Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Hampir semua wanita menginginkan rambutnya tumbuh sehat dan kuat. Meski pada prakteknya kerusakan rambut seperti kusam, rontok, bercabang masih jadi isu utama bagi perempuan.

Mewarnai rambut, mengeringkan, dan hair stylist lainnya jadi penyebab utama kerapuhan rambut. Maskeran saja mana cukup. Kamu harus lebih memperhatikan kesehatan rambut. Salah satunya dengan melakukan kebiasaan sehat.

Berikut ini tips menjaga kesehatan rambut secara alami. Dijamin rambut rontok dan kusam perlahan akan berkurang.

1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

article image

Image source: healthywomen.com

Mau lurus, ikal, atau keriting sekalipun, menyisir sebelum keramas dapat mengurangi banyak masalah kesehatan rambut. Luangkan setidaknya satu menit untuk menyisir guna mengurai helai rambut. Cara ini akan membuat rambut tetap kuat.

Karena menyisir saat keadaan basah hanya akan membuat rambut mudah rontok. Rambut basah lebih rentan patah dari pada rambut kering.

Manfaat lainnya menyisir rambut kering adalah untuk mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala hingga ke ujung rambut. Selain itu kamu juga akan mendapat rambut yang lebih halus usai mandi.

2. Keramas dengan Air Dingin

article image

Image source: sanfascisco.com

Suhu air yang terlalu panas tidak baik untuk kulit kepala dan juga rambut. Sebaliknya, air dingin dapat membantu mencegah rambut rontok.

Menariknya lagi membiasakan mandi keramas dengan air dingin juga dapat melancarkan peredaran darah. Air dingin juga bagus untuk menyehatkan akar rambut, menjaganya tetap berkilau dan lembut.

3. Pilih Perawatan Sesuai Jenis Rambut

article image

Image source: headline.com

Tips menjaga kesehatan rambut ini adalah salah satu yang paling mendasar. Sebelum menentukan perawatan yang sesuai, kamu harus tahu dulu seperti apa tipe rambutmu.

Apakah berketombe, kering, berminyak, dan sebagainya. Jika sudah paham, barulah kamu bisa memilih perawatan yang sesuai mulai dari sampo, kondisioner, masker rambut, hingga vitaminnya.

Perawatan yang sesuai dengan jenisnya akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut lebih cepat dari perawatan biasa. Jadi efeknya justru tidak akan menyebabkan rontok, patah sampai bercabang.

4. Gunakan Kondisioner dengan Benar

article image

Image source: casualglobe.com

Untuk kamu yang memiliki rambut panjang, bisa mulai memberikan kondisioner dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Sebisa mungkin hindari pengaplikasian kondisioner di kulit kepala. Pastikan saja akar rambut terhidrasi dengan benar.

Setelah itu diamkan kurang lebih selama satu menit. Lalu cuci bersih dari akar sampai ujung rambut. Kondisioner juga sangat cocok untukmu yang suka dengan shampoo bertekstur kering untuk menghindari kulit kepala terlalu kering.

5. Makan Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

article image

Image source: askthescientist.com

Menjaga kesehatan rambut tidak cukup hanya lewat luar. Kamu juga perlu merawatnya dari dalam yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Ikan, daging, telur, dan kacang polong adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Jenis makanan tersebut mengandung protein tinggi yang penting untuk kesehatan rambut.

Selain itu masih ada pula sumber makanan baik untuk rambut; beri, bayam, dan alpukat. Makanan tersebut kaya vitamin C dan E yang membantu meningkatkan produksi kolagen yang menghasilkan untaian rambut lebih kuat dan bersinar.

6. Jaga Rambut dari Sinar Matahari Langsung

article image

Image source: coola.com

Seperti halnya hair dryer, panas matahari dan polusi udara juga memicu kerusakan pada rambut. Jika kamu adalah tipe orang yang banyak menghabiskan waktu di outdoor saat siang hari, ada baiknya untuk melindungi kulit kepala dan rambut dengan vitamin.

Saat ini juga sudah ada bahan perawatan rambut yang mengandung SPF 30. Usahakan untuk membuat rambut tetap terjaga meski terik matahari menyengat.

Lindungi pula kulit kepala dan rambut dengan topi, scarf, atau pun payung.

7. Jangan Terlalu Sering Mengeringkan dan Mencatok Rambut

article image

Image source: wordpress.com

Tips merawat kesehatan rambut dari luar juga dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan pengering rambut dan catokan. Terlalu sering menggunakan alat tersebut dampaknya akan melemahkan akar rambut membuatnya mudah patah dan bercabang.

Walaupun harus menggunakan pengering rambut, usahakan untuk memberinya jarak sampai 15 cm dari permukaan rambut.

Jika kamu tipe yang tidak bisa lepas dari catokan dan pengering rambut, mungkin bisa kamu jadwalkan antara 2-3 hari sekali saja.

8. Potong Rutin Ujung Rambut

article image

Image source: lifeabout.com

Tips merawat kesehatan rambut ini juga tidak kalah penting. Tapi bukan berarti kamu harus memangkas rambut setiap bulan ya. Kamu cukup memotong ujung-ujung rambut yang sudah kering.

Lakukan pemotongan rutin ini dalam periode 10-12 minggu sekali. Efeknya rambut akan lebih sehat dan terhindar dari kerusakan akibat rambut bercabang.

9. Keringkan Rambut dengan Kaos Katun

article image

Image source: forhub.com

Ternyata handuk juga meninggalkan efek buruk pada rambut. Terlalu sering menggosok rambut dengan handuk dapat menyebabkan kerontokan karena tekstur handuk yang sedikit kasar dapat merusak kulit kepala.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan kaos berbahan katun sebagai penggantinya. Bahannya yang lebih tipis dan halus akan menjaga rambut tetap sehat.


Demikianlah 9 tips menjaga kesehatan rambut secara alami. Simak juga info dan tips menarik lainnya dari Gotomalls.com, platform direktori shopping terlengkap untuk mendapatkan berbagai penawaran menguntungkan di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Malls

Articles

Featured image source: floridaacademy.com