Moms, Simak Yuk Tips Mengajarkan Anak Membaca Agar Cepat Lancar!

Kalau si kecil sudah memasuki usia ideal untuk belajar membaca, berarti ini saat yang tepat bagi para ibu untuk mempelajari cara-cara mengajarkan anak membaca.

Tahap belajar membaca ini memang sering kali membuat para orang tua kebingungan karena tidak tahu teknik yang tepat untuk mengajari anak-anak membaca, apalagi kalau konsentrasi si kecil mudah buyar. Pastinya akan sangat merepotkan!

Jika Anda masih bingung dengan cara mengajari anak membaca yang baik dan benar, kali ini Gotomalls akan membagikan tipsnya. Yuk kita simak penjelasannya!

Sering-Sering Bacakan Buku Kepada Si Kecil

article image

Image source: allmomdoes.com

Anak-anak yang sudah terbiasa dibacakan buku oleh orang dewasa cenderung lebih mudah memahami ketika diajari cara membaca, karena dia sudah cukup akrab dengan berbagai huruf, kalimat, dan intonasi bacaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sering-sering membacakan buku kepada si kecil.

Perkenalkan Huruf Kecil

article image

Image source: scholastic.com

Untuk mempercepat proses kebiasaan membaca, kenalkanlah anak-anak dengan huruf kecil terlebih dahulu, alih-alih huruf kapital. Cara ini sering kali dianggap keliru karena anak kecil tidak bisa menangkap sesuatu yang abstrak.

Huruf kapital adalah huruf-huruf yang berdiri sendiri tanpa makna, yang artinya merupakan sesuatu yang abstrak. Ketika anak berusaha membaca sesuatu yang belum pernah ia pelajari, maka dia akan kesulitan untuk memahaminya.

Dengan mengenalkan huruf kecil terlebih dahulu, anak-anak akan lebih terbiasa ketika ia membaca sesuatu yang lain, seperti buku baru, koran, dan lain sebagainya. Pada praktiknya, jumlah huruf kecil juga jauh lebih dominan dari pada huruf kapital.

Perkenalkan Huruf Besar

article image

Image source: whatsfordinner.com

Jika sudah akrab dengan huruf-huruf kecil, barulah kenalkan huruf kapital dan fungsinya. Anak akan mudah memahami ketika membaca buku-buku cerita di mana terdapat huruf kapital pada setiap judul, awal kalimat, dan awal paragraf. Selain itu, anak-anak juga akan lebih mudah akrab dengan semua huruf.

Ajarkan Membaca Satu Suku Kata

article image

Image source: readingeggs.com

Jika si kecil sudah bisa menghafal semua huruf kecil dan huruf kapital, serta fungsi dan perbedaannya, selanjutnya kita bisa mulai mengajari cara membaca suku-suku kata. Buatlah daftar suku kata yang terdiri dari 5 huruf vokal dan semua huruf konsonan.

Contohnya seperti ini:
ba…bi…bu…be…bo…
ca…ci…cu…ce…co…
da…di…du…de…do…
fa…fi…fu…fe…fo…

Ajarkan Membaca Dua Suku Kata

article image

Image source: idalberta.ca

Tahap selanjutnya adalah dengan mengajarkan anak membaca dua suku kata termudah, yaitu dua suku kata yang memiliki bunyi vokal serupa. Berikut contohnya:

a-ba...
ba-ba...
a-ca...
ca-ca...
le-le...
pa-pa...
ma-ma...

Membaca Dua Suku Kata Beda Vokal

article image

Image source: scholastic.com

Jika sudah terbiasa dengan suku kata sama vokal, lanjutkan dengan mengajari suku-suku kata beda vokal. Mulailah dengan konsonan yang sama, seperti:

a-ci...
i-bu...
da-du...
ma-mi...
la-lu...

Selanjutnya, ajarkan juga membaca dengan dua suku kata berbeda vokal dan konsonan, contohnya seperti:

pa-lu...
sa-ku...
ja-li...
sa-te...

Mengajarkan Kata dan Pelafalan ‘ng’

article image

Image source: readingeggs.com

Tips selanjutnya yaitu mengajarkan anak membaca dan melafalkan kata-kata dengan suku kata yang mengandung “ng”. Bunyi ‘ng’ lebih mudah dimengerti anak-anak daripada ‘ny’. Oleh sebab itu, ajarkan “ng” terlebih dahulu sebelum ‘ny’.

Buatlah daftar suku kata ‘ng’ yang terletak di awal dan akhir kata. Setelah itu, kenalkan nama-nama benda yang mengandung suku kata ‘ng’. berikut beberapa contohnya:

pi-sang ...
pe-dang...
be-ling...
nang-ka...
bu-nga...

Mengajarkan Kata dan Pelafalan ‘ny’

article image

Image source: classroom20.com

Jika anak sudah terbiasa dengan kata-kata yang mengandung suku kata ‘ng’ maka ia bisa melanjutkan dengan mengenali suku kata ‘ny’. Dasar-dasar bunyi ‘ny, yaitu: “nya…nyi…nyu…nye…nyo…”

Selanjutnya, kita bisa mengajari istilah-istilah atau nama yang mengandung suku kata tersebut, seperti:

nya-nyi
pe-nyu
nya-wa
nya-li
nya-sar

Ajarkan Anak Membaca Konsonan Mati

article image

Image source: classroom20.com

Setelah itu, kita bisa mulai mengajarkan konsonan mati. Mulailah dengan konsonan mati yang terletak di akhir kata sebelum konsonan mati di tengah kata. Beberapa contoh konsonan mati di akhir, yaitu:

ma-kan
ja-mur
i-kan
lu-mut

Dan konsonan mati di tengah yaitu:

ar-ca
lar-va
cok-lat
bal-sem

Latihan Membaca Secara Bertahap

article image

Image source: realkidsread.club

Tips untuk mengajari anak membaca sudah dijelaskan. Jika si kecil sudah menguasai dan mampu menerapkannya baik secara lisan atau tertulis, biarkan dia berlatih secara bertahap. Bunda bisa memintanya membaca kalimat-kalimat sederhana, kemudian membaca paragraf pendek, dan begitu terus hingga anak terbiasa dengan berbagai jenis tulisan.

Sediakan buku-buku bacaan yang mengandung gambar ilustrasi menarik untuk memancing minat membacanya. Luangkan waktu sekitar 10 sampai 30 menit setiap hari untuk menerapkan teknik-teknik di atas. Dan jangan lupa untuk membuat suasana senyaman mungkin agar anak tidak merasa tertekan ketika belajar.


Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event untuk pengalaman belanja yang lebih menyenangkan!

Artikel

Mall

featured image source: ellajohnsonlibrary.org