Agar Tetap Produktif Selama Masa Karantina di Rumah, Ikuti 7 Tips Berikut Ini

Angka penyebaran wabah virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Dampaknya berimbas tidak hanya pada kondisi kesehatan masyarakat, tapi juga melumpuhkan sektor perekonomian dalam negeri.

Untuk mengatasi penyebaran virus korona, pemerintah pun menerapkan kebijakan pembatasan sementara aktivitas di kalangan pekerja dan mahasiswa/pelajar. Sebagai gantinya perusahaan-perusahaan dan institusi pendidikan memberlakukan sistem work from home atau bekerja dari
rumah.

Nah, supaya kita tetap produktif selama bekerja dari rumah,
berikut Gotomalls bagikan 7 tipsnya!

Menjaga Higienis dan Kebugaran Tubuh

article image

Image source: nbcnews.com

Walaupun seharian berada di rumah bukan berarti kita harus abai terhadap kondisi kebersihan dan kebugaran tubuh. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar semua orang rajin cuci tangan dan membersihkan barang-barang dengan disinfektan. Hal ini bisa membuat virus yang menempel mati total.

Di kala senggang, cobalah untuk melakukan olahraga statis seperti push up, pull up, plank, squat, dan gerakan variasi kalistenik lainnya. Atau mungkin latihan yoga dan aerobik dengan mengikuti video panduan di Youtube. Ketika bangun pagi, luangkan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari agar sistem daya tahan tubuhmu lebih kebal terhadap ancaman virus.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Multivitamin

article image

Image source: womansday.com

Yang tidak kalah penting dari menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh adalah pola konsumsi sehat. Seperti yang sudah banyak disampaikan melalui hasil riset, orang-orang yang memiliki riwayat gangguan medis lebih rentan terhadap penularan virus korona, bahkan lebih berisiko mengalami kematian.

Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi agar kondisi kesehatan selalu terjaga.

Bereskan Ruangan dan Atur Senyaman Mungkin

article image

Image source: pinterest.co.uk

Bagaimana mungkin seseorang bisa produktif jika bekerja di ruang yang kotor dan berantakan? Sebelum mulai bekerja dari rumah, bereskan ruangan yang akan kamu pakai sebagai tempat kerja hingga benar-benar bersih dan resik. Kemudian semprotkan cairan disinfektan hingga ke setiap sudut ruang.

Ingat, kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu di ruangan itu, jadi pastikan benar-benar bersih dan steril dari virus. Agar suasana lebih nyaman, atur ruang kerja senyaman mungkin. Cobalah untuk menata ulang posisi furnitur ruangan dan tambahkan beberapa ornamen pajangan atau tanaman hias.

Layanan Google Hangout Meet Untuk Menggelar Meeting

article image

Image source: cnet.com

Bekerja dari rumah tentunya membutuhkan sebuah layanan daring yang bisa memudahkan kita terhubung dengan kolega atau klien. Salah satu layanan terbaik yang bisa kamu coba adalah Google Hangout Meet. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video call group dengan interface yang sangat mudah dan cepat, tak masalah walaupun dilakukan dengan puluhan peserta sekaligus.

Layanan ini sudah terintegrasi penuh dengan G Suite, yang artinya kita bisa mengatur semua jadwal pertemuan dengan lebih sederhana. Meet menghubungkan setiap ruang rapat untuk tergabung ke video meeting dengan satu klik saja. Sangat mudah digunakan dan skalanya bisa disesuaikan.

Kita hanya perlu menyiapkan rencana meeting dan membagikan link-nya. Tidak masalah jika peserta lain tidak mempunyai akun atau setelan plugin yang sesuai. Dan yang terpenting, kualitas visual dan audio layanan ini sangat baik untuk kebutuhan rapat atau kerja tim.

Stop Overthinking Akibat Kerugian

article image

Image source: kcls.org

Mengalami penurunan income di situasi seperti ini adalah sebuah keniscayaan, terutama untuk bisnis yang bergerak di bidang retail, entertainment, dan public service. Pebisnis yang bergerak di bidang tersebut rata-rata mengalami penurunan income secara drastis, bahkan cenderung merugi.

Mungkin atasan kamu akhir-akhir ini sering mengeluh dan sedikit emosional akibat situasi yang semakin memburuk, dan imbasnya berakhir pada pemotongan salary karyawan.
Tapi percayalah, semuanya akan pulih seperti sedia kala segera setelah wabah ini berakhir. Jangan terlalu dibuat stres, tetap fokus dengan agenda pekerjaan alih-alih overthinking akibat kelumpuhan pasar. Dengan begitu kita bisa tetap produktif!

Kembangkan Skill Selagi Ada Kesempatan

article image

Image source: backabuddy.co.za

Bekerja dari rumah biasanya akan menyisakan lebih banyak waktu senggang untuk kita isi dengan kegiatan lain. Ini adalah momen yang sempurna untuk mengembangkan skill dan bakat terpendam yang telah lama terbengkalai!

Mungkin dulu kamu pernah tertarik untuk belajar bermain biola? Atau menuangkan ide lama tentang sebuah karya fiksi? Apa pun yang sempat membuatmu tertarik tapi tidak sempat direalisasikan karena keterbatasan waktu, gunakan kesempatan ini untuk melakukannya.

Belajar Meditasi

article image

Image source: knowledgeformen.com

Di dunia yang penuh dengan distraksi ini, dan semakin diperparah dengan merebaknya wabah virus corona, banyak orang yang mulai kehilangan keseimbangan mental dan kejernihan berpikir. Hal ini bisa kita lihat langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah seperti itu bisa kita atasi melalui meditasi. Banyak manfaat ‘ajaib’ yang bisa kita per oleh dari kegiatan sederhana yang satu ini. Mulai dari peningkatan kemampuan konsentrasi, kepekaan indera, pemulihan kesehatan mental, peningkatan sistem imun, hingga melancarkan metabolisme tubuh.

Caranya sangat sederhana. Pertama-tama, duduk bersila di atas sebuah alas, posisikan tubuh agar tegak sempurna, kemudian renggangkan tangan dan letakkan di atas paha. Selanjutnya bernafaslah secara normal, perlahan, namun dirasakan betul setiap aliran keluar-masuknya dan tutup mata perlahan-lahan.

Jika ada pikiran-pikiran yang muncul di kepala, biarkan berlalu. Pusatkan konsentrasi hanya di aliran pernafasan. Jika kamu bisa mempertahankan konsentrasi dengan baik, tubuh dan pikiran akan mulai terasa ringan dan nyaman seiring dengan irama pernafasan, yang artinya kamu sudah berada dalam kondisi meditasi. Lakukan latihan ini secara rutin pada pagi dan malam hari selama kurang lebih 30 – 60 menit. Biasanya, efeknya mulai bisa dirasakan setelah 20 hari meditasi.


Demikianlah 7 tips untuk tetap produktif selama masa isolasi di rumah. Supaya kita selalu terhindar dari penularan virus korona, mulai sekarang ikuti kebijakan social distancing secara tertib dan rajin cuci tangan dengan sabun sehabis beraktivitas. Ikuti terus update-an artikel terbaru di Gotomalls.com untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya!

Malls

featured image source: theconversation.com