Menaikan Berat Badan

Berat badan yang kurang ideal bukan cuma mempengaruhi penampilan. Tidak jauh beda dengan masalah kegemukan alias obesitas, badan yang kurus juga sama-sama berisiko dari segi kesehatan. Enggak sedikit loh, jenis-jenis penyakit yang berpotensi menjangkiti tubuh seseorang jika berat badan di bawah normal. Maka dari itu, kali ini Gotomalls akan membagikan tips menaikan berat badan secara cepat dan alami!

Tips Menaikan Berat Badan

Kondisi kekurangan berat badan nyatanya memang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini dapat mengganggu fungsi sistem imun, meningkatkan risiko infeksi, rentan mengidap osteoporosis, kekuatan tulang berkurang, hingga menimbulkan masalah kesuburan.

Oleh karenanya, jika kamu memiliki tubuh kurus sangat dianjurkan untuk mencapai berat badan ideal. Menurut perhitungan rata-rata ukuran tubuh orang Indonesia, seseorang bisa dikategorikan kekurangan berat badan jika indeks massa tubuhnya kurang dari 18,5. Adapun cara menghitung indeks massa tubuh (IMT) yaitu berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan dalam meter kuadrat (m2).

Sebagai contoh; seseorang memiliki berat badan 40 kg dengan tinggi badan 1,75 m. Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat (1,75 x 1,75 = 3,06). Selanjutnya, bagikan hasil tersebut dengan berat badan (40/3,06 = 13,07). Sekarang, bandingkan angka IMT tersebut (13,07) dengan kategori berikut:

● <18,5 = Berat badan kurang
● 18,5 - 22,9 = Berat badan normal
● 23 - 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
● 30> = obesitas

Nah, hasil dari contoh di atas menunjukkan bahwa seseorang harus segera menaikkan berat badannya. Tapi, untuk mencapainya perlu dilakukan dengan cara yang sehat agar tidak berbalik menjadi kelebihan berat badan alias obesitas. Menaikkan berat badan secara sehat adalah tentang menyeimbangkan massa otot dan lemak, bukan sekadar menumpuk lemak di perut. Berikut tips menaikan berat badan yang telah Gotomalls rangkum dari berbagai sumber:

Makan Lebih Sering

article image

Image source: www.cigna.com.hk

Hal pertama yang perlu diubah adalah pola makan. Biasanya, orang-orang dengan berat badan di bawah normal sering merasa cepat kenyang. Alih-alih makan 2 atau 3 kali sehari, seseorang dengan berat badan kurang dianjurkan makan lebih sering, yaitu sekitar 5 sampai 6 kali sehari dalam porsi kecil. Lakukan tips ini secara konsisten.

Pilih Makanan Sehat yang Lebih Kaya Nutrisi

article image

Image source: MyFitnessPal Blog

Setelah mengganti pola makan, tips menaikan berat badan selanjutnya adalah mengganti jenis asupan sehari-hari. Cara sehat untuk mendapatkan berat badan ideal bukanlah dengan mengonsumsi makanan berlemak dengan kadar gula tinggi sebanyak-banyaknya, tapi justru memilih makanan sehat yang lebih kaya nutrisi.

Hal utama yang perlu kamu ingat untuk menaikkan berat badan adalah mengonsumsi lebih banyak kalori dari sumber makanan sehat. Kamu bisa mulai dengan target 300 sampai 500 kalori lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Selanjutnya, naikkan sekitar 700 sampai 1.000 kalori.

3. Menambah Asupan Protein

article image

Image source: MyFitnessPal Blog

Selain mengonsumsi lebih banyak kalori, tips menaikan berat badan secara cepat dan alami adalah dengan menambah asupan protein. Molekul yang satu ini merupakan nutrisi tunggal yang paling krusial untuk menentukan hasil akhir. Otot tubuh bisa terbentuk berkat kontribusi protein. Tanpa protein, kemungkinan besar kalori hanya akan berakhir menjadi lemak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa selama periode diet tinggi protein, banyak kalori berubah menjadi otot. Tapi, perlu diingat juga bahwa protein bisa menjadi pedang bermata dua. Protein diketahui bisa menimbulkan sensasi mengenyangkan, yang justru berdampak pada berkurangnya rasa lapar dan nafsu makan, sehingga membuat tubuh jadi sulit menerima asupan kalori ekstra. Oleh karena itu, penting untuk mengganti pola makan sesuai tips pertama agar perut tidak kenyang sekaligus.

Perbaiki Pola Tidur

article image

Image source: Forbes.com

Berkurangnya waktu dan kualitas tidur berpotensi tinggi mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga tidak mampu bekerja optimal. Tidur dan bangun di jam dan durasi yang konsisten sangat penting dalam program menambah berat badan. Selama tidur, tubuh akan menjalankan serangkaian “protokol” pemeliharaan dan perbaikan. Hal ini juga sangat mempengaruhi penambahan dan pengurangan berat badan.

Olahraga Angkat Beban

article image

Image source: Theguardian.com

Dari sekian banyak pilihan olahraga, tidak ada yang lebih cepat dan efektif ketimbang angkat beban untuk menaikan berat badan. Perubahan drastis bisa kamu rasakan bukan cuma pada bentuk tubuh, tapi juga performa fisik secara menyeluruh. Otot-otot akan ditempa dan “dilukai” sedemikian rupa sehingga ketika tubuh beristirahat, sistem recovery kita akan memperbaiki sekaligus memperbarui jaringan-jaringan otot tersebut.

Itulah sebabnya mengapa seseorang yang rajin pergi ke gym bisa memiliki tubuh yang berisi, padat, dan sehat. Rahasianya bukan terletak pada berat dumble yang mereka angkat, melainkan kinerja tubuh dalam memulihkan dan membentuk jaringan otot.


Demikianlah 5 tips menaikan berat badan secara cepat dan alami. Simak juga tips kesehatan menarik lainnya di Gotomalls.com, layanan direktori shopping yang menyediakan informasi terlengkap seputar merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event. di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

featured image source: Musclegem.com