Tips Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah dataran rendah, di tengah perkotaan padat, dan utamanya di sekitar pesisir pantai, memasang AC di rumah sangat penting agar kondisi tetap nyaman.

Pasalnya, suhu udara di tempat-tempat seperti itu sangat panas, ditambah lagi dengan iklim tropis di Indonesia. Maka penting sekali untuk memiliki AC di rumah.

Namun, AC bukanlah satu-satunya cara untuk membuat ruangan sejuk. Terlebih biaya listriknya pun tidak murah. Maka dari itu, berikut Gotomalls bagikan beberapa tips membuat ruangan sejuk tanpa AC:

1. Manfaatkan Tanaman Indoor

article image

Image source: review.bukalapak.com

Tempat terbuka yang ditumbuhi banyak pohon biasanya terasa sejuk dan rindang. Itu tak lepas dari efek fotosintetis tumbuhan yang menyerap panas secara alami. Nah, kamu bisa manfaatkan tanaman indoor untuk membuat ruangan lebih sejuk.

Pilihlah tanaman yang agak tinggi, berdaun lebar, dan membutuhkan banyak sinar matahari. Simpan tanaman di dekat jendela atau tempat-tempat yang terpapar sinar matahari. Beberapa tanaman yang cocok yaitu lidah buaya, tanaman ular, atau monstera.

2. Pasang Kaca Film di Jendela

article image

Image source: 99.co

Salah satu penyebab ruangan terasa panas adalah jendela yang dibiarkan terbuka, sehingga cahaya matahari masuk dan menimbulkan panas.

Tapi, jika kamu tidak suka menutup jendela pada siang hari, sebaiknya pertimbangkan untuk memasang kaca film di jendela, terutama kaca film surya. Kaca film ini dirancang khusus untuk menolak/menyerap panas tanpa mengganggu pandangan.

3. Simpan Es Batu di Depan Kipas Angin

article image

Image source: Rukita.co

Meskipun tanpa AC, perangkat kipas angin elektronik juga bisa sangat membantu ketika hari sedang panas-panasnya. Bahkan, kita bisa membuatnya lebih sejuk dengan meletakkan es batu di depannya. Trik ini akan membuat angin yang dihasilkan terasa lebih dingin.

4. Pasang Dehumidifier

article image

Image source: Rumah.com

Selain sinar matahari, kelembaban udara yang tinggi juga bisa menyebabkan tubuh terasa panas. Karena saat kita berada di tempat panas, kemampuan keringat untuk menguap akan berkurang. Suhu tubuh biasanya sulit menurun jika keringat tidak bisa menguap optimal.

Hal ini pun sudah menjadi masalah umum bagi penduduk di negara-negara beriklim tropis, menginat tingkat kelembaban lingkungan tergolong tinggi.

Solusinya, kamu bisa memasang dehumidifier di rumah. Alat ini berfungsi untuk menurunkan kelembaban dengan cara mengekstraksi kadar air di udara. Selain suhu menjadi sejuk, dehumidifier juga akan mencegah tumbuhnya jamur dan menjernihkan udara ruangan.

5. Gunakan Seprai Berbahan Sejuk

article image

Image source: ilovelinen.com.au

Suhu ruangan panas biasanya akan terasa semakin mengganggu pada saat kita berusaha tidur. Jika kamu sering mengalami ini, sebaiknya ganti seprai kasur dengan bahan yang lebih sejuk, seperti katun atau linen.

Hindari material sutra atau poliester lainnya untuk alas tempat tidur, karena bahan-bahan seperti itu bersifat menahan panas dan kelembaban. Sebaliknya, katun dan linen memungkinkan tubuh leluasa bernapas dan memberikan celah untuk panas mereda.

Demikianlah beberapa tips mendinginkan ruangan tanpa AC.

Simak terus update info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, direktori shopping terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap seputar promo, diskon, voucher belanja, dan berbagai penawaran menarik di pusat perbelanjaan terdekat di kotamu!

Malls

Articles

Featured image source: realhomes.com