Berbagai Tips Sederhana Untuk Menjaga Produktivitas Kerja Selama Work From Home

Sudah beberapa pekan berlalu semenjak pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada perusahaan-perusahaan agar melakukan sistem bekerja dari rumah atau work from home. Dalam kondisi seperti ini, aktivitas pekerjaan sehari-hari tentunya terasa berbeda. Orang-orang bisa bekerja di atas kasur, di teras rumah, tanpa seragam dan riasan make up apa pun.

Tapi, bekerja dari rumah terkadang membuat kita merasa jenuh dan kurang termotivasi, dan ini sudah menjadi problem klasik yang sering dialami banyak orang. Masalahnya, jika hal ini dibiarkan lambat laun produktivitas kerja kita akan menurun.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, mulai dari istirahat sejenak, menyaksikan tontonan seru, sampai melakukan hobi atau kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya. Tapi itu saja tidak cukup. Setelah berselang beberapa waktu, perasaan bosan dan jenuh mulai datang kembali. Apa kamu pernah merasakan hal yang sama? Jika iya, coba simak 7 tips di bawah ini!

Tetap Bangun Pagi

article image

Image source: tribunnews.com

Walaupun aktivitas lebih santai, cobalah untuk tetap bangun pagi. Menciptakan rangkaian rutinitas yang dijalani secara disiplin akan membantu kita menyelesaikan tugas-tugas secara efisien. Maka dari itu, supaya bisa mengikuti jadwal rutinitas, tetaplah bangun di pagi hari.

Bangun terlalu siang bisa membuat kita merasa letih sepanjang hari dan sulit fokus, dan biasanya seseorang harus begadang semalaman untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Konsisten Mengikuti Jadwal

article image

Image source: jawapos.com

Membuat jadwal rutinitas mungkin bukan pekerjaan sulit, yang lebih sulit adalah konsisten dalam mengikuti jadwal yang kita buat sendiri. Supaya lebih mudah dalam memulai rutinitas ini, atur alarm untuk setiap jadwal aktivitas. Tentukan jam kerja, waktu istirahat dan makan siang, serta jadwal-jadwal lainnya. Hal ini akan cukup membantu agar tetap produktif.

Menciptakan Ruang Kerja Ideal

article image

Image source: morningbrew.com

Bekerja di ruang yang tidak terawat bisa membuat pikiran cukup terganggu, hingga akhirnya hasil pekerjaan kurang maksimal. Oleh sebab itu, aturlah ruang kerja senyaman mungkin. Susun semua benda secara rapi, posisikan meja kerja di area yang tepat, dan jangan lupa mengatur sirkulasi udara.

Kamu juga bisa meniru berbagai desain ruang kerja untuk membuat suasana lebih indah. Yang terpenting pilihlah lingkungan kerja yang terasa nyaman, jauh dari kebisingan dan jauh dari distraksi.

Rak Buku Susun 4 Tingkat French Series

article image

Beli Sekarang

Memelihara Kesehatan Mental

article image

Image source: trainingjournal.com

Jangan anggap remeh soal kesehatan mental. Percayalah, apa pun pekerjaan yang kita lakukan akan terasa sangat berat jika kondisi mental sedang tidak stabil. Perasaan terbebani muncul ketika mental seseorang tertekan. Dalam urusan pekerjaan pun berlaku demikian, terutama dalam situasi seperti ini.

Jika perlu, berkonsultasilah dengan psikiater. Ada banyak situs kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi psikolog secara online selama wabah korona, beberapa di antaranya bahkan menyediakan layanan gratis tanpa dipungut biaya.

Menjaga Hubungan Sosial

article image

Image source: searchenginejournal.com

Yang satu ini masih berkaitan dengan kesehatan mental. Hubungan sosial akan sangat membantu dikala jenuh dan kesepian. Walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, kamu masih bisa berinteraksi dengan teman dan kerabat melalui pesan teks, telepon, atau video call.

Melakukan Hobi dan Mencoba Hal Baru

article image

Image source: worldfishingnetwork.com

Cobalah berhenti sejenak. Lakukan aktivitas menyenangkan yang bisa membangkitkan semangat, seperti hobi atau mungkin hal-hal lain yang ingin kamu coba. Terkadang, cara-cara seperti ini akan sangat berpengaruh untuk mengembalikan produktivitas yang mulai menurun.

Ada kalanya saat kita membutuhkan stimulus lain untuk merangsang semangat dan gairah. Tapi ingat, pilih kegiatan yang tidak mengharuskan kita berinteraksi dengan orang-orang secara langsung, tetap jaga jarak dan jaga higienis.

Penuhi Kebutuhan Istirahat

article image

Image source: mitchellaw.co.uk

Meskipun seharian berada di rumah, penting bagi kita untuk selalu memenuhi kebutuhan beristirahat baik di sela-sela pekerjaan atau saat malam hari. Mungkin rasa lelah tidak begitu terasa jika bekerja dari rumah, tapi bukan berarti tubuh kita tidak membutuhkan istirahat.

Alihkan pandangan sejenak setelah menatap layar gadget sekian lama. Sebab hal seperti itu bisa menimbulkan sakit kepala yang konstan atau rasa sakit berdenyut di kepala, hingga sakit mata.

Studi mendukung pernyataan bahwa istirahat dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan kemampuan seseorang untuk fokus. Tapi pastikan waktu istirahat kamu tidak berlebihan.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi. Kesehatan tubuh adalah prioritas nomor satu di saat-saat seperti ini. Pilih asupan bernutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar selalu terhindar dari risiko sakit.

Produk


Itulah tujuh tips menjaga produktivitas selama work from home! Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya, ikuti terus update-an artikel terbaru lainnya hanya di Gotomalls.com, platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia dengan sejuta penawaran menarik untuk pengalaman belanja yang menyenangkan!

Artikel

Mall

featured image source: liputan6.com