Tips Menjaga Daya Tahan Baterai Hp

Baterai Hp saat ini jadi nyawa tersendiri bagi pemiliknya. Ketika ponsel mulai menunjukkan tanda merah pada bar baterai nya, rasanya hati ini juga ikut tidak tenang. Terlebih jika kita sedang tidak berada di luar rumah.

Untuk itu kini banyak produsen gadget yang berlomba-lomba memberi daya besar pada perangkat yang mereka ciptakan. Namun, selain daya yang besar ternyata cara kita menggunakan ponsel juga dapat mempengaruhi ketahanan baterai lho.

Berikut ini beberapa tips menjaga daya tahan baterai Hp lebih lama.

1. Jangan Biarkan Daya Baterai HP Menyentuh Angka 0% dan 100%

article image

Image source: pinterest.com

Mungkin hingga kini masih banyak yang berfikir jika ingin baterai Hp tetap sehat salah satu caranya adalah dengan mengisi dan mengosongkan daya semaksimal mungkin. Padahal itu justru salah.

Cara tersebut ternyata adalah langkah yang dulu digunakan untuk barai lama non lithium-ion. Sedangkan saat ini hampir semua ponsel baru menggunakan baterai lithium-ion. Cara jadul tersebut justru akan memperpendek masa pakai daya dibanding dengan mengisi baterai ponsel saat 30% dan mencabutnya sebelum 99%.

Baterai lithium-ion paling tertekan saat terisi penuh dan terkuras penuh. Idealnya kamu harus mengisi baterai hingga sekitar 80% dan menghindarinya turun lebih rendah dari 30%. Setidaknya, cobalah untuk mencapai maksimum 90% dan mulai mengisi daya ponsel Anda sebelum mencapai 20%.

2. Jangan Membiarkan Daya Terisi Lama

article image

Image source: au.pcmag.com

Banyak kasus terjadi, seorang lupa mengisi daya ponsel dan dibiarkan semalaman. Akibatnya daya yang diisi lebih dari 100% adakan mengalami stres yang lebih tinggi dari tegangan, panasnya juga lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan baterai Hp mudah drop.

Meskipun baterai ponsel tidak terlalu panas, memaparkan baterai ke panas tinggi adalah salah satu cara tercepat untuk mempersingkat masa pakainya. Jika kamu tidak dapat menghindari meninggalkan ponsel untuk mengisi daya semalaman, pastikan di tempat yang sejuk atau berventilasi baik sehingga panas dapat lebih mudah hilang. Misalnya, tidak di bawah bantal Anda.

3. Tidak Menggunakan Fast Charging

article image

Image source: jurnal123.com

Fast charging sangat menghemat waktu dan juga tenaga. Jika kamu ingin baterai Hp mu lebih tahan lama, maka gunakanlah teknologi fast charging. Di sisi lain mengisi baterai lebih lambat ternyata juga berpengaruh pada panas di ponsel.

4. Menonaktifkan WiFi dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

article image

Image source: theguardian.com

Ini termasuk salah satu faktor yang membuat daya baterai cepat berkurang. Meski tidak bisa dipungkiri penggunaan Wifi juga cukup dapat menghemat daya baterai. Namun jika kamu pergi dari rumah dan menuju tempat cukup jauh pastikan sudah mematikan koneksi Wifi dan bluetooth.

5. Pelihara Layanan Lokasi

article image

Image source: lifewire.com

Banyak aplikasi saat ini melacak titik dimana ponsel saat ini berada. Ini membutuhkan layanan GPS, WiFi, bluetooth dan signal. Untuk tidak menyia-nyiakan masa pakai baterai ponsel, sebaiknya izinkan aplikasi tersebut aktif pada saat kamu inginkan saja.

6. Menutup Paksa Aplikasi

article image

Image source: thecellguide.com

Banyak orang berpikir menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dapat menghemat daya baterai. Sayangnya itu tak seindah yang dibayangkan. Menutup aplikasi secara paksa yang berjalan di latar belakang pada ponsel ternyata tidak meningkatkan masa pakai baterai. Itu sebaliknya dapat memperburuk keadaan.

Baik sistem iOS dan Android, memiliki algoritma yang secara otomatis mengelola beberapa daya dan memori. Dengan memaksa aplikasi ditutup akan beresiko mengacaukan sistem pintar. Selain itu, membuka aplikasi yang ditutup menggunakan lebih banyak daya daripada kembali ke aplikasi yang sudah berjalan di latar belakang.

7. Mengurangi Brightness

article image

Image source: foriset.com

Kecerahan pada layar juga sangat mempengaruhi daya baterai. Jika kamu ingin menghematnya, maka ubahlah brightness ke cahaya paling rendah.

8. Menggunakan Mode Gelap

article image

Image source: businessinsider.com

Jika ponselmu memiliki mode gelap atau dark mode mungkin kamu bisa coba untuk menggunakannya. Cara ini cukup efektif menahan daya baterai.

Phonebuff menemukan jika masa pakai baterai iPhone dapat diperpanjang hingga 30% dengan menggunakan dark mode. Google melakukan penelitiannya sendiri dan menunjukkan bagaimana Google Pixel menarik energi 63% lebih sedikit saat menggunakan mode gelap.

Cara ini berlaku untuk layar OLED itu karena layar LCD dan LED tidak sama dengan teknologi yang digunakan OLED. Sebaliknya, layar LED dan LCD menggunakan jumlah daya yang sama baik menampilkan mode gelap ataupun terang penuh.

Mall

Artikel

Featured image source: filemagz.com