dapat berakibat seorang kesusahan tidur.

Ketika seseorang meninggalkan gadgetnya setidaknya 30 menit sebelum tidur, mereka akan merasa lebih bahagia dan berenergi saat bangun di esok harinya.

3. Ubah Kebiasaan Menekan Snooze atau Tunda, Ketika Alarm Berdering

article image

Image source: gabinetcivil.com

Saat alarm bunyi kebanyakan orang memilih untuk menekan tombol tunda daripada stop dan bergegas bangun. Apakah kamu salah satunya? Jika iya maka kebiasaan itu perlu kamu ubah sekarang juga.

Menurut sebuah penelitian, fragmentasi tidur meningkatkan kantuk dan pusing di siang hari menurunkan intensitas kerja, dan membuat kamu merasa lelah. Untuk mengatasinya kamu bisa menaruh alarm jauh dari tempat tidur agar ketika waktunya bunyi kamu bisa bergerak untuk mematikannya.

Perlahan tubuh akan terbiasa dan kamu mudah bagun pagi tanpa harus menunda alrm.

4. Hindari Ngemil di Malam Hari

article image

Image source: healthline.com

Ngemil atau makan sebelum tidur memang dapat mengurangi rasa lapar di malam itu, namun gejala setelahnya nampak bisa memicu penyakit lain. Jika kamu suka ngemil di malam hari maka mulai sekarang hindari.

Sebuah penelitian menyebutkan jika ngemil malam sebelum tidur dapat meningkatkan asam di perut. Selain itu ini juga dapat memicu obesitas. Tidur dengan kondisi lapar pun tidak bisa membuat seorang mendapat kualitas istirahat yang lebih baik.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

article image

Image source: mynetdiary.com

Mendapatkan kualitas tidur yang baik dan bangun dengan bugar di pagi hari berarti kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Makanlah makanan yang sehat dan meningkatkan energi agar membantumu lebih nyenyak tidur.

Makanan yang tidak sehat sebaliknya akan menguras energi dan membuatmu lebih susah tidur. Memilih makanan seperti buah-buahan dan biji-bijian akan memproduksi banyak vitamin dan energi.

6. Kurangi Minuman Manis dan Kopi

article image

Image source: healthline.com

Minuman manis dan kopi mungkin memberi dorongan ekstra padamu untuk mood belajar atau bekerja. Namun ketika kamu menghabiskan banyak gula dan kafein sebelum tidur dapat membuat lebih sulit tidur.

Untuk itu kamu perlu membatasi asupan minum manis dan kopi. Coba cari pengganti misalnya dengan memperbanyak minum air putih atau teh tawar sebelum tidur.

7. Berolahraga Secara Teratur

article image

Image source: hallodoc.com

Olahraga telah terbukti efektif membantu berbagai macam masalah kesehatan tubuh, pun dengan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Dengan berolahraga maka energi dalam tubuh akan meningkat dan mengurangi kelelahan.

8. Jangan Begadang

article image

Image source: blogspot.com

Melewatkan waktu ridur malam untuk nonton film atau belajar bukanlah pilihan yang bijak. Selain lelah kamu juga akan kekurangan jam tidur yang cukup, semakin lama kemampuan tubuh pun akan menurun.

Sebuah penelitian menjelaskan jika seorang yang begadang akan sering berakhir dengan gangguan kognitif. Itu membuktikan jika tidur sangat penting bagi tubuh.

Memiliki kualitas tidur yang baik dan bangun lebih pagi juga bisa membuat kita jauh lebih bahagia dan siap menghadapi hari. Untuk itu, yuk, mulai belajar bangun lebih pagi.

Malls

Articles

Featured Image source: healthweb.gr