Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Kebersihan mulut harus diperhatikan demi menjaga kesehatan gigi dan gusi. Seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Namun untuk mendapatkan gigi yang sehat membutuhkan perawatan seumur hidup.

Kesehatan mulut lebih dari gigi berlubang dan penyakit gusi. Sebuah penelitian menyebutkan jika ada hubungan antara kesehatan mulut seseorang dengan kesehatan fisik secara keseluruhan. Peneliti meyakinkan jika kesehatan mulut jadi beban kesehatan global.

Tanpa perawatan, kerusakan gigi atau masalah gusi dapat menimbulkan rasa sakit, masalah kepercayaan diri, dan gigi tanggal. Masalah-masalah ini dapat menyebabkan malnutrisi, masalah bicara, dan tantangan lain dalam pekerjaan, sekolah, atau kehidupan pribadi seseorang. Untuk itu penting menjaga kesehatan gigi dan gusi sejak dini.

Berikut ini tips menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mulai dari kebiasaan kecil untuk menghilangkan semua akar masalah.

1. Menggosok Gigi Sebelum Tidur

article image

Image source: ardentis.ch

Benar, kita dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Meski begitu banyak dari kita mengabaikan rutinitas ini di malam hari sebelum tidur. Kebiasaan tersebut dapat membantu menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari.

2. Jangan Terlalu Keras Saat Menggosok Gigi

article image

Image source:ceseydentists.com.au

Tips menjaga kesehatan gigi berikutnya masih seputar gosok gigi. Menyikat gigi memang sangat dianjurkan namun mungkin hanya efektif jika menggunakan teknik yang benar.

Cobalah menyikat gigi dengan gerakan melingkar kecil, hati-hati menyikat bagian depan, belakang, dan atas setiap gigi. Lakukan secara rutin setidaknya 2 dan 3 menit. Kamu harus menghindari gerakan maju mundur agar tidak merusak bentuk gigi.

Terlalu keras saat menyikat gigi atau atau menggunakan sikat berbulu keras dapat merusak enamel gigi dan gusi. Jika terlalu keras kemungkinan gigi akan kehilangan sensitivitas, mempengaruhi kerusakan permanen pada enamel pelindung pada gigi, dan erosi gusi.

Itu mengapa kita dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Selain itu penting untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan atau ketika ujung sikat gigi mulai terlihat usang, mana saja yang lebih dulu.

3. Bersihkan Juga Bagian Lidah

article image

Image source: dentalcare.com

Plank juga bisa menumpuk di lidah jika kamu tak rajin membersihkannya. Akibatnya mulut akan mengeluarkan bau kurang sedap dan juga masalah kesehatan mulut lainnya.

Untuk itu, menjaga kesehatan gigi berarti kamu juga harus menyikat lidah. Gunakan gerakan lembut agar tidak menyakiti lidah. Lakukan setiap hari setelah menggosok gigi.

4. Menggunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

article image

Image source: globalhealth.com

Fluoride merupakan mineral yang terbentuk secara alami. Para ahli percaya jika fluoride dapat membantu mencegah gigi berlubang. Umumnya kandungan ini banyak ditemukan di pasta gigi dan obat kumur. Tapi ada juga beberapa perawatan gigi yang tidak menggunakan fluoride.

Sebuah studi menunjukkan jika kekurangan fluoride dapat menyebabkan kerusakan gigi meski giginya telah dirawat sebaik mungkin. Fluoride bekerja maksimal melawan kuman yang dapat menyebabkan pembusukan, serta menyediakan pelindung untuk gigi Anda.

5. Flossing Gigi

article image

Image source: dentalturnament.com

Tips menjaga kesehatan gigi ini memang umum dilakukan, tapi ada juga yang menyepelekan khasiatnya. “Membersihkan gigi dengan benang gigi tidak hanya untuk meraih potongan-potongan kecil dari makanan yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda,” kata Jonathan Schwartz, DDS. Cara ini ampuh untuk mengurangi plak, merangsang gusi dan membantu menurunkan peradangan di area mulut.

Untuk lebih efektif, kamu bisa flossing gigi setidaknya sehari sekali.

6. Berkumur dengan Obat Kumur

article image

Image source: klikdokter.com

Masih banyak yang mengabaikan pentingnya berkumur menggunakan obat kumur. Padahal produk obat kumur saat ini sudah semakin menjamur.

Tahukah kamu jika obat kumur membantu mengatasi 3 masalah mulut dan gigi sekaligus. yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit dijangkau sikat gigi, dan mineralisasi ulang gigi.

Untuk rekomendasi obat kumur kamu bisa tanyakan langsung pada dokter gigi. Mereka akan menyarankan obat kumur dengan kandungan zat yang efektif membunuh kuman dan membuat bau mulut lebih segar.

7. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

article image

Image source: bbc.com

Banyak ahli yang menyarankan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Mereka akan bekerja maksimal untuk membersihkan plak dan karang gigi yang mulai mengeras.

Dokter gigi terkadang juga menggunakan sinar-X gigi untuk memeriksa gigi berlubang untuk mengetahui cara penangan terbaik.

8. Minum Banyak Air

article image

Image source: attachmentreserch.com

Air mineral memang memiliki segudang manfaat termasuk untuk menjaga kesehatan gigi. Seorang ilmuan merekomendasikan minum air setiap habis makan. Ini dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam di sela-sela gigi.

9. Jangan Merokok

article image

Image source: wisleydentistry.com

Merokok dapat mengurangi sistem kekebalan pada tubuh yang berakibat sulit menyembuhkan jaringan termasuk pada mulut. Tahukah kamu, kebanyakan perokok memiliki tampilan tampilan bibir yang lebih hitam? Itu akan merusak kesehatan mulut dan dapat menyebabkan gigi serta lidah menguning, dan dapat menimbulkan bau mulut.

10. Kurangi Mengonsumsi Makanan Manis dan Asam

article image

Image source: popsugar.com

Pasti sudah tahu jika mengonsumsi banyak gula dapat membuat gigi berlubang. Tips menjaga kesehatan gigi ini sebenarnya kerap dilontarkan oleh para orangtua ketika kita merengek meminta permen. Dan ternyata memang benar, banyak mengonsumsi makanan olahan yang mengandung gula akan berdampak buruk pada kesehatan gigi.

WHO merekomendasikan agar orang membatasi asupan gula hingga di bawah 10 persen kalori harian. Mengonsumsi makanan bertepung, seperti kerupuk, roti, keripik, dan pasta, dapat menyebabkan kerusakan gigi. Mengapa? karena sisa makanan tersebut masih mengendap di gigi dan bertahan di mulut kemudian akan terurai menjadi gula sederhana, tempat bakteri penghasil asam. Asam inilah yang kemudian menyebabkan kerusakan gigi.

Gula yang tersisa di mulut kemudian diubah menjadi asam di mulut, yang kemudian dapat mengikis email gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang. Buah yang memiliki rasa asam, teh, dan kopi juga bisa merusak enamel gigi. Kamu tidak harus menghindari makanan ini, tapi cukup mengurangi dan tidak mengonsumsi secara berlebihan.


Nah, itulah 10 tips menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jangan lupa simak terus update info dan tips yang tak kalah menarik lainnya di Gotomalls.com, partner terbaikmu untuk belanja di mall sepuasnya!

Mall

Produk

Artikel

Featured image source: healthbenefittimes.com